Masalah Word Tidak Bisa Mengetik, Bagaimana Solusinya?

Beranda » Masalah Word Tidak Bisa Mengetik, Bagaimana Solusinya?
Advertisement

Permasalahan Word tidak bisa mengetik bisa terjadi pada siapa saja, juga bisa terjadi pada perangkat apapun. Baik MacOS atau bahkan Windows.

Nah, di dalam kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap terkait dengan beberapa solusi yang bisa coba diaplikasikan ketika Ms. Word yang terpasang tidak bisa digunakan untuk mengetik. Simak beberapa poinnya, dan langsung aplikasikan secara tepat ya.

Solusi Word Tidak Bisa Mengetik dengan Restart Perangkat

Ya, penyebab pertama Ms. Word kamu tidak bisa mengetik bisa saja karena komputer atau laptop yang digunakan error karena suatu penyebab tertentu. Misalnya karena perangkat yang sudah lama digunakan, atau bahkan karena beberapa penyebab lainnya. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, tutup dan close terlebih dahulu semua aplikasi yang digunakan. Termasuk Ms. Word
  2. Berikutnya tekan tombol Windows di halaman Desktop dibagian pojok kiri bawah
  3. Berikutnya langsung klik ikon Power dan pilih keterangan Restart
  4. Dari perintah tersebut, maka PC atau laptop kamu akan mati dan hidup kembali secara otomatis
  5. Kini perangkat sudah lebih fresh karena proses refresh sudah dilakukan, untuk memastikannya coba kembali ke lembar kerja Ms. Word.

Jika dengan cara ini ternyata wordnya sudah bisa digunakan untuk mengetik, maka perangkat dan Ms. Wordnya tidak ada permasalahan secara serius.

Solusi Word Tidak Bisa Mengetik dengan Menonaktifkan Dokumen Protection

Kemudian penyebab lain yang memungkinkan software pengolah kata ini tidak bisa mengetik, adalah dokumen yang masih dalam mode protection.

Mode ini akan buat dokumen Ms. Word terkunci dan hanya bisa dibaca saja. Bagaimana solusinya agar bisa diedit dan bisa melakukan pengetikan lagi?

  1. Pertama, silahkan buka terlebih dahulu dokumen Word yang sudah kamu kerjakan
  2. Kemudian klik menu File dibagian utama halaman kerja, tepat di pojok kiri atas
  3. Berikutnya langsung pilih opsi menu Info dan klik pada bagian keterangan Protect Document
  4. Dari perintah tersebut bisa lanjutkan prosesnya dengan memeriksa bagian Mark as Final, lalu Restrict Access dan Restrict Editing. Apakah dalam keadaan aktif atau tidak
  5. Jika ketiga keterangan dan opsi tersebut memiliki status aktif, maka langsung ubah jadi nonaktif  
  6. Kemudian klik Mark as Final, lanjutkan prosesnya dengan klik OK dan OK lagi
  7. Berikutnya kembali ke halaman kerja Word dan klik Edit Anyway dibagian atas
  8. Terakhir, kini kamu sudah bisa mengetik dokumen tersebut tanpa terkendala lagi.

Solusi Word Tidak Bisa Mengetik dengan Memastikan Software Sudah Teraktivasi

Nah, aplikasi Ms. Word yang diinstall biasanya akan memiliki masa tenggang atau masa trial. Dimana disaat masa trialnya habis, maka kamu tidak lagi bisa melakukan kegiatan di Wordnya. Termasuk mengetik.

Hal tersebut biasanya akan ditandai dengan keterangan Product Activation Failed di dalam kolom warna merah. Keterangan tersebut biasanya akan tersimpan dibagian atas judul dokumen yang sedang dibuka.

Nah, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Kamu sebagai pengguna cukup melakukan aktivasi saja, dengan menggunakan kode seri khusus. Kode ini bisa didapatkan dari situs atau laman resmi Microsoft Office. Jika kamu tidak memiliki kodenya, pembelian kode bisa dibeli di toko retail atau online.

Solusi Word Tidak Bisa Mengetik dengan Menjalankan OSSPReam

Kemudian salah satu penyebab lain dari aplikasi Ms. Word yang tidak bisa diketik, adalah karena gagalnya proses aktivasi. Pada umumnya hal ini disebabkan karena Word yang tidak terhubung atau terkoneksi dengan server.

Misalnya saja kamu masukkan lisensi resmi, kemudian lisensi yang bersangkutan tidak terdeteksi. Atau tidak terbaca.

Nah, mungkin saja pada satu waktu lisensi tersebut tidak terbaca secara tiba-tiba. Hal tersebut dapat terjadi karena masalah koneksi servernya. Dengannya, tidak heran jika Ms. Word di PC atau laptop kamu tidak bisa digunakan untuk mengetik. Bagaimana cara mengatasinya?

Advertisement
  1. Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah menutup atau close semua aplikasi Microsoft Office termasuk dengan Ms. Word
  2. Buka terlebih dahulu folder di perangkat, kemudian pilih menu penyimpanan Local Disk C
  3. Berikutnya silahkan langsung pilih Program Files
  4. Dari perintah tersebut silahkan cari dan masuk pada folder Microsoft Office
  5. Lanjutkan prosesnya dengan mengklik Office, atau langkah ini dapat disesuaikan dengan versi Ms. Office yang sedang digunakan
  6. Jika sudah masuk di folder tersebut, langsung cari file OSPPREARM.EXE
  7. Berikutnya silahkan klik kanan menggunakan mouse pada file tersebut, dan pilih opsi dengan keterangan Run As Administrator
  8. Dengan perintah tersebut, nanti sistem akan memunculkan perintah lain. Maka klik Yes dan buka kembali langsung Ms. Word di perangkat kamu.

Jika sudah bisa dilakukan pengetikan, maka bisa dipastikan permasalahannya adalah adanya kegagalan dalam proses aktivasi.

Solusi Word Tidak Bisa Mengetik dengan Menonaktifkan Add-Ins

Pada aplikasi Ms. Word terdapat sistem Add-Ins, yakni kamu bisa menambahkan program atau fitur tambahan secara khusus.

Namun ternyata akan ada kemungkinan salah satu dari Add-ins tersebut justru membuat dokumen jadi tidak bisa diketik. Nah, lalu bagaimana solusinya?

Ternyata gampang, kamu hanya perlu membuka menu File dan memilih Options. Kemudian pilih menu Add-ins dan langsung nonaktifkan Add-Ins yang terakhir sudah kamu tambahkan.

Solusi Word Tidak Bisa Mengetik dengan Mengubah Format Dokumen

Bagi kamu yang tidak bisa mengetik pada dokumen yang sudah dibuat sebelumnya, maka coba save ulang dokumen atau file tersebut menggunakan format lain.

Pada umumnya dokumen Ms. Word menggunakan format .Docx dan. Maka bisa kamu coba ubah ke format lain, seperti .txt atau .rtf. Dengan perintah tersebut, maka buka kembali dokumen tersebut menggunakan Ms. Word seperti biasa. Lalu coba lakukan pengetikan kembali.

Solusi Word Tidak Bisa Mengetik dengan Menjalankan Mode Editing

Ya, masalah pengetikan atau masalah enable editing juga jadi salah satu sebab pengetikan tidak bisa dilakukan. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena untuk mengatasi permasalahan ini sangatlah sederhana. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, hanya buka dokumen Word yang memiliki keterangan Enable Editing. Dan keterangan ini akan muncul di atas layar pengerjaan
  2. Berikutnya langsung klik tombol Enable Editing dan secara otomatis lembar kerja sudah bisa diedit dan bisa digunakan untuk mengetik.

Solusi Word Tidak Bisa Mengetik dengan Install Ulang

Berikutnya solusi yang paling final bisa dilakukan, adalah dengan melakukan proses pemasangan ulang. Dengan hal ini, maka kamu dapat membuat Ms. Word kembali ke setelan awal. Dengan melakukan pemasangan ulang, dipastikan semua masalah di Ms. Word akan teratasi.

FAQ │Pertanyaan Tentang Word Tidak Bisa Mengetik

Apakah Cara di Atas Hanya Berlaku untuk Pengguna Windows Saja?

Tidak, untuk beberapa solusi dapat coba diaplikasikan pada Ms. Word yang terpasang di MacOs.

Apakah dengan Install Ulang Akan Menghilangkan Dokumen-dokumen Ms. Word?

Tentu saja tidak.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.