Apa Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor iPhone?

Beranda » Apa Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor iPhone?

Apakah ada perbedaan garansi resmi dan distributor iPhone? Tentu saja ada dan banyak macamnya. Memahami perbedaan garansi dari iPhone itu memang penting. Sebab, ada perbedaan yang resmi dari Apple, ada juga dari pihak ketiga yang berstatus sebagai distributor.

Jangan sampai tertukar antara garansi resmi dan distributor. Keduanya memiliki sejumlah perbedaan mendasar yang perlu dipahami dan dimengerti dengan baik. Berikut ini pemahaman mengenai perbedaan antara garansi resmi dan juga garansi distributor di luar sana.

Apa Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor iPhone?

Memang ada sejumlah perbedaan antara garansi resmi dan distributor iPhone. Semua perbedaan itu harus dipahami secara baik kalau ingin melakukan pembelian iPhone baru. Berikut ini beberapa perbedaan antara garansi resmi dan distributor iPhone.

1. Proses Klaim Garansi

Perbedaan yang paling utama dan kentara adalah proses klaim garansinya. Jika gunakan garansi resmi, proses klaim bisa dilakukan di service resmi iPhone di semua tempat dengan gratis. Sementara garansi distributor bisa di tempat resmi tapi tarifnya normal alias harus bayar.

2. Durasi Waktu Garansi

Perbedaan juga terletak pada durasi waktu dari garansi. Durasi waktu garansi antara yang resmi dan distributor itu memang berbeda. Kalau garansi resmi, durasi waktunya bisa lebih dari setahun. Sedangkan iPhone dengan garansi distributor durasi waktunya tidak lebih dari 12 bulan.

3. Harga iPhone yang Ditawarkan

Perbedaan lainnya juga pasti terletak pada harga iPhone yang ditawarkan. Kalau beli iPhone dengan garansi resmi, harganya lebih tinggi. Sementara kalau pilih iPhone dengan garansi distributor, harganya cenderung lebih murah dengan berbagai bonus tambahan.

4. Lokasi Service Center

Lokasi service center juga jadi perbedaan antara garansi resmi dan distributor iPhone. Pada pembelian iPhone dengan garansi resmi, lokasi service center sangat banyak. Sementara iPhone dengan garansi distributor lokasinya sangat terbatas dan tak mencakup semua daerah di Indonesia.

5. Aksesoris Tambahan

Perbedaan juga terletak pada aksesoris tambahan. Jika membeli iPhone garansi resmi, aksesoris tambahannya sangat terbatas. Mungkin hanya dapatkan charger saja. Kalau beli iPhone garansi distributor, aksesoris tambahannya lebih lengkap. Mulai dari screen guard hingga ear phone.

Kelebihan dan Kekurangan Garansi Resmi iPhone

Ketahui juga beberapa kelebihan dari garansi resmi iPhone. Memang ada kelebihan serta kekurangan yang didapatkan dari garansi resmi iPhone. Ini dia beberapa kelebihan dan kekurangan garansi resmi dari iPhone.

1. Kelebihan Membeli iPhone dengan Garansi Resmi

Membeli iPhone dengan garansi resmi memang bisa berikan banyak keuntungan atau kelebihan.Tak heran jika banyak yang memilih beli di toko resmi. Ini dia beberapa kelebihan ketika beli iPhone dengan garansi resmi.

  • Barang pasti original dan dari pihak produsen langsung
  • Mendapatkan garansi yang durasinya panjang
  • Dapatkan produk resmi yang terjamin kualitasnya
  • Dapatkan layanan service centre di berbagai daerah

2. Kekurangan Membeli iPhone dengan Garansi Resmi

Pembelian iPhone pakai garansi resmi juga ada beberapa kekuranganya. Hal ini juga perlu dipahami secara baik oleh para pengguna. Berikut ini beberapa kekurangan dari membeli iPhone dengan garansi resmi.

  • Harga produk iPhone yang lebih mahal
  • Jangkauan toko resmi yang belum merata
  • Harga aksesoris tambahan yang jauh lebih mahal

Kelebihan dan Kekurangan Garansi Distributor iPhone

Garansi distributor iPhone itu juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Semua kekurangan maupun kelebihan tersebut harus diperhatikan juga dengan baik. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari garansi distributor iPhone.

1. Kelebihan Membeli iPhone dengan Garansi Distributor

Kenali juga beberapa kelebihan dalam membeli iPhone dengan garansi distributor. Biar lebih mudah, berikut ini beberapa kelebihan dalam membeli iPhone dengan garansi distributor.

  • Harga produk iPhone lebih murah
  • Aksesoris tambahan yang lebih beragam
  • Toko yang lebih mudah dijangkau
  • Produk langka mudah didapatkan

2. Kekurangan Membeli iPhone dengan Garansi Distributor

Kekurangan dalam membeli iPhone garansi distributor juga penting untuk diketahui. Semua kekurangan itu tentunya penting untuk dipahami. Berikut ini adalah beberapa kekurangan beli iPhone dengan garansi distributor.

  • Tidak ada jaminan garansi resmi dari iPhone
  • Jika alami kerusakan, service ke service resmi tetap membayar
  • Harga jual kembali biasanya langsung turun drastis
  • Aksesoris asli dan original dari Apple sulit ditemukan

Pilih iPhone Garansi Resmi atau Distributor?

Jika melihat semua penjelasan di atas, pengguna tentu bisa membuat kesimpulan sendiri mengenai lebih baik beli iPhone garansi resmi atau distributor. Keduanya bisa menjadi pilihan konsumen yang ingin membeli iPhone terbaru. Semuanya kembali lagi ke preferensi masing – masing.

Jika ingin aman dan dapatkan layanan terbaik, sangat disarankan untuk membeli iPhone dengan garansi resmi. Selain karena terjamin, pembelian iPhone resmi itu juga akan menghindarkan dari penipuan ataupun barang palsu.

Sementara bagi yang mau dapatkan harga lebih murah dan toko yang mudah didatangi, maka pembelian via distributor lebih disarankan. Banyak toko atau distributor yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya berpusat di kota – kota besar saja. Ini akan memudahkan konsumen.

FAQ | Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor iPhone

Mana yang lebih bagus antara garansi resmi atau distributor iPhone?

Jika butuhkan garansi yang bagus dan aman, maka distribusi iPhone resmi adalah jawabannya.

Apakah garansi distributor menandakan produk iPhone palsu?

Tidak. Garansi distributor itu hanya masalah distribusi saja.

Bagaimana cara dapatkan garansi resmi saat beli iPhone?

Dengan membeli iPhone di toko resmi dari Apple.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.