Perbedaan Save Dan Save As yg Jarang Orang Tahu

By Kimbrain ID

Advertisement

Perbedaan Save dan Save As bagi sebagian orang kadang membingungkan. Karena fungsi dasarnya yang memang sama, yaitu menyimpan dokumen. Namun apakah benar-benar sama? atau ada perbedaannya?

ka dilihat dari fungsi dasarnya memang tidak ada perbedaan antara Save dan Save As, yaitu sama-sama menyimpan data. Apalagi jika Save dan Save diterapkan saat menyimpan dokumen untuk pertama kalinya.

Misalnya begini, Anda baru saja membuka Microsoft Word kemudian mengetik satu paragraf lalu menyimpannya. Nah, karena ini adalah proses penyimpanan dokumen yang pertama kali, maka fungsi Save dan Save As akan menjadi sama, yaitu menyimpan dokumen dengan memberi nama dokumen, misalnya disimpan dengan nama dokumen atau nama file “DATA 1” (tanpa tanda petik).

Advertisement

Setelah menyimpan dengan nama dokumen atau nama file “DATA 1” Anda tetap melanjutkan mengetik pada dokumen tersebut sehingga dokumen tersebut menjadi ada tiga paragraf dan Anda ingin menyimpannya. Disinilah akan terasa perbedaan penyimpanan menggunakan Save atau Save As.

Save digunakan untuk menyimpan data dengan nama file yang sama (jika dokumen sudah ada nama filenya). Sedangkan Save As digunakan untuk menyimpan data dengan nama file yang harus berbeda dengan nama file sebelumnya. Jika nama file sebelumnya “DATA 1” maka Save As harus menggunakan nama file yang berbeda, misalnya “DATA 2”. Dan nama file “DATA 1” masih tetap ada berikut isi dokumennya akan tetap ada.

Meskipun sekilas tampak sama, Save maupun Save As mempunyai fungsi yang berbeda. Namun jika digunakan untuk menyimpan data untuk yang pertama kalinya, Save maupun Save As akan mempunyai fungsi yang sama.

Demikian persamaan dan perbedaan Save dan Save As. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Advertisement

Tinggalkan komentar

Logo microsoftonline id

Microsoftonline.id adalah Tempat Belajar Microsoft Online Terbaik Indonesia.

Resources

Beranda

Tentang

Kontak

Kontak

Admin@Microsoftonline.id

0896-0896-0097

0821-333-666-46