10+ Rumus Excel untuk Admin dan Contohnya

Beranda » 10+ Rumus Excel untuk Admin dan Contohnya
Advertisement

Tentang rumus Excel untuk admin dan contohnya ternyata sangat banyak, pun tentu saja masing-masing rumus dapat dipahami dengan baik.

Sebagai pengguna Excel dan kebetulan kamu sebagai admin, maka mengetahui rumusnya merupakan suatu kewajiban. Tujuannya agar pengolahan data, baik angka atau teks bisa jadi lebih simple. Pun pekerjaan bisa lebih gampang cepat selesai, nah apa saja rumusnya?

Mcam-Macam Rumus Excel untuk Admin dan Contohnya

Ya, Excel kerap kali menjadi aplikasi penting bagi pekerja yang berposisi pada bagian admin. Ada beberapa rumus dan fungsi yang memang wajib dikuasai dengan baik, tujuannya tentu saja agar pengerjaan data bisa lebih cepat.

Tidak hanya cepat, namun juga pengolahan data dapat dilakukan secara otomatis. Tidak memakan waktu, dan tentu saja kamu pun pada akhirnya bisa cepat istirahat. Lalu pulang. Nah, apa saja rumus Excel untuk admin dan contohnya tersebut?

1. SUM

Merupakan rumus atau fungsi Excel yang sangan familiar, sering digunakan. Gunanya tentu untuk menjumlahkan angka pada cell-cell tertentu yang dipilih oleh pengguna.

Contohnya saja adalah jika kamu ingin menjumlahkan angka pada cell A3 hingga ke cell A10, maka rumus yang harus digunakan adalah:

=SUM(A3:A10)

2. MAX dan MIN

Rumus MAX dan MIN, merupakan rumus fungsi Excel yang digunakan untuk dapat mencari angka tertinggi. Atau juga data terendah. Hal tersebut bisa digunakan di dalam deretan cell berisi angka.

Misalnya saja jika kamu ingin mencari nilai tertinggi serta terendah dari hasil penjualan pada bulan Februari 2023 hingga bulan Februari 2024.

Masukkan hasil penjualan data tersebut pada 1 cell deret ke bawah, atau bisa juga ke samping. Misal dari cell A3 hingga cell A14, dengan contoh tersebut maka kamu bisa menggunakan rumus:

Jika terbesar: =MAX(A3:A14)

Terkecil =MIN(A2:A14)

3. AVERAGE

Selanjutnya rumus Excel untuk admin dan contohnya ini adalah AVERAGE. Sebuah rumus yang berfungsi untuk dapat menghitung rata-rata angka dibeberapa jumlah cell tertentu.

Misalnya saja kamu sedang mencari rata-rata nilai mata kuliah yang ada pada cell A3 hingga A21. Kamu bisa menggunakan rumus:

=AVERAGE(A3-A21)

4. COUNT

Berikutnya ada rumus COUNT, fungsi dari rumus tersebut untuk dapat menghitung jumlah cell yang berisi angka atau nomor.

Misalnya saja adalah dengan sel A2 hingga cell M2 terdapat data angka, serta data huruf. Untuk dapat menghitung jumlah cell yang berisi angka, maka kamu bisa menggunakan rumus di bawah ini.

=COUNT(A2:M2)

5. COUNTA

Rumusnya hampir sama dengan COUNT, namun rumus COUNTA ini dapat digunakan tidak hanya sekadar untuk menghitung jumlah cell yang berisi angka saja. Namun juga dengan cell apapun.

Sehingga kamu dapat menghitung jumlah cell yang tidak kosong. Bagaimana contohnya?

Kamu misalnya memiliki data angka, serta data abjad pada cell A2 hingga cell P2. Diantara cell tersebut ada beberapa cell kosong, dan untung menghitung jumlah cell berisi data. Kamu dapat menggunakan rumus di bawah ini.

=COUNTA(A2:P2)

6. OR

Penting untuk diketahui dan dipahami, bahwa fungsi OR ini bisa digunakan untuk menentukan salah atau benarnya data dalam sebuah cell. Penggunaan rumus OR juga bisa memenuhi salah satu kriteria rumus logika.

Sebagai contoh, kamu memiliki data angka. Kemudian ingin mencari tahu, “apakah nilai A3 kurang dari 50 atau lebih dari 80?” Bila memenuhi salah satunya, maka akan muncul hasil rumus menjadi TRUE. Bagaimana penggunaan rumusnya?

=OR(A3,50;A3.80)

7. AND

Selanjutnya kamu dapat mengenali rumus Excel untuk admin dan contohnya di fungsi AND. Fungsi ini dapat digunakan untuk menentukan TRUE atau Benar dan FALSE atau salah disebuah data yang ada pada cell menggunakan rumus logika.

Misalnya saja dengan kamu ingin mencari tahu tentang “apakah nilai A2 lebih dari 85 dan kurang dari 90?”

Advertisement

Maka dengan keterangan tersebut, bisa menggunakan rumus AND. Jika data pada cellnya memenuhi kriteria tersebut, maka sistem Excel akan memunculkan hasil dengan keterangan TRUE. Bagaimana rumusnya?

=AND(A2>85;A2,90)

8. IF

Rumus IF adalah rumus dari Ms. Excel yang sering digunakan untuk merepresentasikan sebuah logika tertentu. Mengenai rumus ini, memang terbilang cukup kompleks untuk digunakan. Biasanya rumus ini digunakan untuk menganalisis data Benar atau Salah. Kemudian Lulus atau tidak Lulus.

Contohnya adalah jika kamu ingin mendapatkan data mahasiswa, atau siswa yang lulus atau harus mengulang. Jika data di cell A2 lebih dari 65 lulus dan jika kurang dari 65 harus mengulang.  Dan hal tersebut akan mendapatkan hasil sesuai dengan nilai rata-rata yang ditetapkan.

Kamu dapat menggunakan rumus di bawah ini:

=IF(A2>65;”LULUS”,”MENGULANG”)

9. TRIM

Rumus TRIM ternyata berguna untuk bisa menghapus spasi berlebih dalam sebuah kalimat di dalam cell. Rumus ini pun hanya bisa diaplikasikan di satu cell saja, misalnya di cell A4. Contoh rumus yang bisa digunakan:

=TRIM(A4)

10. VLOOKUP

Lalu rumus Excel untuk admin dan contohnya pada kesempatan kali ini, adalah rumus VLOOKUP. Memang terbilang cukup ribet, namun jika paham untuk mengaplikasikannya jelas terbilang sangat sederhana.

Rumus Excel VLOOKUP dapat digunakan untuk mencari data secara vertikal, atau data tegak. Bisa dicari dengan menggunakan rumus:

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Keterangan dari rumus tersebut adalah:

  • Lookup_value merupakan isi cell atau nilai yang diketik
  • Table_array merupakan sel atau table yang digunakan untuk rujukan pencariannya
  • Col_index_num merupakan kolom yang ditunjukkan untuk mengambil sebuah nilai
  • Range_lookup bisa saja dikosongkan, bisa juga diisi dengan keterangan TRUE. Bisa juga diisi FALSE untuk table yang tidak harus berurutan, dalam arti lain dapat diartikan sama persis.

11. HLOOKUP

Hampir sama persis dengan rumus VLOOKUP, rumus ini digunakan sama-sama untuk mencari data. Namun bedanya rumus ini diaplikasikan untuk data dalam bentuk horizontal atau mendatar. Bagaimana rumusnya?

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

12. NOT

Berikutnya ada rumus NOT, menjadi kebalikan dari rumus sebelumnya. Yakni rumus AND dan OR. Sebab rumus ini akan memunculkan jawaban TRUE pada data yang tidak masuk dalam sebuah kriteria.

Misalnya saja kamu ingin mencari tahu “apakah nilai A2 tidak lebih dari 100?” Jika ternyata angkanya kurang dari 100, maka akan muncul keterangan dengan hasil TRUE. Bagaimana rumusnya?

=NOTA(A2>100)

13. CHOOSE

Rumus satu ini dapat digunakan untuk memilih serta menampilkan suatu nilai disatu list data. Kemudian rumus ini juga dapat digunakan untuk memilih 1 nilai sampai 254 sesuai dengan nomor indeksnya

Misalnya saja dengan nilai 1 hingga 7, merupakan nama hari dalam satu minggu. Rumus ini akan menempatkan nama salah satu hari, jika menggunakan nomor indeks 1-7. Bagaimana rumusnya?

=CHOOSE(index_num,value1,[value 2]),…..)

FAQ │Pertanyaan Tentang Rumus Excel untuk Admin dan Contohnya

Apakah Rumus Excel untuk Admin di Atas Bisa Digunakan di Aplikasi Lama?

Bisa, karena semua rumusnya merupakan rumus dasar dan rumus biasa.

Bagaimana Jika Saat Memasukkan Rumus dan Hasilnya Error?

Berarti ada komponen rumus yang tidak tepat, atau salah ketik.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.