Advertisement

Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu mengetahui pengenalan formula bar pada Excel, salah satunya adalah program tersebut merupakan bagian yang cukup penting pada sistem Excel.

Oleh karenanya agar bisa memanfaatkannya secara maksimal, maka perlu memahami isinya dengan baik.

Bagia beberapa orang mungkin masih cukup asing dengan apa yang disebut sebagai formula bar. Mengingat pentingnya formula bar, sebaiknya ketahui mengenai penjelasan lengkapnya mulai dari pengertian, fungsi-fungsinya, serta penerapannya dalam mendukung kegiatan penggunanya.

Apa Sebenarnya Formula Bar Itu?

Pembahasan penting yang tidak boleh terlewatkan pada pengenalan formula bar pada Excel adalah berkaitan dengan pengertiannya. Tentu banyak yang bertanya-tanya mengenai apa sebenarnya formula bar itu dan apa saja peran pentingnya pada Ms. Excel?

Pada pembahasan kali ini akan mengulas mengenai pengertian formula bar, pada dasarnya fitur ini merupakan program yang berisi input dari cell yang sedang disorot. Bagian tersebut akan mempermudah kamu untuk mengkoreksi di mana saja letak kesalahan sehingga lebih mudah saat akan melakukan perbaikan.

Formula bar sendiri bisa menampilkan formula ataupun data yang sedang disorot. Letaknya ada di bagian atas lembar kerja dengan tanda kotak merah tepatnya di tampilan opsi screenshot di bawah ini. Letaknya yang strategis memang ditujukan agar pengguna lebih mudah saat menemukannya. 

Pengenalan Formula Bar Pada Excel Berdasarkan Fungsinya

Di bagian pengenalan formula bar pada Excel terkait pengertiannya, program ini memiliki fungsi khusus. Meski terlihat sangat sederhana, namun kamu tidak bisa meremehkan fungsi formula bar itu sendiri. Apa saja jenisnya? Penjelasannya bisa disimak pada ulasan berikut:

1. Menerima atau Menolak Hasil Editing

Picture1

Kesalahan bisa saja tetap terjadi meskipun sudah dilakukan proses editing. Adanya formula bar, kamu akan lebih mudah untuk memutuskan akan menggunakaan hasil editing tersebut atau mengubahnya seperti semula dengan alasan lebih mudah dipami maupun faktor lainnya.

Memahami pengenalan formula bar pada Excel menjadi poin yang perlu kamu perhatikan dan sebaiknya tidak dipandang sebelah mata. Meski ukurannya tidak terlalu besar, namun ketika pengguna mengarahkan pada kolom tertentu, bagian tersebut akan menampilkan data sesuai bagian yang disorot.

Apabila ada kesalahan tata letak, typo,  ataupun rumusnya kurang sesuai maka akan terlihat dengan jelas. Pengguna akan langsung bisa mengedit kesalahan dengan tepat sasaran.|
Baca Juga: Pengenalan Ribbon Excel: Bagian, Mengatur dan Menggunakan

2. Mengaktifkan Fitur Formula pada Builder Excel

Picture2

Bukan hanya memeriksa typo yang terdapat pada tulisan di dalam lembar kerja, fitur formula bar ini ternyata bisa mengaktifkan formula pada builder Excel, menarik bukan?. Kemampuannya memang didesain untuk memberikan kepraktisan saat penggunanya mengoperasikannya.

Formula bar pada Excel yang terlihat sederhana ternyata memiliki fungsi yang beragam. Ini menjadi salah satu alasan mengapa kamu perlu memahami pengenalan formula bar pada Excel secara lengkap agar bisa memaksimalkan seluruh proses pengerjaan projek.

3. Membantu Melihat dan Mengedit Rumus

Picture3

Excel merupakan sebuah platform cetusan Microsoft yang berfungsi untuk mendukung masyarakat dalam mengerjakan berbagai tugas yang berkiatan dengan perekapan atau penghitungan data. Tidak seperti platform cetusan Microsoft lain, Excel dapat beroperasi lebih praktis dengan menerapkan rumus khusu.

Setiap perhitungan memerlukan rumus khusu, bahkan dalam satu lembar kerja bisa menerapkan lebih dari sua rumus. Jika salah dalam penerapannya, tentu akan membuat hasil akhirnya tidak sesuai dan berpengaruh pada nilai-nila di bawahnya.

Formula bar di sini memiliki peran penting yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu dapat memprediksi kesalahan dalam penerapan rumus. Sebelum memvalidasinya, sebaiknya teliti dengan memanfaatkan formula bar untuk menghindari dampak buruk.

Dengan begitu ketika terjadi kesalahan, maka kamu bisa memperbaikinya dengan menggunakan rumus yang benar.

Pengenalan Formula Bar Pada Excel Tekait Menu-menunya

Memahami menu-menu yang ada di formula bar akan membuat kamu lebih mudah saat akan memanfaatkannya untuk menyelesaikan suatu tugas. Setelah mengetahui pembahasan formula bar adalah memang perlu mengerti tombol-tombol di dalamnya.

Apa saja jenis tombol serta fungsinya? Jawabannya dapat kamu temukan pada penjelasan berikut ini:

1. Insert Function

Picture4 1

Letaknya terdapat pada bagian paling kanan yang bisa dilihat dengan mudah saat pertama kamu membuka program Excel. Agar lebih mudah dalam menemukannya, silahkan cari logo fx. Ukuran logonya sendiri memang cukup kecil, namun tata letaknya membuatnya tidak sulit untuk ditemukan.

Insert function yang ditandai dengan logo fx ini memiliki fungsi penting yaitu mengaktifkan fitur formula builder di program Excel. Seperti telah diulas sebelumnya, manfaat fitur tersebut adalah untuk memasukkan suatu rumus pada cell.

Sistemnya dapat berjalan dengan bantuan instruksi langsung dari Excel. Cara pengoperasiannya sebenarnya tidak begitu sulit, hanya saja untuk menghindari kesalahan memang dibutuhkan ketelitian serta kehati-hatian tinggi.

2. Cancel

Picture5 1

Lambang dari cancel yakni tanda silang berukuran sedang. Umumnya, diberikan warna merah sehingga mudah terlihat karena berbeda dari tampilan lainnya. Bukan hanya sekedar hiasan, fitur cancel memiliki fungsi untuk menolal hasil edit jika ternyata kurang sesuai.

Selain kurang sesuai, ada fungsi lain dari tombol cancel yakni memasukkan suatu rumus pada cell yang kamu inginkan. Fungsi ini memang memberikan ruang bagi pengguna untuk dapat melihat dengan jelas apa yang diketikkannya, dengan begitu lebih minim terjadi kesalahan berat.

Membahas mengenai pengenalan formula bar pada Excel memang sangat luas karena bisa dibilang cukup multifungsi meskipun ruang yang tersedia untuk menampilkan menu ini tidak lebar.

3. Enter

Picture6 1

Dalam formula bar, terdapat sistem yang bisa membuat pengguna lebih praktis saat melakukan proses pengerjaan tugas. Dengan memanfaatkan tombol enter di dalamnya, maka kamu dapat menerima hasil pengeditan tanpa harus menekan tombol enter pada keyboard.

Advertisement

Jika kamu belum tahu di mana letak tombol enter pada formula bar, bisa mencari tanda cetang (V) pada tampilan lembar kerja Excel.  Tidak perlu khawatir kesulitan menemukannya, karena peletakannya sudah diatur sedemikian rupa yang membuatnya terlihat jelas.

Rumus- rumus Formula Bar yang Penting untuk Diketahui

Dilihat dari penjelasan di atas, tentu bisa ditarik kesimpulan jika ada banyak kegunaan formula bar yang dapat membantu para penggunanya. Namun untuk dapat mengoperasikannya kamu perlu memperhatikan rumus-rumus di bawha ini:

1. Shortcut Formula Bar

Tidak perlu lagi repot-repot melakukan drag, kamu bisa mempersempit ataupun memperlebar formula bar dengan praktis dan sangat cepat. Caranya yaitu hanya perlu menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + U bersama-sama. Tunggu hingga sistem menunjukkan hasilnya yaitu perubahan ukuran bar.

2. Menyembunyikan atau Memunculkan Formula Bar

Rumus ini merupakan pengenalan formula bar pada Excel yang memberikan kemudahan untuk menyembunyikan atau memunculkan formula bar. Langkah-langkahnya tidak sulit, yaitu sebagai berikut:

  • Cari tanda kotak centang yang terdapat pada formula bar.
  • Letaknya yakni ada di bagian tab view.
  • Nantinya tampilan akan langsung berubah sesuai dengan format yang kamu masukkan.

Pengenalan tentang formula bar pada Excelmemiliki bahasan yang cukup luas. Meskipun begitu, sebaiknya kamu memahaminya agar bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Hingga kini Excel merupakan produk dari Microsoft yang memiliki banyak fungsi dan kemampuan khusu. Salah satu fitur paling membantu adalah formula bar. Agar tidak sampai salah, memperhatikan pengenalan formula bar pada Excel di atas sangat dianjurkan.

Advertisement

Tinggalkan komentar