Rumus Excel Penjumlahan ke Bawah

Beranda » Rumus Excel Penjumlahan ke Bawah

Rumus excel penjumlahan ke bawah itu memang harus dipahami dengan baik. Bagi yang tiap hari bersinggungan terus dengan excel, segala macam rumus dasar dan sederhana memang perlu diketahui. Termasuk rumus excel untuk penjumlahan ke bawah.

Dengan formula atau rumus yang tepat, penjumlahan pakai excel akan bisa berlangsung dengan sangat mudah. Lalu, seperti apa sebenarnya rumus excel penjumlahan ke bawah yang baik dan benar? Berikut ini adalah penjelasan mudahnya.

Memahami Rumus Excel Penjumlahan ke Bawah

Rumus penjumlahan ke bawah pada excel itu bisa dilakukan dengan mudah. Melalui proses penjumlahan yang tepat dan sesuai, rumus bisa dihasilkan dengan tepat. Seperti apa sebenarnya cara membuat rumus excel penjumlahan ke bawah? Ini dia tata caranya.

1. Buka Lembar Kerja Excel

Langkah pertama adalah membuka lembar kerja excel yang baru. Ini merupakan tahapan awal kalau mau menerapkan rumus penjumlahan ke bawah dengan excel. Bisa membuka lembar kerja kosong atau yang sudah ada isinya.

2. Siapkan Angka yang Akan Dihitung

Berikutnya adalah memilih dan mempersiapkan angka yang akan dihitung. Kalau lembar kerjanya masing kosong, maka urutkan sesuai garis vertikal. Kalau data angka dituliskan secara vertikal, penggunaan rumus penjumlahan ke bawah bisa dijalankan langsung.

3. Blok Semua Angka yang Berurutan ke Bawah

Ketika data angka sudah siap, maka tinggal menyeleksi atau blok semua data angkanya. Langsung blok semua data angka yang berada dalam kolom excel. Pastikan semua datanya telah terseleksi dengan baik pada lembar kerja.

4. Klik AutoSum

Terakhir adalah klik menu formula pada bagian atas toolbar excel. Kemudian klik opsi autosum yang muncul pada menu toolbar tersebut. Setelah dilakukan klik, maka akan muncul hasil penjumlahan berdasarkan kolom vertical yang tadi sudah dipilih.

Memahami Rumus Penjumlahan Excel Lainnya

Ada rumus penjumlahan excel lainnya yang juga harus dipahami secara tepat. Segala macam rumus penjumlahan excel lainnya tersebut memang harus dicermati dengan tepat. Berikut ini beberapa rumus penjumlahan excel lainnya yang harus diketahui dengan baik.

1. Rumus Penjumlahan Satu Baris

Rumus autosum pada excel juga bisa digunakan untuk penjumlahan satu bari. Penjumlahan satu baris tersebut memang dapat diandalkan jika data yang dihitung bentuknya horizontal. Berikut ini rumus penjumlahan satu baris yang bisa diterapkan.

  • Buka lembar kerja
  • Tuliskan data angka berurutan horizontal
  • Blok semua data angka horizontal
  • Tambahkan satu kolom untuk menempatkan hasil
  • Klik menu formulas
  • Klik Autosum
  • Hasil penjumlahan akan keluar

2. Rumus Penjumlahan Angka Beda Kolom

Lalu bagaimana cara penjumlahan angka di excel yang berbeda kolom? Ada pula rumus yang bisa dipakai untuk menjumlahkan angka yang berbeda kolomnya atau menyebar. Ini dia tata penjumlahan angka berbeda kolom pada excel.

  • Buka lembar kerja excel
  • Pilih kolom untuk menempatkan hasil penjumlahan
  • Klik menu formulas di excel
  • Pilih autosum
  • Klik semua data angka yang berbeda kolom
  • Enter untuk melihat hasil penjumlahannya

3. Rumus Penjumlahan dengan Kriteria

Ada pula rumus penjumlahan dengan kriteria. Ini adalah rumus yang sering dibuat juga ketika akan menghitung dengan kriteria tertentu. Berikut ini contoh dari rumus penjumlahan dengan kriteria yang mudah untuk dilakukan.

  • Buka lembar kerja excel
  • Tuliskan data yang dibutuhkan
  • Pada kolom formula ketik =SUM(IF(A1:A10>5, A1:A10,0))
  • A1 hingga A10 bisa diisi dengan nama kolom masing – masing.

Fungsi Rumus Penjumlahan ke Bawah di Excel

Harus selalu dipahami juga seperti apa cara membuat rumus excel penjumlahan ke bawah. Fungsi penjumlahan ke bawah ini memang penting untuk diperhatikan juga segala macam cara dan fungsinya. Berikut ini beberapa fungsi dari rumus penjumlahan ke bawah di excel.

1. Menjumlahkan Profit

Fungsi rumus penjumlahan ke bawah ini biasanya untuk menjumlahlahkan profit dalam sebuah perusahaan. Cara ini memang sangat bisa diandalkan untuk memperoleh angka keuntungan atau profit. Sehingga, banyak yang memanfaatkan rumus penjumlahan ke bawah di excel.

2. Mengetahui Jumlah Produk Keseluruhan

Menghitung semua jumlah produk yang ada pada data tertentu juga merupakan fungsi utamanya. Dengan rumus penjumlahan tersebut, berapa banyak produk yang tersedia bisa dihitung secara langsung. Sehingga, pastikan lakukan perhitungan dengan rumus penjumlahan ke bawah saja.

3. Menentukan Jumlah Kuantitas Data Tertentu

Dalam metodologi penelitan, rumus penjumlahan ke bawah itu juga bisa dipakai. Contohnya adalah menentukan total jumlah kuantitas data yang sudah dikumpulkan. Untuk mempersingkat waktu, tinggal pakai rumus penjumlahan saja dengan benar.

4. Mempercepat Proses Penjumlahan Angka yang Banyak

Fungsi atau kegunaan lainnya adalah memeprcepat proses penjumlahan angka yang sangat banyak. Proses penjumlahan angka dalam jumlah yang banyak memang penting. Kalau tak mau membuang banyak waktu, ada baiknya untuk gunakan rumus penjumlahan otomatis.

Tips Menggunakan Rumus Excel Penjumlahan ke Bawah

Ada beberapa tips terbaik juga dalam membuat rumus penjumlahan ke bawah excel. Segala macam tips yang ada ini memang harus benar – benar diperhatikan secara baik. Berikut ini tips dalam membuat rumus excel penjumlahan ke bawah dengan mudah.

1. Seleksi ke Semua Data

Tips pertama adalah melakukan seleksi ke semua data yang akan dijumlahkan. Jangan sampai lupa untuk melakukan seleksi atau blok pada semua data yang muncul. Ini adalah tips penting dalam proses menjumlahkan ke bawah di excel yang bermanfaat.

2. Klik Satu Kolom di Bawah Data Terakhir

Pengguna sebenarnya tak perlu menyeleksi semua data angka ke bawah untuk menjumlahkan. Tinggal letakkan kursor di kolom kosong di bawah angka terakhir yang dijumlahkan. Nantinya rumus autosum bisa langsung diaktifkan pada kolom kosong tersebut. Hasilnya nanti akan muncul.

3. Bedakan Informasi Data dan Hasil

Membedakan informasi data dan hasil adalah tips berikutnya yang bisa diterapkan. Cobalah untuk membedakan antara data dan hasil pada lembar kerja excel. Membedakannya bisa memakai warna tertentu. Hal tersebut merupakan tips yang akan bikin lembar kerja excel jadi makin menarik.

4. Buat Tabel untuk Mempermudah Penjumlahan Data

Buatlah tabel untuk mempermudah proses penjumlahan data. Ini adalah tips andalan juga yang bisa memberikan pembeda kepada penjumlahan data. Karenanya, tak ada salahnya untuk bikin tabel agar lembar kerja excel juga terlihat lebih menarik dan mudah dimengerti.

FAQ | Rumus Excel Penjumlahan ke Bawah

Pentingkah mempelajari rumus excel penjumlahan ke bawah?

Penting karena ini adalah rumus dasar dalam program Microsoft Excel.

Apa fungsi utama dari rumus penjumlahan ke bawah dari excel?

Fungsi utamanya adalah untuk mengetahui jumlah total dari nilai atau data tertentu.

Kapan harus pakai rumus penjumlahan ke bawah di excel?

Ketika akan menghitung jumlah keuntungan hingga menghitung kuantitas total dari data.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.