Rumus DATEDIF Excel, Cara Menghitung Selisih Tanggal di Excel

Beranda » Rumus DATEDIF Excel, Cara Menghitung Selisih Tanggal di Excel
Advertisement

Pemahaman tentang rumus DATEDIF excel, cara menghitung selisih tanggal di excel itu harus dipahami dengan tepat. Dengan mengetahui rumus DATEDIF Excel secara tepat, perhitungan selirih tanggal dapat dilakukan secara lebih cepat dan mudah.

Rumus ini memang bisa dimanfaatkan dengan mudah. Dengan pemakaian rumus DATEDIF Excel secara tepat, perhitungan selisih tanggal dapat dilihat secara lebih cepat dan mudah. Berikut ini pengertian tentang DATEDIF dan cara menggunakannya untuk hitung selirih tanggal di excel.

Memahami Fungsi Rumus DATEDIF Excel

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalah fungsi dari rumus DATEDIF excel. Fungsi dari rumus ini memang harus diperhatikan secara baik dan seksama. Apa saja sebenarnya fungsi dari rumus DATEDIF Excel? Berikut ini adalah penjalasan dan ulasannya.

1. Menghitung Jumlah Hari di Antara Dua Tanggal

Fungsi paling utama dari rumus DATEDIF excel adalah menghitung jumlah hari di antara dua tanggal. Ketika ada tanggal yang muncul pada cell, kita bisa melakukan pehitungan untuk mencari selisihnya. Perhitungan selisih tanggal akan lebih cepat kalau pakai DATEDIF.

2. Menghitung Jumlah Bulan di Antara Dua Tanggal

Rumus DATEDIF ini juga bisa dipakai untuk menghitung jumlah bulan di antara dua tanggal. Ini juga termasuk fungsi yang paling utama dari rumus DATEDIF. Selisih bulan bakal bisa dihitung dengan cepat kalau gunakan rumus DATEDIF.

3. Menghitung Jumlah Tahun di Antara Dua Tanggal

Perhitungan jumlah tahun di antara dua tanggal juga bisa dilakukan dengan rumus DATEIF. Ini juga fungsi utama yang sangat bermanfaat. Dengan fungsi seperti ini, pengguna tak akan temui banyak masalah ketika akan menghitung jumlah selisih tahun pada data yang muncul di excel.

4. Menghitung Usia

RUmus DATEDIF ini juga bisa digunakan untuk melakukan perhitungan usia. Perhitungan usia yang ada di dalam data excel akan lebih mudah dihitung menggunakan rumus DATEDIF ini. Karenanya, cobalah lakukan perhitungan usia secara otomatis pakai rumus atau fungsi DATEDIF.

Panduan Hitung Selisih Tanggal di Excel dengan Rumus DATEDIF

Penghitungan terhadap selisih tanggal di excel memang dapat dilakukan dengan rumus DATEDIF. Dengan perhitungan yang sangat tepat, semuanya akan berjalan dengan lebih lancar. Ini dia panduan dalam menghitung selisih tanggal pakai rumus DATEDIF.

1. Sintaksis Fungsi

Rumus DATEDIF bisa diterapkan dengan sangat mudah. Terdapat formula sederhana dalam sintaksis fungsinya. Fungsi rumus DATEDIF adalah DATEDIF(TglAwal;TglAkhir;KodeSatuan). Rumus atau formula ini harus dipahami secara tepat.

  • TglAwal adalah tanggal yang lebih muncul dahulu
  • TglAkhir adalah tanggal akhir yang nantinya dihitung
  • KodeSatuan adalah isian kode informasi yang ingin didapatkan

2. Memahami Kode Satuan DATEDIF

Kode satuan DATEDIF harus diperhatikan juga variasinya. Kode satuan pada DATEDIF ini dilambangkan dalam bentuk huruf. Tiap huruf ini mempunya definisinya masing – masing sehingga harus dipahami dengan baik.

Advertisement
  • Kode Y : Menghasilkan jumlah total tahun yang sudah berlalu antara dua tanggal
  • Kode M : Menghasilkan jumlah total bulan yang sudah berlalu antara dua tanggal
  • Kode D : Menghasilkan jumlah total hari di antara dua tanggal yang dihitung
  • Kode MD : Menghasilkan selisih hari tanggal saja, bulan & tahun diabaikan
  • Kode YM : Menghasilkan selisih bulan saja, hari & tahun diabaikan
  • Kode YD : Menghasilkan selisih hari saja, tahun & tanggal diabaikan

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Rumus DATEDIF

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan rumus DATEDIF excel. Kalau memperhatikan sejumlah hal tersebut, pembuatan rumus DATEDIF akan berlangsung dengan lancar. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan rumus DATEDIF.

1. Sel Data 2 Tanggal

Rumus DATEDIF ini bisa berhasil kalau ada 2 tanggal yang diperbandingkan. Karenanya, pastikan ada 2 tanggal yang telah siap untuk dipertandingkan. Ini jadi hal yang wajib diperhatikan pertama kali oleh para pengguna di luar sana.

2. Bisa Pakai Kapital atau Tidak

Penulisan rumus DATEDIF ini bisa menggunakan huruf kapital atau huruf kecil biasa. Jadi,jangan terpaku dengan skema huruf kapital yang ada. Sebab, rumus atau fungsi ini juga bisa berjalan dengan menuliskan datedif pakai huruf kecil.

3. Perhatikan Input Kode

Perhatikanlah bagaimana input kode dalam penggunaan rumus DATEDIF ini. Input kode yang benar itu memang sangat penting. Kalau proses input kode di sel excel salah, fungsi atau rumus DATEDIF tersebut tidak akan bisa berjalan dan akan terjadi error.

4. Perhatikan Urutan Tanggal

Dalam perhitungan rumus ini, urutan hari, bulan dan tahun itu amat berpengaruh. Sehingga, sesuaikanlah urutan hari, bulan dan tanggal secara tepat. Rumus DATEDIF ini tidak akan bisa berjalan dengan sempurna ketika urutan tanggalnya keliru.

5. Tidak Disarankan Pakai Kode Satuan MD

Dalam perhitungan rumus DATEDIF ini, tidak disarankan untuk memakai kode satuan MD. Sebab, kode tersebut menurut pihak Microsoft mungkin akan hasilkan nilai negatif, nilai nol atau hasil perhitungan yang tak akurat. Jadi, sebaiknya tidak gunakan satuan kode tersebut.

FAQ | Cara Menghitung Selisih Tanggal di Excel

Kenapa formula atau rumus DATEDIF Excel sering gagal?

Kegagalan disebabkan oleh sejumlah faktor. Salah satunya adalah kesalahan dalam menulis kode.

Apa fungsi utama dari rumus DATEDIF Excel?

Fungsi utamanya adalah menghitung selisih hari, bulan atau tahun dari 2 tanggal yang berbeda.

Pentingkah mempelajari rumus DATEDIF Excel?

Rumus DATEDIF berguna dalam banyak hal sehingga penting untuk dipelajari.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.