Pengenalan Status Bar di Excel, Pengertian, Isi, & Fungsi

Advertisement

Apa fungsi fitur bagian bawah lembar kerja Excel? berikut ini adalah pengenalan status bar di Excel. Mulai dari pengertian, isi, hingga fungsi secara lengkap.

Buat kamu yang belum tahu dan belum memahaminya secara mendalam. Artikel ini akan jadi sumber referensi paling tepat kamu gunakan.

Sebagai orang yang bekerja dengan menggunakan program Excel setiap hari, kamu wajib tahu nih. Ya walau hal ini tidak akan pernah ditanyakan BOS kamu.

Pengenalan Status Bar di Excel

Ketika sedang menggunakan Microsoft Excel, pasti Kamu pernah melihat bagian bawah lembar kerja atau worksheet setidaknya satu kali saja.

Baik itu untuk melihat sheet yang lain, mengetahui jumlah kata, mengatur tampilan atau zoom in dan zoom out, hingga sekadar penasaran saja dengan fitur-fitur yang disediakan oleh Microsoft.

Agar lebih afdal dan paham, Kamu perlu tahu nih apa saja nama fitur-fitur tersebut. Jadi, fitur yang kami maksud ada di bawah bawah lembar kerja adalah status bar.

Lantas apa pengertian, isi atau bagian, hingga fungsi mereka? Penjelasan di bawah akan menyajikan informasi mengenai pengenalan status bar di Excel, yaitu:

Pengertian Status Bar di Excel

Definisi status bar adalah fitur berupa sederet informasi yang melintang horizontal dan ada pada bagian bawah jendela worksheet atau lembar kerja.

Fitur ini bisa dikonfigurasi untuk menampilkan beberapa informasi, seperti jumlah kata, rata-rata sel, hitungan, jumlah sheet, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada pula informasi tentang status lembar kerja, apakah itu end mode are enabled caps lock, num lock, dan scroll lock.

Jadi, dari penjelasan mengenai pengertian pada pengenalan status bar di Excel ini pasti Kamu sudah mulai memahami bahwa bilah status mempunyai peran yang cukup penting dalam menyelesaikan suatu lembar kerja.

Ini dikarenakan mereka menyajikan beberapa informasi penting. Kerennya lagi, bagian ini juga bisa dikostumisasi agar menampilkan informasi yang Kamu perlukan saja sehingga terlihat lebih ringkas dan rapi.

Isi atau Bagian Status Bar di Excel

Pengenalan status bar di Excel juga akan menjelaskan tentang informasi apa saja yang ada pada fitur di bawah lembar kerja ini. Berikut adalah uraiannya, yaitu:

1. Macro Recorder

pengenalan status bar di Excel

Pada bagian samping ikon mode, Kamu akan bertemu dengan ikon macro recorder. Icon ini akan muncul bila kamu pernah merekam macro sebelumnya. Cara untuk merekamnya adalah klik ikon tersebut dan klik kembali jika ingin mengakhiri.

2. Mode Lembar Kerja

pengenalan status bar di Excel

Lembar kerja Excel memiliki beberapa mode yang akan ditampilkan pada status bar, yaitu ready, edit, dan enter.

Mode ready berarti Microsoft Excel siap untuk digunakan bekerja dan ini biasanya muncul pada bagian kiri bawah ketika baru membuka lembar baru.

Kemudian ada mode edit yang berarti sedang mengubah nilai pada suatu cell. Mode ini akan muncul ketika Kamu klik formula bar atau double klik cell.

Terakhir adalah mode enter yang muncul ketika Kamu selesai mengetik kemudian menekan tombol enter untuk menyelesaikannya.

3. Quick Information

pengenalan status bar di Excel

Pengenalan status bar di Excel juga membahas tentang fitur quick information. Fitur ini akan menyajikan informasi mengenai range pilihan Kamu dan terdiri dari rata-rata (average), total angka (SUM), dan jumlah cell (COUNT).

4. Setting View

pengenalan status bar di Excel

Terdapat 3 ikon yang berguna untuk mengatur bagaimana tampilan worksheet Kamu, yaitu normal view, page break preview, dan page layout view.

Mereka bisa Kamu temukan pada bagian Tab View kemudian WorkBook Views Groups atau di status bar pada Excel.

Normal view berarti tampilan default lembaran kerja. Pada tampilan ini, Kamu hanya akan disajikan cell dalam worksheet tanpa adanya header, footer, atau page break.

Lalu ada page break preview atau tampilan batas halaman. Pada setiap halaman memiliki nomor page 1, page 2, page 3, dan seterusnya pada latar belakang worksheet.

Tampilan ini berguna ketika Kamu akan mencetaknya ke bentuk kertas dan memungkinkan untuk memindahkan, menyisipkan, atau menghapus jeda halaman.

Terakhir, page layout view yang akan menampilkan worksheet beserta mistar pada bagian atas dan kiri halaman dan nomor page pada status bar.

Ini digunakan untuk penulisan data huruf dan bisa menjadikan hasil tulisan lebih rapi dan menarik.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Worksheet dan Workbook?

5. Zoom In dan Zoom Out

Pada pengenalan status bar di Excel Kamu bisa menemukan ikon yang memanjang dengan simbol (-) di sebelah kiri dan (+) di sebelah kanan. Ikon ini berarti fitur zoom in dan zoom out, berguna untuk mengatur zoom worksheet.

Zoom in berarti memperbesar tampilan layar, sedangkan zoom out untuk memperkecil.

Cara Mengatur Status Bar di Excel

Agar pengenalan status bar di Excel menjadi lebih lengkap, Kamu juga perlu mengetahui cara untuk mengatur fitur-fitur apa saja yang ingin ditampilkan.

Pengaturan ini akan membantu memaksimalkan kinerja fitur dan mempercepat pencarian fitur yang ingin digunakan. Berikut ini adalah pemaparan mengenai cara mengaturnya, antara lain:

  • Klik kanan mouse atau touchpad pada bagian status bar dan nantinya akan muncul daftar fitur apa saja yang bisa ditampilkan.
  • Kemudian, klik centang (√) pada pilihan yang ingin Kamu tampilkan.
  • Setelah itu, semua pilihan tersebut secara otomatis akan ada pada bagian status bar.
  • Kamu juga bisa menghilangkannya dengan klik kembali pilihan centang.

Adapun beberapa quick access toolbar atau tombol-tombol jalan pintas yang berguna untuk mengatur fitur ini, yaitu:

  • Tekan tombol F8 pada keyboard Kamu untuk masuk extend selection mode. Ini akan memungkinkan Kamu memperluas pilihan hanya dengan menggunakan kursor atau anak panah.
  • Klik tombol Shift + F8 untuk add to selection mode atau mode pilihan. Ini akan menjadikan Kamu tidak perlu menahan tombol kontrol untuk menambahkan cell yang tidak berdekatan.

Cara Menyembunyikan Status Bar di Excel
Advertisement

pengenalan status bar di Excel

Jika merasa terganggu atau tidak terlalu memerlukan status bar, Kamu bisa menyembunyikannya dan berikut adalah langkah-langkahnya, yaitu:

  • Kamu perlu download Kutools terlebih dahulu.
  • Klik Kutools kemudian show / hide dan view options.
pengenalan status bar di Excel
  • Pada kotak view options, centang atau hapus centang bagian status bar.
  • Jika Kamu ingin menampilkannya, maka klik centang dan jika ingin menyembunyikannya maka hilangkan centang.
  • Tampilan excel kamu menjadi seperti gambar di bawah ini.
pengenalan status bar di Excel

Perlu diketahui bahwa pada bagian view options di kutools excel ini, memungkinkan Kamu untuk menampilkan atau menyembunyikan sebagian besar pengaturan di Microsoft Excel dengan cepat.

Beberapa pengaturannya, seperti formula bar, gridlines, horizontal scrollbar, vertical scrollbar, sheet tab, windows in taskbar, page breaks, display zeroes, dan lain sebagainya.

Baca juga: Panduan Cut, Copy, Paste di Excel

Fungsi Status Bar di Excel

Seperti yang sudah disinggung pada poin-poin sebelumnya bahwa status bar di Excel berfungsi untuk memudahkan pekerjaan seseorang dengan cara menampilkan beberapa informasi penting.

Kamu bisa diberi tahu apakah keyboard dalam mode caps lock atau numlock hingga rata-rata, jumlah kata dan jumlah cell. Adapun banyak fitur lainnya yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Lokasi mereka mudah untuk dijangkau sehingga mempercepat selesainya suatu pekerjaan. Mengetahui berbagai fungsi fitur ini bisa menghasilkan pekerjaan yang lebih baik karena Kamu memiliki banyak waktu untuk memeriksanya kembali.

Pengenalan status bar di Excel ini bisa membantu Kamu untuk memahami pengertian, isi, hingga fungsinya. Mereka mempunyai peran yang cukup penting untuk menyelesaikan suatu tugas. Oleh karena itu, gunakan dengan baik ya!

Advertisement

Tinggalkan komentar