17 Rumus Excel yang Sering Digunakan

Tentang rumus Excel yang sering digunakan ternyata sangat banyak, bisa lebih dari 10 jenis. Dan hal ini menjadi tanda.

Tanda bahwa pengguna Microsoft Excel di Indonesia sangat banyak, terutama sering digunakan oleh para pekerja yang selalu melakukan pengolahan data. Baik itu data berupa kata, atau juga lebih seringnya pengolahan data angka. Untuk tahu rumus yang sering digunakan apa saja, yuk simak.

Rumus Excel yang Sering Digunakan SUM

SUM adalah rumus yang biasa digunakan untuk melakukan penjumlahan data, dengan bentuk angka secara cepat. Kamu bisa menghitung jumlah data yang diinginkan sesuai data, menggunakan rumus satu ini.

Contohnya jika kamu ingin menjumlahkan data angka pada cell A3 hingga cell A11. Maka rumus yang dapat digunakan adalah =SUM(A3:A11).

Rumus Excel yang Sering Digunakan AVERAGE

Ya, AVERAGE. Merupakan rumus yang berguna untuk dapat mencari nilai rata-rata angka dibeberapa jumlah cell. Bagaimana contohnya?

Jika kamu ingin mencari rata-rata angka dibeberapa jumlah cell tertentu. Sebagai contohnya jika kamu ingin mencari nilai rata-rata dari sebuah data pada cell A3 hingga A21.

Untuk mencari rata-rata dari cell tersebut, maka kamu dapat menggunakan rumus =AVERAGE(A3:A21).

Rumus Excel yang Sering Digunakan IF

Bila ingin melakukan perbandingan logis, kemudian ingin menguji sebuah parameter tertentu dan mengembalikan hasil. Maka rumus IF di Excel ini bisa digunakan. Nanti hasil yang keluar akan berupa keterangan TRUE atau FALSE.

Jika perbandingan yang dilakukan benar, maka sistem Excel akan menyatakan TRUE. Sedangkan jika perbandingannya salah, maka hasilnya akan menyatakan FALSE. Bagaimana rumusnya ditulis?

=IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])

Rumus Excel yang Sering Digunakan COUNT

Selanjutnya ada COUNT, sebagai rumus yang memang sering digunakan di dalam dunia kerja. COUNT dapat digunakan untuk menghitung jumlah cell yang berisi angka atau nomor.

Misalnya saja data di A3 hingga cell M3, terdapat data angka serta data abjad. Kemudian untuk data menghitung jumlah cell yang berisi angka, kamu bisa menggunakan rumus:

=COUNT(A3:M3)

Rumus Excel yang Sering Digunakan COUNTA

Hampir sama dengan rumus sebelumnya, namun rumus COUNTA ini tidak hanya sekadar dapat digunakan untuk menghitung jumlah cell berisi angka. Namun juga dapat menghitung cell apa saja, termasuk cell kosong.

Misalnya kamu memiliki data angka juga kata pada cell A2 hingga cell P2. Diantara cell tersebut ada beberapa cell kosong, atau tanpa data. Untuk menghitung jumlah cell berisi data, maka rumusnya adalah:

=COUNTA(A2:P2)

Rumus Excel yang Sering Digunakan COUNTIF

Nah, rumus selanjutnya ternyata menjadi rumus atau fungsi yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah cell yang memiliki kriteria sama untuk kebutuhan sortir data-data.

Misalnya saja kamus sedang melangsungkan survei, kemudian ingin tahu kecenderungan orang membaca berita. Baik itu dari koran atau online. Dari adanya 100 responden, berapa orang yang lebih senang membaca di koran.

Jika data respondennya ada pada cell B3 hingga B102, maka rumusnya akan menjadi:

=COUNTIF(B3;B102;”KORAN”)

Rumus Excel yang Sering Digunakan MAX dan MIN

Jika ingin mencari angka tertinggi pun terendah dalam sebuah deretan cell yang berisi angka. Maka kamu dapat menggunakan rumus yang sering dipakai MAX atau MIN.

Misalnya saja, jika kamu ingin mencari nilai tertinggi dan terendah dari satu cell deret ke bagian bawah atau bahkan samping. Data ke bawah tersebut misalnya pada cell A3 hingga A14, bagaimana rumusnya?

Terkecil =MIN(A3:A14)

Terbesar =MAX(A3:A14)

Rumus Excel yang Sering Digunakan CHOOSE

Adalah rumus Excel yang dapat digunakan untuk bisa menampilkan suatu nilai, disuatu list nilai. Rumus satu ini pun akan menempatkan nama salah satu hari, jika indeks yang digunakan antara 1 hingga 7. Bagaimana penggunaan rumusnya?

=CHOOSE(index_num,value1,[value2],….) dan seterusnya sesuai kebutuhan data.

Rumus Excel yang Sering Digunakan PROPER

Penting untuk dipahami, bahwa rumus PROPER ini berfungsi untuk dapat mengubah huruf pertama di dalam sebuah teks. Menjadi kapital. Misalnya kamu menulis data “warga negara indonesia” pada cell A3. Bagaimana rumusnya?

=PROPER(A3)

Dengan rumus tersebut, maka secara otomatis data pada cell tersebut akan menjadi Warga Negara Indonesia.

Rumus Excel yang Sering Digunakan UPPER

Jika tadi mengubah karakter atau kata menjadi kapital hanya di huruf awalnya saja, namun sekarang UPPER untuk mengubah semua data dalam cell menjadi kapital semua. Misalnya data yang akan diubah tersebut ada pada cell B8. Maka rumusnya:

=UPPER(B8)

Rumus Excel yang Sering Digunakan LOWER

Kebalikan dari dua rumus sebelumnya, bahwa rumusnya digunakan untuk mengecilkan karakter huruf dalam sebuah cell. Misalnya data tersebut juga masih di dalam cell B8, maka rumusnya:

=LOWER(B8)

Rumus Excel yang Sering Digunakan CEILING

Cukup asing, namun ternyata rumus ini juga sering digunakan. Digunakan untuk membulatkan angka pada kelipatan sepuluh ke angka lebih tinggi yang terdekat.

Misalnya saja kamu mencantumkan data di B3 sebesar Rp. 37.399. Jika menggunakan rumus CEILING, maka hasil pembulatan ke angka terdepan menjadi Rp. 37.400. Dan hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan rumus:

=CEILING(B3:10)                                                                   

Rumus Excel yang Sering Digunakan PRODUCT

Selanjutnya ada rumus yang berguna untuk melakukan perkalian dalam data disebuah range tertentu. Rumus satu ini bisa diketik seperti:

=PRODUCT(numb1_numb2)

Jika kamu memiliki data pada kolom B4 dan B10, maka rumus yang bisa digunakan akan menjadi:

=PRODUCT(B4,B10)

Rumus Excel yang Sering Digunakan POWER

Nah, POWER ini digunakan untuk dapat menghasilkan bilangan pangkat. Misalnya saja kamu sedang mencari tahu 7 pangkat 13. Letakkan angka 7, misalnya pada kolom A4 dan angka 13 pada kolom B3. Maka rumus yang bisa ditulis adalah:

=POWER(A4,B3)

Rumus Excel yang Sering Digunakan AND

Selanjutnya ada AND, dapat digunakan untuk menentukan benar (TRUE) atau bahkan salah (FALSE) disetiap data yang ada dalam cell menggunakan sistem rumus logika.

Sebagai contohnya saja, kamu ingin mencari tahu, apakah nilai di cell A3 lebih dari 65 dan kurang dari 100. Bagaimana rumusnya?

Jika ternyata pada cell A3 tersebut memenuhi kriteria, maka akan muncul hasil dengan keterangan TRUE. Pun sebaliknya, jika tidak memenuhi kriteria akan menjadi FALSE. 

=AND(A3>65;A3<100)

Rumus Excel yang Sering Digunakan CONCATENATE

Berikutnya ada rumus CONCATENATE, rumus ini digunakan untuk menggabungkan data. Misalnya saja kamu ingin menggabungkan data pada cell C2 dan C4. Maka rumusnya akan menjadi:

=CONCANTENATE(C2;C4)

Rumus Excel yang Sering Digunakan LEN

Berbeda dengan rumus sebelumnya, bahwa rumus satu ini digunakan untuk dapat menghitung jumlah karakter dalam teks dalam sebuah cell. Misalnya saja data yang akan dihitung karakternya ada pada cell A5. Maka rumusnya menjadi:

=LEN(A5)

 FAQ │Pertanyaan Tentang Rumus Excel yang Sering Digunakan

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Rumus-rumus Excel di Atas?

Bagi siapa saja yang membutuhkannya untuk pengolahan data, namun biasanya bisa digunakan bagi pekerja yang ada pada posisi admin. Baik itu posisi admin sekolahan, atau bahkan suatu perusahaan.

Apakah Semua Rumus di Atas Ada Disemua Versi Excel?

Ada, dan tentu bisa digunakan

Tinggalkan komentar