Pengertian Row, Column, Cell dan Range Excel [Lengkap]

Advertisement

Dalam dunia Excel, Kamu harus terbiasa menggunakan istilah pengertian row, column, cell dan range excel. Kamu akan terbiasa menggunakan istilah-istilah tersebut jika menggunakan Excel.

Pada informasi kali ini, akan dijelaskan secara mendetail terkait Cell, Row, Column, dan Range. Berikut ini sudah ada beberapa informasi yang bisa Kamu ketahui.

Mengenal Pengertian Row, Column, Cell dan Range Excel

Pengertian ketiganya tidaklah sama. Oleh karena itu, Kamu harus mengetahui informasinya di bawah ini.

  • ROW  dikenal dengan baris, yang merupakan bagian worksheet melintang horizontal (kanan ke kiri), ditandai dengan angka 1,2,3 dan seterusnya. Sementara itu, untuk jumlah baris di Excel sekitar 1.048.576 (Excel 2007 ke atas).
  • Column merupakan salah satu bagian worksheet yang melintang vertikal (atas ke bawah) dan ditandai dengan huruf A, B, C. Jumlah kolom yang ada pada di Excel sekitar 16.384, dari A sampai XFD (Excel 2007 ke atas). Pengertian row, column, cell dan range excel berikutnya akan dijelaskan tentang sel.
  • Cell dikenal dengan sel yang merupakan bagian terkecil worksheet, dimana ada pertemuan antara baris (Row) dan Kolom (Column). Contohnya saja, B5 merupakan hasil dari pertemuan kolom B dan baris ke-5
  • Range dikenal dengan rentang yang merupakan gabungan atau kumpulan dari beberapa cell. Jadi bisa terdiri dari beberapa baris, kolom atau gabungan keduanya. Contohnya saja, range B3:C4 yang merupakan gabungan dari cell B3, B4, C3 dan C4. Pada informasi yang di bawah ini akan dijelaskan secara rinci terkait pengertian row, column, cell dan range excel.

1. Definisi dari Row (Baris) Pada Excel

Picture7 1

Pada informasi di atas sudah dibeberkan gambaran terkait pengertian row, column, cell dan range excel. Bahasa Indonesia Row diartikan sebagai “Baris”. Dimana pada Row termasuk bagian dari worksheet yang berada horizontal ke samping dan ditandai dengan nomor angka 1,2,3 hingga 1.048.576.

2. Definisi dari Column (Kolom) Pada Excel

Picture8 1

Dalam Bahasa Indonesia, Column diartikan sebagai “Kolom”. Dimana kolom termasuk bagian dari worksheet yang berada di vertikal ke atas dan ditandai dengan huruf A,B,C, dan seterusnya hingga XFD.

Jika dilihat dari Excel 2003, jumlah row atau baris excel yang tersedia oleh excel hanya 65.536 saja. Namun, untuk versi excel 2007, jumlah row atau baris pada microsoft excel sebesar 1.048.576.

Angka yang terakhir pada bagian bawah worksheet sebelah kiri, umumnya sudah menunjukkan jumlah baris yang tersedia oleh microsoft excel. Sementara itu, jumlah kolom pada excel 2003 hanya sampai huruf IV atau 256 kolom saja.

Berbeda dengan, versi excel 2007 ke atas jumlah  kolom yang tersedia oleh microsoft excel hingga huruf XFD merupakan kolom ke-16.384. Jadi jika dilihat dari penjelasan pengertian kolom dan baris di atas sudah jelas bahwa perbedaan keduanya selain dari bentuk yang memanjang.

Namun, secara vertikal dan horizontal juga terletak pada jumlahnya. Pada bagian berikutnya, akan membahas pengertian row, column, cell dan range excel yang lebih jelas.

3. Definisi dari Cell (Sel) Pada Excel

Pengertian cell merupakan salah satu kotak kecil yang berada pada worksheet dan merupakan titik pertemuan antara Row dan Column. Sehingga dalam istilah Indonesia, pertemuan antara baris dan kolom, dikenal dengan cell atau sel excel.

Biasanya, sebuah sel excel diberi nama atau alamat sesuai dengan nama kolom dan nomor barisnya. Contohnya saja, titik pertemuan antara kolom C dan baris nomor 5 yang dikenal dengan Sel C5. Dengan kata lain Sel C5 termasuk sel excel yang berada di kolom C dan baris ke-5.

Picture9 1

Nama atau alamat cell yang saat ini aktif bisa Kamu lihat pada bagian formula bar sebelah kiri yang dikenal dengan name box. Hal ini bisa dilihat dari gambar yang ada di atas yang juga menjelaskan pengertian row, column, cell dan range excel.

Sementara itu, pada excel 2003 ke bawah jumlah sel excel dalam sebuah worksheet hanya sebesar 16.777.216. Sedangkan, pada Excel 2007 ke atas sebuah worksheet hanya memuat 17 Miliar sel atau angka tepatnya sebesar 17.179.869.184 sel.

Baca juga: Pengenalan Quick Access Toolbar Excel

4. Definisi dari Range (Rentang) Pada Excel

Cell sendiri merupakan pertemuan antara Row dan Column atau pertemuan Baris dan Kolom. Dalam istilah Bahasa Indonesia range diartikan sebagai rentang, yang termasuk ke dalam kumpulan dari beberapa cell pada microsoft excel.

Jadi pengertian Range sendiri merupakan gabungan dari beberapa cell pada microsoft excel, mulai dari dalam satu atau beberapa baris dan kolom. Pasalnya, sekelompok sel yang tergabung dan disebut dengan range bisa dalam satu baris, satu kolom, maupun beberapa baris dan kolom.

Picture10
Picture11
Picture13
  • Contoh dari range satu baris, seperti A1:F1.
  • Contoh dari range satu kolom, seperti A1:A5.
  • Contoh dari range beberapa kolom dan baris, seperti A1:F5.

Sementara itu, sebuah sel atau range pada worksheet excel bisa juga Kamu beri nama tertentu. Hal ini dilakukan agar Kamu lebih mudah untuk diingat pengertian row, column, cell dan range excel sesuai kebutuhan. Salah satu caranya Kamu bisa langsung baca pada halaman dengan menamai Range Pada Excel.

Shortcut yang Berguna untuk Memindahkan Antar Cell

Selain bisa menggunakan mouse, ternyata untuk mengaktifkan atau memilih sebuah sel. Bahkan, Kamu bisa juga mengaktifkan atau berpindah antar sel dengan tombol-tombol yang pada keyboard.

Tombol shortcut yang ada pada keyboard bisa Kamu gunakan untuk berpindah antar sel di dalam sebuah worksheet, dengan mengetahui pengertian row, column, cell dan range excel

Advertisement
di bawah ini.

  • ← , ↑ , → , ↓, berfungsi untuk memindahkan satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah.
  • Tab, berfungsi untuk memindahkan satu sel ke kanan.
  • Shift + Tab, berfungsi untuk memindahkan satu sel ke kiri.
  • Enter, berfungsi untuk memindahkan satu sel ke bawah.
  • Shift + Enter, berfungsi untuk memindahkan satu sel ke atas.
  • Ctrl + →, berfungsi untuk memindahkan satu sel paling kiri pada kolom pertama.
  • Ctrl + ←, berfungsi untuk memindahkan satu sel paling kanan pada kolom terakhir.
  • Ctrl + ↑, berfungsi untuk memindahkan satu sel paling atas pada baris pertama.
  • Ctrl + ↓, berfungsi untuk memindahkan satu sel paling bawah pada baris terakhir.
  • Home, berfungsi untuk memindahkan ke kolom A
  • Ctrl + Home, berfungsi untuk memindahkan ke sel A1.
  • PgUp, berfungsi untuk memindahkan satu layar ke atas.
  • PgDn, berfungsi untuk memindahkan satu layar ke bawah.
  • Alt + PgUp,    berfungsi untuk memindahkan satu layar ke kiri.
  • Alt + PgDn,   berfungsi untuk memindahkan satu layar ke kanan.
  • Ctrl + PgUp,  berfungsi untuk memindahkan ke worksheet berikutnya.
  • Ctrl + PgDn,  berfungsi untuk memindahkan ke worksheet sebelumnya.

Selain bisa langsung memanfaatkan name box, Kamu juga bisa mengetahui posisi baris atau kolom dengan fungsi excel. Oleh karena itu, Kamu bisa mengetahui beberapa informasi lainnya agar lebih paham.

Penjelasan yang di atas, bisa langsung Kamu pelajari dan praktekkan langsung. Pengertian row, column, cell dan range excel sebenarnya sangat mudah dimengerti bagi Kamu yang belum paham.

Advertisement

Tinggalkan komentar