Pengenalan Ribbon Excel: Bagian, Mengatur dan Menggunakan

Advertisement

Pengenalan ribbon excel menjadi salah satu perubahan besar yang ada pada sisi tampilan atau user interface microsoft excel dimulai dari versi excel 2007. Menu ribbon excel ini sebenarnya masih saja dipertahankan pada versi excel 2010, 2013 dan 2016.

Agar lebih paham tentang ribbon maka bisa simak informasi kali ini. Informasi ini akan membahas terkait ribbon Excel, bagian, dan cara menggunakannya.

Pengenalan Ribbon Excel

Ribbon excel merupakan kumpulan tombol perintah pada microsoft excel yang dikelompokkan berbentuk Tab berdasarkan kategori kemiripan fungsinya. Seperti Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View dan tab lain yang tersembunyi.

Munculnya, ide utama pengenalan ribbon excel berfungsi untuk mempercepat dan mempermudah pemakai excel. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mengakses serta menggunakan menu atau tombol perintah yang penting.

Tombol perintah yang berbentuk ikon ini, akan ditempatkan pada bagian atas dalam beberapa tab menu sesuai dengan kategorinya. Pada masing-masing tab, terdapat tombol menu perintah digolongkan ke dalam group tertentu terkait fungsi.

Jika dilihat dari beberapa kelompok, sudah ada tombol launcher di sudut kanan bawah yang berguna untuk menampilkan fungsi lebih lanjut dari group tersebut. Sementara itu, pada seri tutorial excel tidak akan dibahas secara detail fungsi dari tombol perintah yang ada di ribbon excel.

Namun, akan langsung dijelaskan secara garis besar terkait hal-hal apa saja yang dapat dilakukan pada menu pengenalan ribbon excel ini. Hal ini sama seperti menyembunyikan atau menghilangkan, menampilkan kembali ribbon excel dan tentang bagaimana cara mengatur ribbon excel agar sesuai kebutuhan.

Bagian-bagian dari Ribbon Excel

Ada beberapa bagian pengenalan ribbon excel yang wajib diketahui. Berikut ini sudah ada beberapa ribbon excel yang bisa Kamu ketahui.

  • Tabs Menu, biasanya berisi kumpulan tombol yang dikelompokkan sesuai dengan fungsinya. Jika dilihat dari default terdapat Tab Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View. Sedangkan, Tab Developer disembunyikan. Untuk bisa menampilkannya perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu.
  • Group Menu, di dalamnya sudah ada masing-masing Tab tombol yang digolongkan ke dalam beberapa group. Masing-masing dari grupnya akan dipisahkan dengan Garis vertikal. Pada Tab Page Layout yang ada di atas terdapat Group Themes, Page setup, Scale to fit, Sheet Options serta Arrange.
  • Command Buttons, biasanya dalam grup terdapat beberapa tombol perintah sesuai dengan fungsi masing-masing.
  • Dialog Box Launcher, berfungsi untuk menampilkan pengaturan lebih lanjut pada masing-masing grup. Secara default pengaturan ini tidak ditampilkan.

Pengenalan ribbon excel terbagi dalam beberapa TAB. Masing-masing TAB digolongkan ke dalam beberapa grup sesuai kemiripan fungsinya

1. Tab File

Tab ini berguna untuk mengakses Backstage View. Tidak sama seperti tab lainnya yang berisi kelompok perintah tertentu. Umumnya, Tab File ribbon ini berisi informasi terkait file excel yang sedang dibuka dan menu atau tombol option untuk pengaturan excel.

2. Tab Home

Umumnya, Tab ini tidak hanya berisi tombol perintah yang merupakan menu-menu perintah pada excel. Tab home berisi pemformatan sel, perataan teks, operasi sel, pencarian data, fitur sortir serta filtering.

3. Tab Insert

Apabila Kamu butuh menyisipkan sesuatu ke dalam lembar kerja atau worksheet, maka ini merupakan tempat mencari menu perintahnya. Pada tab ini Kamu bisa menemukan tombol perintah untuk menyisipkan chart, tabel, gambar dan lainnya.

4. Tab Page Layout

Pada bagian ini sudah ada tombol perintah untuk melakukan manipulasi tampilan worksheet excel. Menu yang ada pada bagian tab ini kebanyakan merupakan menu terkait kegiatan mencetak data (Print out).

5. Tab Formulas

Semua fungsi excel yang tersedia sudah bisa ditemukan pada bagian ini. Dimana masing-masing fungsi excel, digolongkan berdasarkan kategori fungsi tertentu.

6.Tab Data

Pada Tab data bisa langsung, Kamu temukan menu Data. Dimana berguna untuk melakukan koneksi dengan sumber data dari luar (external data source) dan yang terkait menu sortir dan filtering data.

7. Tab Review

Pada tab Review ini bisa langsung ditemukan menu check spelling. Bahkan, juga bisa menambah komentar dan melakukan proteksi worksheet.

8. Tab View

Pada tab View, kamu bisa langsung mengatur opsi tampilan jendela aplikasi excel. Beda halnya, dengan review yang hanya bisa menambah komentar.

9. Tab Developer

Secara umum, Tab developer disembunyikan oleh excel. Menu pada bagian ini memang ditujukan untuk pengguna lanjut, bukan pengguna dasar.

10. Contextual Tabs

Contextual Tab atau Tool Tabs biasanya berisi command button atau tombol perintah. Dimana memang dikhususkan untuk objek tertentu saja. Bahkan, masing-masing objek mempunyai isi tombol perintah yang berbeda sesuai mana yang sedang dipilih.

Menu tool tabs ini biasanya akan muncul saat Kamu mengaktifkan objek tertentu saja. Contohnya saja, Chart Tools, Tabel Tools, Drawing Tools, PivotTable Tools, dan lainnya.

Cara Mengatur Ribbon Excel

Pengenalan ribbon excel sudah diatur sedemikian rupa agar Kamu bisa langsung mengakses fitur excel secara lebih mudah dan cepat. Bahkan, Kamu juga bisa menyusun atau mengatur tampilan menu pada ribbon sesuai kebutuhan. Caranya sangat mudah dengan membuka opsi Customize Ribbon.

1. Buka Tab FILE > Options > Customize Ribbon.

Picture14

Berikutnya item-item yang memiliki tanda centang pada bagian kanan window di atas merupakan menu yang akan ditampilkan pada ribbon Microsoft excel. Jadi bisa hilangkan centang jika Kamu ingin menghilangkan bagian tersebut pada ribbon dan sebaliknya bisa mengaktifkan centang untuk menampilkan menu tersebut pada ribbon excel.

Advertisement

Pada window ini Kamu bisa langsung membuat tab baru (New Tab) dan mengatur group menu (new Group) pada tab tersebut sesuai kebutuhan. Selain itu, juga bisa menambahkan menu lain yang tersedia di sebelah kiri ke dalam tab atau group ribbon tersebut.

Apabila pengaturan pengenalan ribbon excel yang Kamu buat amburadul dan ingin mengembalikan tampilan kembali seperti semula. Maka bisa menggunakan menu reset yang ada pada window tersebut.

2. Klik kanan pada salah satu menu Tab lalu pilih Customize the Ribbon

Picture15

Tampilannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Tab yang muncul akan sama dengan poin nomer 1. Kamu bisa langsung memilih, menambahkan atau mengurangi ribbon sesuai kebutuhan.

Cara Menggunakan Ribbon dengan Keyboard

Apabila mouse yang Kamu miliki rusak atau tidak bisa digunakan maka gunakan tombol pada keyboard untuk memilih atau mengaktifkan menu-menu yang ada pada pengenalan ribbon excel. Caranya bisa dengan menekan tombol Alt diikuti, menggunakan karakter huruf yang tampil. Selanjutnya, pada ribbon excel seperti gambar dibawah ini.

Picture16

Contohnya saja, Kamu ingin mengaktifkan menu atau tombol wrap text maka tinggal menekan tombol Alt. Hal ini diikuti dengan karakter huruf H untuk mengaktifkan tab home.

Selanjutnya, bisa diikuti dengan menekan huruf W pada keyboard. Bahkan, secara ringkas bisa menggunakan shortcut Alt + H + W. Jadi pengenalan ribbon excel sangat penting Kamu ketahui.

Advertisement

Tinggalkan komentar