Microsoft Excel: Sejarah dan Pengertian Excel

Advertisement

Pengertian Excel menjadi pengetahuan dasar saat mempelajari aplikasi pengolah data. Kamu perlu paham sejarahnya terlebih dahulu sebelum mengenal berbagai rumus dan fungsi yang rumit. Tujuannya mempermudah usaha menguasai tingkat selanjutnya.

Kamu akan memperoleh gambaran umum mengenai segala sesuatu yang ada di dalam Excel. Berangkat dari versinya yang sederhana sampai lengkap dan canggih seperti sekarang. Aplikasi ini ternyata memiliki perjalanan panjang dalam perkembangannya.

Pengertian Excel, Aplikasi Pengolah Data Milik Microsoft

Secara sederhana pengertian Excel menurut para ahli adalah aplikasi lembar kerja spreadsheet yang berguna untuk menghitung dan mengolah data bersifat numerik (angka). Program ini termasuk salahsatu paket aplikasi perkantoran Microsoft Office.

Perangkat yang telah terinstall Microsoft Word dan Power Point, secara otomatis bisa menjalankan Excel juga. Kamu dapat menggunakan software ini pada Windows, MacOs, Android, maupun iOS. Tidak heran jika menjadi perangkat pemrosesan data terbaik.

Picture1 1

Berbeda dengan Microsoft Word, lembar kerja Excel berbentuk kumpulan sel yang disusun menjadi kolom dan baris. Kemudian dihitung menggunakan rumus tertentu. Sementara penyajian datanya digambarkan dalam diagram, grafik, atau tabel.

Adapun cara kerja aplikasi ini memakai workbook system yang memiliki sheet. Apabila workbook diibaratkan sebuah buku, maka sheet adalah lembaran-lembaran kertasnya. Banyaknya jumlah sheet dibatasi oleh memori atau kapasitas prosesor perangkatmu.

Sejarah Microsoft Excel, Versi 2.0 sampai Sekarang

Apakah aplikasi yang kamu pakai sekarang merupakan versi awal dari pencipta Excel? Ternyata tidak. Maka dari itu, setelah memahami pengertian Excel penting juga mengetahui perubahan sistem maupun desainnya.

Baca juga: Pengenalan Formula Bar Pada Excel 8 Bagian Penting

Berikut perkembangan Microsoft Excel berdasarkan versinya, yaitu:

1.    Excel Versi 2.0

Picture2 1

Sejarah Microsoft Excel dimulai pada tahun 1985 dengan nama Excel saja. Saat itu aplikasi ini terbatas untuk perangkat dengan sistem operasi Macintosh atau MacOs. Sementara Windows masih dikuasai Lotus 1-2-3 milik Lotus Software.

Microsoft Corporation terus melakukan perbaikan sampai pada tahun 1987 resmi meluncurkan Excel 2.0. Hanya dalam kurun waktu satu tahun, berhasil menggeser posisi pesaing dan menguasai pasaran program pengolah angka.

Keberhasilan tersebut berkat pengembangan tipe data yang lebih besar dan kompleks. Selain itu, setelah masuk dalam paket program Microsoft Office, desain interface atau tampilan tatap muka aplikasi ini semakin masif berubah.

2.    Microsoft Excel Versi 3.0 dan Versi 4.0

Picture3 1
Picture4 2

Nama Excel kemudian berubah menjadi Microsoft Excel setelah terjadi persaingan dagang atas hak kepemilikan dan paten. Bahkan, pengembang juga membeli nama paten dari perusaah penuntut agar tidak ada masalah soal nama di kemudian hari.

Apakah setelah perubahan nama program, pengertian Excel menjadi berubah? Tidak. Meskipun pada tahun 1990 Excel meluncurkan versi 3.0, kemudian versi 4.0 di tahun 1992, namun belum terjadi penambahan fitur maupun interface yang berarti.

3.    Microsoft Excel Versi 5.0

Perkembangan semakin nampak dibandingkan Microsoft Excel awal setelah memasuki versi 5.0 pada tahun 1993. Aplikasi ini hadir dengan bahasa pemrograman yang disebut VBA (Visual Basic for Applications).

Melalui VBA, Excel melakukan otomatisasi sekaligus menambahkan fungsi-fungsi yang mudah diartikan oleh pengguna untuk mengoperasikan worksheet.

Pada saat versi ini pula, pengembang mengubah interface Microsoft Word dan Power Point untuk menyesuaikan dengan Microsoft Excel. Aplikasi ini benar-benar menjadi primadona, sebuah spreadsheet paling disukai.

4.    Microsoft Excel Versi 7.0 dan Versi 8.0

Picture5 2
Picture6 2

Pengertian Excel semakin luas seiring bertambahnya fitur yang diluncurkan. Selama dalam versi 7.0 tahun 1995 dan versi 8.0 tahun 1997, aplikasi ini lebih dari sekadar pengolah angka. Namun, mengembangkan program komputer berbasis Excel.

Fitur baru versi ini dikenal dengan istilah IDE (Integrated Development Environment). Keunggulannya, pengguna dapat membuat presentasi dan dokumen dalam waktu singkat. Misal, saat mengidentifikasi rangkaian tren atau pola suatu data.

Baca juga: Pengenalan Ribbon Excel: Bagian, Mengatur dan Menggunakannya

5.    Microsoft Excel Versi 9.0

Microsoft Excel sudah berhasil menjadi aplikasi pengolah angka paling diminati. Namun, tidak membuat mereka berhenti berinovasi. Ada beberapa penambahan fitur yang membuat pengertian Excel mencakup banyak hal, yakni teknologi otomatisasinya.

Mulai dari kemampuan merekam aktivitas yang dilakukan pengguna ke dalam macro, sehingga tugas dapat diotomatisasi. Kemudian, melalui VBA disediakan form dan kontrol dalam worksheet sehingga dapat berkomunikasinya dengan penggunanya.

Selain itu, bahasa VBA juga menfasilitasi dukungan terhadap penggunaan DLL Active/Com. Walaupun fitur ini tidak berjalan dengan baik, namun versi 9.0 tahun 2000 menjadi gerbang bagi aplikasi ini untuk berkembang pesat.

6.    Microsoft Excel Versi 11.0

Pengertian Excel terus melebar setelah menambahkan dukungan terhadap class module. Melalui fitur tersebut pengguna memperoleh izin untuk melakukan teknik pemrograman berorientasi objek di dalam VBA.

Beragam inovasi yang dikembangkan Microsoft Excel pada teknologi VBA ternyata memunculkan dilema. Satu sisi, fitur ini memberikan kemudahan karena otomatisasinya, namun di sisi lain membuka celah bagi masuknya virus-virus macro.

Banyak pengguna dari kalangan perusahan mengeluhkan kekurangan tersebut. Hal ini ditanggapi oleh Microsoft Corporation dengan melakukan beberapa kebijakan. Mulai dari melakukan enkripsi, mensyaratkan sertifikasi digital, sampai menonaktifkan.

Microsoft Excel versi 11.0 atau yang dikenal dengan Excel 2003 merupakan tahun terakhir perusahaan ini memakai ekstensi file .xls.

7.    Microsoft Excel Versi 12.0

Sebagian dari kamu mungkin masih ada yang munggunakan Excel versi 12.0 yang diluncurkan pada tahun 2007. Salahsatu perubahan besar saat era ini adalah eksistensi file menjadi .xlsx. yang mendukung terhadap format HTML.

Advertisement

Keunggulan tipe file tersebut adalah berukuran lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya. Sehingga pengguna tidak memerlukan ruang penyimpanan besar. Selain itu, versi ini terhindar dari lamanya proses loading saat membuat presentasi.

8.    Microsoft Excel Versi 14.0, versi 15.0, dan versi 16.0

Picture7 2
Picture8 2

Pada tahun-tahun berikutnya, Microsoft Excel tetap memperbaharui versinya. Mulai dari versi 14.0 tahun 2010, versi 15.0 tahun 2013, dan versi 16.0 tahun 2016. Namun, pada era ini tidak ada perkembangan signifikan.

Perbedaan diantaranya ketiganya hanya terjadi sedikit dalam tampilan tatap muka atau interface. Selain itu, mengikuti perkembangan sistem operasi Windows, dari Windows 7 sampai Windows 10.

9.    Microsoft Excel Versi 2019

Picture9 2

Microsoft Excel versi terbaru yaitu yang diluncurkan pada tahun 2019. Aplikasi ini mengalami cukup banyak fitur baru. Pengembang tampaknya memberikan perhatian lebih terhadap sistem Windows, terbukti cakupannya lebih luas.

Beberapa perkembangan fitur meliputi fungsi, bagan, penyempurnaan visual dan tinta, aksesibilitas, sharing, PivoTable, Power Pivot, dan konektor SAP HANA baru.

Mari tengok penambahan dari segi fungsi, Microsoft Excel meluncurkan fungsi CONCAT, IFS, MAXIFS, MINIFS, SWITCH, serta TEXTJOIN. Sebagian merupakan perbaikan dari fungsi sebelumnya, adapula yang baru, sehingga menambah pengertian Excel.

Selain itu, dari segi interface, aplikasi ini menyediakan tiga tema warna pilihan, yaitu abu-abu tua, berwarna, dan putih. Kamu bebas memilih sesuai ketertarikan. Cukup menarik, bukan?

Belajar teknologi memang perlu dilakukan secara sistematis. Dimulai dari memahami asalnya sampai berhasil menguasai, atau bahkan ikut mengembangkan. Maka dari itu, penting untuk kamu yang pelajar memahami pengertian Excel sekaligus sejarahnya.

Advertisement

Tinggalkan komentar