Advertisement

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel tidaklah sulit dipelajari. Bagi yang sedang mempelajari lebih lanjut tentang Microsoft Office, dua software ini perlu dikuasai. Keduanya memiliki fungsinya tersendiri, dengan ciri khas masing-masing.

Mengetahui perbedaan dua software tersebut juga penting agar kamu bisa tepat dalam menggunakannya. Hasil pekerjaan akan lebih berkualitas jika dikerjakan di software yang tepat. Lebih lengkap tentang perbedaan keduanya, akan diulas berikut ini.

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Cara paling mudah mengenali perbedaan Microsoft Word dan Excel adalah dengan melihat dari beberapa faktor. Mulai dari tampilan, fungsi, sampai tools yang ada di dalamnya. Faktor-faktor tersebut akan diulas selengkapnya di poin-poin berikut.

1. Tampilan Ikon

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel paling pertama dan mudah dikenali adalah dari ikonnya. Microsoft Word hadir dengan ikon bertuliskan huruf W, dengan tema warna biru.

Berbeda dengan Excel, lambangnya bertuliskan huruf X yang merupakan inisial dari nama Excel. Sementara untuk warna dari tema aplikasi ini adalah hijau.

Baik di versi Windows lawas hingga terbaru, antara Excel dan Word tidak banyak berubah tampilan ikonnya. Masih sama dengan style tersebut, hanya saja warna temanya lebih gelap.

2. Fungsi Utama

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Perbedaan fungsi Microsoft Word dan Micorosft Excel juga bisa kamu kenali. Kedua aplikasi ini didesain dengan fungsi berbeda-beda. Microsoft Word merupakan aplikasi atau software komputer yang berguna untuk mengolah teks.

Sebagai pengolah teks, tentu ada banyak fitur yang mendukung. Seperti misalnya proofing, pengubah style huruf, pindah bahasa, heading, dan masih banyak lagi.

Sedangkan Microsoft Excel merupakan aplikasi atau software yang secara basic sebagai tools pengolah grafik dan angka. Kamu akan dibekali dengan aneka fitur pendukung seperti rumus, tabel, dan berbagai hal lainnya.

Baca juga: Tutor Membuat Hari dan Tanggal Otomatis di Excel

3. Extensi File

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Apa perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel lainnya? Kamu bisa lihat dari fitur saat penyimpanan dokumen. Biasanya saat menyimpan dokumen Microsoft Office, ada extensi file yang ada di belakang nama dokumen.

Extensi ini berguna untuk mengidentifikasi aplikasi apa yang dipakai dalam membuat dokumen tersebut. Untuk extensi Microsoft Word adalah “doc” bisa kamu lihat di belakang nama file.

Untuk Microsoft Excel juga demikian, ada extensi file saat kamu menyimpan dokumen kerja. Untuk extensi aplikasi satu ini, dapat kenali dengan nama “xls”. Sebenarnya extensi file yang berbeda ini juga bisa kamu lihat di berbagai software Office lainnya.

4. Ruang yang Tersedia

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Lanjut ke perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel lainnya, yakni di fitur ruang yang tersedia. Maksudnya, kedua aplikasi ini menghadirkan fungsi tersendiri dengan ciri khas ruang yang disediakannya.

Microsoft Word bekerja dengan ruang khusus untuk pengolahan teks. Secara otomatis akan muncul tampilan yang memang memungkinkanmu untuk mengolah teks. Misalnya memudahkan dalam pengetikan, aneka jenis custom huruf dan ukuran font, dan masih banyak lagi.

Ruang yang tersedia untuk Microsoft Excel berbeda lagi, dimana dikhususkan sebagai pengolahan angka. Aneka perhitungan dari yang paling basic sampai rumit bisa dilakukan di satu aplikasi.

Kamu juga bisa mengolah grafik untuk laporan keuangan. Bahkan, ada rumus pembuatan grafik berdasarkan tabel yang memudahkan pengguna. Pastikan jika ingin mengolah data, kamu memakai Microsoft Excel.

5. Tampilan Lembar Kerja

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel lainnya bisa kamu lihat dari tampilan lembar kerjanya. Lembar kerja merupakan sebuah bagian utama, tempat kamu mengolah angka atau huruf.

Sebagai aplikasi pengolah kata, tampilan lembar kerja di Word berbentuk blank. Hanya ada ruang kosong putih, tempatmu mengetik kata-kata. Ada juga beberapa fitur lain seperti pembuatan jenis dokumen tertentu.

Misalnya membuat cover, pamphlet, hingga menama-i amplop. Semua sudah dilengkapi dengan template khusus untuk berbagai keperluan. Ada juga fitur simbol tertentu yang akan memudahkanmu mengetikkan aneka karakter symbol di luar abjad.

Sedangkan tampilan lembar kerja Microsoft Excel berbentuk tabel pengolahan angka. Kamu bisa mulai mengetik angka, kemudian memasukkan formula perhitungan. Memakai Microsoft Excel membuatmu lebih mudah melakukan aneka perhitungan.

Banyak rumus yang bisa kamu pakai, seperti penjumlahan, rata-rata, pembagian, perkalian, hingga aneka rumus kompleks. Misalnya VLOOKUP, HLOOKUP, IF, persen, dan berbagai rumus kompleks lainnya.

Hal ini tentu akan sulit kamu jumpai di Microsoft Word. Setiap aplikasi memang didesain dengan tugasnya tersendiri, sehingga penggunaannya harus tepat. Tentu saja mengenali perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel tidaklah rumit.

Baca juga: Macam-Macam Rumus Microsoft Excel dan Fungsinya

6. Tabel

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Microsoft Word sebenarnya memiliki fitur tabel yang bisa dimasukkan ke lembar kerja. Hal ini juga bisa kamu dapatkan saat menggunakan Microsoft Excel. Walau demikian, ada perbedaan tabel Microsoft Word dan Microsoft Excel yang harus kamu ketahui.

Tabel di Microsoft Word bisa kamu peroleh dengan klik menu Insert, kemudian tekan opsi Table. Sedangkan di Microsoft Excel, tabel yang diperoleh langsung tersedia di lembar kerja utama.

Selain itu, perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel dari segi tabel juga bisa dilihat dari rumus. Untuk Word, tidak bisa melakukan perhitungan di tabelnya memakai rumus. Sedangkan hal ini dapat kamu lakukan saat memakai Microsoft Excel.

7. Penamaan File Baru

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Setiap lembar kerja dari Microsoft Word dan Excel memiliki penamaan tersendiri. Lembar kerja merupakan halaman utama dari aplikasi ini. Mengenal perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel juga bisa melalui faktor ini.

Untuk lembar kerja di Microsoft Excel, penamaannya adalah Sheet. Setiap Sheet terdiri atas tabel yang siap sedia untuk mengolah data angka. Sheet baru bisa kamu dapatkan dengan klik pilihan Sheet yang ada di pojok kiri bawah Excel.

Advertisement

Untuk satu buah dokumen Excel, kamu bisa menambahkan banyak sheet di dalamnya. Berbeda lagi dengan Microsoft Word. Penamaan lembar kerjanya adalah Book, akan tetapi satu dokumen hanya satu lembar kerja.

Jika ingin menambah Book baru, berarti cukup tekan CTRL+N, maka akan muncul lembar kerja baru. Bisa juga dengan klik File, kemudian tekan pilihan New untuk membuka lembar kerja baru di Word.

8. Fitur Unggulan

Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel

Selain melihat perbedaan Microsoft Word dan Microsft Excel yang dijelaskan di atas, ketahui juga melalui poin lainnya. Microsoft Word dan Excel bisa dilihat bedanya dari aneka fitur unggulannya.

Secara fungsi, keduanya memang berguna untuk melakukan pekerjaan yang berbeda-beda. Word sebagai aplikasi khusus teks, hadir dengan fitur unggulan untuk memudahkan pekerjaan. Fitur unggulan di Microsoft Word yang mudah dikenali adalah:

  • Auto formatting
  • Autopage Index
  • Booklet Layout
  • Format dukungan terhadap XML serta ODF
  • HTML Editor
  • Mailmerge
  • Autocorrect
  • Macro, dan masih banyak lagi

Microsoft Excel sendiri merupakan program berupa pengolah angka dan grafik, yang memiliki fitur kalkulasi lengkap. Keunggulan interface semakin nyaman dari waktu ke waktu.

Ada juga beberapa fitur yang kian dikembangkan di aplikasi Excel ini yakn Visual Basic for Application. Fitur ini berguna untuk menambah kemampuan aplikasi dalam menjalankan tiap fungsi program.

Baca juga: Langkah-Langkah Membuat Halaman Pada Excel

Bisa disimpulkan bahwa perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel tergolong mudah untuk dikenali. Word seperti halnya namanya bertugas sebagai pengolah kata-kata. Sedangkan Excel, lebih fokus pada pengolahan data, angka, sampai grafik.

Advertisement

Tinggalkan komentar