Pengenalan Quick Access Toolbar Excel: Definisi & Fungsi

Advertisement

Excel merupakan platform cetusan Microsoft yang didesain khusus untuk memudahkan para pengguna dalam menyelesaikan berbagai masalah yang berhubungan dengan perhitungan atau pendataan.

Pada excel sendiri terdapat suatu program yang disebut dengan quick access toolbar Excel. Mengingat kehadirannya cukup penting, sebaiknya pahami pengenalan quick access toolbar Excel dengan baik.

Simak Pengenalan Quick Access Toolbar Excel Berikut

Meski pengguna Excel sudah sangat banyak, mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu quick access toolbar. Agar tidak sampai salah dan bisa memanfaatkannya dengan baik, perhatian penjelasan berikut:

1. Definisi Quick Access Toolbar Excel

Picture4

Istilah quick access toolbar bisa jadi belum diketahui oleh banyak orang terutama mengenai pengertian lengkapnya. Lalu apa itu quick access toolbar Excel? Sederhananya, program ini merupakan fitur-fitur yang berisi shortcut.

Keberadaannya akan membantu pengguna Excel mempercepat penyelesaian pengerjaan tugasnya. Oleh karenanya jika Kamu terburu-buru ingin menyelesaikan tugas menggunakan Excel, maka bisa langsung mengakses quick access toolbar.

2. Fungsi Quick Access Toolbar

Picture5

Pada pengenalan quick access toolbar Excel salah satu hal penting yang perlu dibahas adalah fungsi utamanya. Fitur ini sangat berperan penting dalam mempermudah penyelesaian tugas penggunanya karena letaknya mudah ditemukan.

Di samping itu menu-menu yang ada di dalamnya terbilang cukup lengkap sehingga tidak perlu lagi mencari satu per satu di tampilan menu utama. Supaya bisa memaksimalkan penggunaannya silahkan simak penjelasannya berikut ini:

  • Membantu penggunanya untuk mendapatkan efisiensi saat mengerjakan tugas menggunakan Excel, sehingga pengguna akan merasa dimudahkan dan pekerjaan semakin cepat selesai.
  • Mempercepat menemukan menu perintah yang diinginkan karena Excel merupakan platform dengan banyak fitur. Apabila menu-menu dikumpulkan dalam satu tempat, membuatnya mudah dicari.
  • Memungkinkan Kamu untuk memasukkan menu apa saja yang dibutuhkan saat bekerja dengan Excel. Apabila suatu menu atau fitur sudah jarang digunakan, maka bisa menghapus atau menggantinya dengan lainnya.

3. Posisi Quick Access Toolbar

Picture6

Sebelum mengoperasikannya, Kamu perlu mengetahui di mana letak menu quick access toolbar. Sebab fungsinya untuk mengefektifkan pekerjaan penggunanya, maka peletakannya ditempatkan pada posisi yang terlihat dan mudah ditemukan.

Saat akan menggunakan menu tersebut, Kamu bisa menemukannya di layar bagian atas tepatnya pada file. Cukup klik bagian file, nantinya quick access toolbar Excel akan tertampil dan dapat digunakan langsung.

Dalam pengenalan quick access toolbar Excel, memahami letak menunya menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Mengapa demikian? Karena meski fungsinya mengefektifkan pekerjaan pengguna, namun jika tidak bisa menemukannya tentu layanan juga tidak dapat dijalankan.

Baca juga: Cara Menulis Pangkat di Excel Atas Bawah

Kumpulan Cara Menggunakan Quick Access Toolbar

Kamu bisa memaksimalkan fungsi quick access toolbar dengan mengetahui rumus-rumus pentingnya. Bagi yang belum tahu, dapat menyimak penjelasan lebih lanjuya pada pemaparan berikut:

1. Cara Menghilangkan Shortcut Access Toolbar

Picture7

Menu ini dapat dimunculkan dan dihilangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Apabila sudah tidak memerlukannya, maka Kamu bisa menghilangkannya dengan menerapkan cara di bawah ini:

  • Cara Pertama

Menghilang shortcut access toolbar di Excel bisa dibilang sangat mudah karena pengguna hanya perlu klik opai dropdown. Lanjutkan dengan menghilangkan tkamu centang pada shortcut. Nantinya tampilan layar akan langsung berubah.

  • Cara Kedua

Bagi Kamu yang baru mengenal Excel, hal penting yang perlu dilakukan adalah memahami pengenalan quick access toolbar Excel. Pada poin ini akan menyinggung terkait cara menghapus shortcutnya menggunakan opsi remove.

Seperti sebelumnya, caranya simpel dan tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukannya. Kamu cukup klik kanan pada shortcut yang ingin dihilangkan, lalu arahkan pilihan ke remove from quick access toolbar.

2. Cara Menambahkan Shortcut di Access Toolbar

Picture8

Pengenalan quick access toolbar Excel tidak bisa dianggap remeh karena kehadirannya memberikan berbagai keuntungan. Sesuai tujuan utamanya yakni memudahkan pengguna, shortcut pada menu ini bisa ditambah atau dihapus.

Kamu akan lebih mudah memahaminya dengan memperhatikan gambar quick access toolbar. Namun jika masih kesulitan, bisa menyimak ulasannya di poin berikut:

  • Arahkan kursor ke tkamu panah arah ke bawah atau biasa disebut drop down.
  • Lokasi tepatnya terletak di bagian kiri atas menu file.
  • Pilih shortcut yang ingin ditambahkan, caranya dengan memberikan tkamu panah.
  • Pada proses ini, Kamu bisa menambahkan sekitar 2-3 shortcut baru.
  • Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengambil langsung di bagian ribbon.
  • Kamu tinggal klik shortcut yang ingin dimasukkan.
  • Langkah terakhir, cukup klik opsi add to quick access toolbar.

3. Cara Memindahkan Posisi Access Toolbar

Picture9

Penggunaan quick access toolbar akan lebih memaksimalkan kinerja para penggunanya. Ternyata selain bisa ditambah, shortcut di menu tersebut dapat dipindahkan.

Dengan begitu Kamu bisa menempatkan shortcut yang diinginkan dengan tata letak sesuai kebutuhan. Misalnya disusun dari yang paling sering digunakan sampai jarang dibutuhkan.

Teknik ini bisa lebih mempersingkat waktu saat akan mengakses menu yang dibutuhkan dalam pengerjaan tugas. Oleh karenanya, mengetahui Pengenalan quick access toolbar Excel menjadi poin penting. Berikut cara memindahkan posisi access toolbar:

  • Silahkan pilih tkamu panah di quick access toolbar atau biasa disebut drop down.
  • Klik opsi show bellow the ribbon.
  • Setelah selesai, quick access toolbar akan muncul di bagian bawah yang lebih terlihat mata.
  • Proses selesai.

Baca juga: Cara Mengatasi Microsoft Office yang Tidak Bisa Dibuka

4. Cara Mengembalikan Quick Access Toolbar ke Semula

Bagi Kamu yang terlanjur mengatur quick access sesuai kebutuhan namun di lain hari ingin mengembalikan seperti semula, ada cara cepatnya.

Jadi tidak perlu bingung karena memang Excel telah didesain sedemikian rupa untuk memberikan layanan terbaik bagi penggunanya.

Advertisement

Pada pengenalan quick access toolbarini, akan dijelaskan juga mengenai bagaimana cara mengembalikan pengaturannya ke semula. Begini penjelasannya:

  • Cari opsi reset all custunization.
  • Letak tepatanya ada di bagain dialog box quick access toolbar.
  • Nantinya pengaturannya akan berubah seperti semula.

Peran Penting Quick Access Toolbar

Ternyata Kamu juga perlu mengetahui pengertian quick access toolbar di Power Point karena platform tersebut sering digunakan oleh masyarakat.

Mengingat betapa pentingnya mengerti menganai pembahasan yang berkanaan dengan pengenalan quick access toolbar Excel, Kamu bisa mencari sumber bacaan yang didesain sederhana agar lebih mudah mengerti.

Berikut ini akan dijelaskan apa saja peran penting dari quick access toolbar yang perlu dimengerti:

1.    Menampilkan Shortcut yang Sering Digunakan

Pemabahasa pengenalan quick access toolbar Excel rasanya kurang lengkap jika tidak membahas peran pentingnya. Salah satunya adalah dapat menampilkan shortcut yang sering dipakai.

2.    Menampilkan Banyak Shortcut

Bukan hanya satu, namun shortcut yang tertampil pada quick access toolbar Excel cukup banyak. Menariknya dapat ditambah atau dikurangi dengan menerapkan cara khsusus.

Kamu bisa lebih memahami penjelasan lengkapnya dengan membaca pemaparandari poin sebelumnya.

Hingga saat ini memang Excel tetap banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan berkaitan dengan penghitungan atau perekapan data. Bagi Kamu yang bergelut dalam bidang terkait, sangat disarankan mengerti perihal pengenalan quick access toolbar Excel.

Advertisement

Tinggalkan komentar