Advertisement

Microsoft Excel menjadi salah satu sistem operasi yang paling dibutuhkan, terutama untuk kerja. Dari sejak sekolah kita sudah diajarkan program ini, namun apakah anda sudah fasih menggunakan program Excel?

Microsoft excel merupakan program aplikasi yang yang dapat digunakan untuk mengolah data berupa angka. Anda bisa menulis dan menghitung data berupa angka dalam berbagai model perhitungan.

Di artikel ini anda akan pelajari lebih dalam tentang Microsoft Excel hingga jenis dan fungsi Microsoft Excel secara mendalam. Silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Mengenal Apa Itu Microsoft Excel

Secara definisi, Microsoft Excel merupakan program aplikasi pengolah angka baik berupa rumus perkalian, pembagian ataupun sistem perhitungan lainnya.

Microsoft Excel dibuat dengan tujuan untuk melakukan penulisan dan perhitungan data berbasis angka. Kamu bisa menggunakan berbagai macam rumus matematis di Microsoft Excel.

Bahkan beragam data bisa diolah dengan mudah di sini. Proses perhitungannya sangat cepat. Kamu hanya perlu mempejari cara menggunakan aplikasi Microsoft Excel ini.

Microsoft Excel dibuat pertama kali oleh Microsoft pada tahun 1982 dengan nama Multiplan. Namun saat ini menggunakan sistem operasi CP/M bukan MS-DOS.

Pada saat itu yang menggunakan sistem operasi MS-DOS sudah ada yaitu Lotus 1-2-3. Namun kemudian Microsoft melakukan pengembangan kembali dengan nama baru yaitu Microsoft Excel dengan sistem operasi MS-DOS.

Kemudian versi pertamanya diluncurkan pada tahun 1985 untuk Macintosh dan pada tahun 1987 untuk versi Windows.

Baca juga:  Cara Membuat Huruf Pertama Besar di Excel dg & Tanpa Rumus

Sejak pertama diluncurkan, Microsoft Excel mengalami banyak perubahan dan berhasil menjadi salah sat program Spreedsheat yang paling populer hingga saat ini.

Fungsi Microsoft Excel

Dalam penggunaannya, Microsoft Excel ini memiliki banyak sekali fungsinya. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. Membuat data tabel
  2. Membuat data grafik
  3. Menghitung statistik
  4. Menghitung laporan keuangan
  5. Mengimplementasikan fungsi Matematis dalam perhitungan, dan
  6. Lain-lain

Kelebihan Microsoft Excel

Perkembangan Microsoft Excel yang begitu pesat sejak pertama kali diluncurkan tentu tidak lepas dari berbagai kelebihan yang mereka miliki. Di antaranya:

  1. Microsoft Excel dapat menyimpan data hingga 1000 baris dan 16000 kolom dalam 1 halaman
  2. Microsoft Excel memiliki format yang fleksibel
  3. Mudah digunakan
  4. Memiliki fungsi matematis yang lengkap

Kekurangan Microsoft Excel

Walau punya banyak kelebihan, Microsoft Excel juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

  1. Merupakan aplikasi berbayar
  2. Butuh perangkat dengan spesifikasi tertentu
  3. Harus paham rumus
  4. Menggunakan kombinasi rumus matematis yang tidak mudah diimplementasikan

Aplikasi Pengolah Angka Selain Microsoft Excel

Saat ini, ada banyak banget aplikasi pengolah ang yang bisa kita pilih. Walaupun memang kualitasnya tidak seperti Microsoft Excel.

Namun, buat kamu yang penasaran dan pengen mencobanya, silahkan pilih salah satunya:

1. Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi program pengolah angka yang dapat digunakan menulis, menghitung dan menampilkan data berupa angka.

Microsoft Excel dibuat oleh perusahaan Microsoft Corporation, perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia.

Microsoft Excel dapat digunakan untuk mengolah data tabel, grafik, rumus dan beragam database lainnya.

2. Lotus 123

Di posisi kedua ada aplikasi Lotus 123. Aplikasi Lotus 123 juga meruapkan salah satu program software yang dapat digunakan untuk mengolah data angka. Lotus 123 dikeluarkan oleh IBM.

Baca juga:  12 Rumus Microsoft Excel dan Fungsinya + Contoh [Lengkap]
Advertisement

Aplikasi ini juga dapat digunakan pada PC dengan menggunakan sistem operasi windows. Karena saat ini sudah ada versi Lotus 123 for windows.

3. Star Office Calc

Salah satu aplikasi program pengolah angka yang paling menarik adalah Star Office Calc. Star Office Calc ini bersifat multiflatform.

Artinya, aplikasi ini dapat digunakan di semua program. Baik di windows ataupun diprogram Linux.

4. Open Office Calc

Program pengolah angka lainnya yang bersifat open source adalah Open Office Calc. Open Office Calc ini juga bisa dibuka dengan menggunakan berbagai sistem operasi.

Jadi, Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi?

Microsoft Excel merupakan program aplikasi pengolah angka yang dapat digunakan untuk menghitung data, menggunakan rumus, mengolah data angka, grafik dan lainnya.

Advertisement