Perbedaan iPhone Garansi Distributor dan Resmi Apple

Beranda » Perbedaan iPhone Garansi Distributor dan Resmi Apple

Amankah membeli iPhone garansi distributor? Kalau melakukan pembelian pada toko yang sangat terpercaya, tak ada masalah jika beli iPhone dengan garansi distributor. Intinya, harus selalu diperhatikan toko yang menjual iPhone garansi distributor.

Di pasaran memang bisa mudah ditemui iPhone garansi distributor. Garansi distributor tak melulu buruk. Tinggal pilih toko yang tepat saja untuk bisa dapatkan garansi distributor yang tepat. Berikut ini penjelasan mengenai iPhone garansi distributor.

Apa Itu iPhone Garansi Distributor?

Mungkin ada yang belum tahu mengenai apa itu iPhone garansi distributor. Secara sederhana, iPhone garansi distributor adalah produk smartphone dari Apple yang tak memiliki garansi resmi dari produsen. Garansi diberikan oleh pihak distributor yang mengedarkan barang.

Prodok iPhone garansi distributor itu sama saja dengan produk yang dijual di toko resmi Apple. Namun, distributor yang menjual tidak melakukan kerja sama langsung dengan pihak Apple. Meski begitu, produk yang dijual oleh distributor itu tetap original dari Apple.

Masyarakat di luar kota besar Indonesia biasanya lebih memilih beli iPhone versi garansi distributor. Itu disebabkan oleh sulitnya menjangkau toko resmi Apple yang hanya ada di kota – kota besar saja. Jadi, konsumen yang ada di daerah akan lebih memilih iPhone garansi distributor.

Memang banyak kelemahan dari iPhone garansi distributor ini. Namun perlu dipahami juga kalau banyak kelebihan yang didapat ketika beli iPhone versi distributor. Mulai dari bonus tambahan sampai dengan kemudahan dalam menjangkau tokonya.

Perbedaan iPhone Garansi Distributor dan Resmi Apple

Biar lebih mudah memahami, perlu diketahui sejumlah perbedaan antara iPhone garansi distributor dengan iPhone garansi resmi Apple. Apa saja perbedaan antara iPhone garansi distributor dengan yang resmi dari Apple? Berikut ini beberapa contohnya.

1. Cara Klaim Garansinya

Perbedaan yang pertama adalah cara melakukan klaim garansinya. Pada garansi resmi Apple, proses klaim bisa dilakukan pada seluruh service centre resmi. Ini berbeda dengan proses klaim garansi distributor yang harus lewat toko distributor dulu dan tak bisa langsung ke service center.

2. Durasi Waktu Garansinya

Hal yang juga ikut membedakan adalah lama durasi waktunya. Durasi waktu ini memang jadi hal yang membedakan. Biasanya, durasi dari garansi distributor tak lebih dari setahun. Bisa 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan paling maksimal. Berbeda dengan garansi resmi yang bisa lebih dari 1 tahun.

3. Tempat Servicenya

Lokasi atau tempat service dari keduanya juga berbeda. Tempat service dari iPhone versi resmi berada di kota – kota besar yang terakreditasi. Sedangkan garansi distributor lokasinya lebih tersebar ke berbagai pelosok daerah.

4. Harga Produknya

Perbedaan yang juga akan selalu terlihat adalah harga produknya. Harga produk dari iPhone garansi distributor itu lebih murah daripada iPhone garansi resmi. Perbedaan harga inilah yang membuat iPhone versi distributor lebih banyak diminati.

Kelebihan Membeli iPhone Garansi Distributor

Tentunya ada sejumlah kelebihan dari iPhone garansi distributor. Karena adanya sejumlah kelebihan itulah banyak konsumen yang lebih senang membeli iPhone garansi distributor. Berikut ini beberapa kelebihan dari membeli iPhone garansi distributor.

1. Harga Lebih Murah

Satu dari sekian banyak kelebihan membeli iPhone garansi distributor adalah harganya yang lebih murah. Harga yang lebih murah ini memang jadi hal yang dicari terus oleh konsumen. Harga yang lebih murah beberapa ratus ribu Rupiah tentu jadi tawaran menggiurkan.

2. Toko Bisa Dijangkau di Berbagai Daerah

Toko yang menjual produk iPhone garansi distributor itu pada dasarnya bisa dijangkau dengan mudah di sejumlah daerah. Kemudahan dalam menjangkau toko ini memang jadi hal yang menarik. Kemudahan dalam menjangkau toko offline memang jadi sesuatu yang dibutuhkan konsumen.

3. Bisa Dapat Bonus Aksesoris

Pengguna juga bisa dapatkan bonus aksesoris kalau melakukan pembelian terhadap produk iPhone dengan garansi distributor. Memang sudah jadi rahasia umum kalau toko dengan garansi distributor lebih royal dalam berikan bonus aksesoris.

Kekurangan Membeli iPhone Garansi Distributor

Ketahuilah juga kekurangan dari membeli iPhone garansi distributor. Memang ada kekurangan juga dalam membeli iPhone garansi distributor. Semua kekurangan tersebut perlu diperhatikan juga dengan baik. Berikut ini beberapa kekurangan dari membeli iPhone garansi distributor.

1. Klaim Garansi Kerusakan Kurang Cepat

Kekurangan dari beli iPhone garansi distributor adalah klaim dan penanganan garansi kerusakan yang cenderung lamban. Proses klaim garansi yang kurang cepat ini memang jadi masalah yang sering terjadi. Padahal, proses klaim garansi itu harusnya cepat dan tak ribet.

2. Durasi Garansi yang Lebih Pendek

Durasi garansi yang lebih pendek juga jadi salah satu kekurangan dari garansi distributor. Pengguna tidak bisa dapatkan garansi bertahaun – tahun layaknya garansi resmi Apple. Durasi waktunya biasanya tak lebih dari 12 bula atau cuma setahun.

3. Potensi Dapatkan Barang Palsu

Potensi mendapatkan barang palsu juga jadi kerugian dari membeli iPhone garansi distributor. Barang palsu memang jadi hal yang sering dikhawatirkan dari pembelian iPhone garansi distributor. Jika tak berhati – hati dalam memilih, pengguna bisa saja dapatkan produk iPhone palsu.

FAQ | iPhone Garansi Distributor

Apakah harga iPhone garansi distributor lebih murah?

Harga iPhone garansi distributor memang lebih murah daripada iPhone garansi resmi Apple.

Amankah membeli iPhone garansi distributor?

Aman. Asal memilih toko yang tepat, pembelian iPhone garansi distributor pasti akan aman.

Di mana bisa beli iPhone garansi distributor?

Di berbagai toko online maupun offline yang ada di Indonesia.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.