rumus mencari rata rata dalam excel

Excel adalah salah satu program pengolah data yang paling populer di dunia. Dalam Excel, terdapat banyak rumus yang bisa digunakan untuk mengolah data, salah satunya adalah rumus mencari rata-rata. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mencari rata-rata dalam Excel.

Apa itu Rata-Rata?

Rata-rata adalah nilai dari sejumlah data yang dihitung dengan menjumlahkan semua data dan kemudian dibagi dengan jumlah data tersebut. Rata-rata seringkali digunakan untuk menggambarkan nilai tengah dari sejumlah data.

Average IconSource: bing.com

Cara Mencari Rata-Rata Sederhana

Untuk mencari rata-rata sederhana dalam Excel, kita bisa menggunakan rumus AVERAGE. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu:

  1. Pilih sel tempat hasil rata-rata akan ditampilkan.
  2. Ketikkan rumus “=AVERAGE(“.
  3. Pilih sel yang ingin dihitung rata-ratanya.
  4. Tekan tombol Enter pada keyboard.

Contohnya, jika kita ingin mencari rata-rata dari data yang terdapat pada sel A1 sampai A5, maka rumusnya akan menjadi:

=AVERAGE(A1:A5)

Excel Average FunctionSource: bing.com

Cara Mencari Rata-Rata Berbobot

Selain rata-rata sederhana, terdapat juga rata-rata berbobot. Rata-rata berbobot digunakan jika setiap data memiliki bobot yang berbeda-beda. Cara mencari rata-rata berbobot dalam Excel adalah dengan menggunakan rumus SUMPRODUCT. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih sel tempat hasil rata-rata akan ditampilkan.
  2. Ketikkan rumus “=SUMPRODUCT(“.
  3. Pilih sel yang berisi data yang akan dihitung rata-ratanya.
  4. Ketikkan tanda “*” (bintang).
  5. Pilih sel yang berisi bobot dari data tersebut.
  6. Tekan tombol Enter pada keyboard.

Contohnya, jika kita memiliki data seperti berikut:

Data Bobot
10 2
20 4
30 6

Maka rumus untuk mencari rata-rata berbobotnya akan menjadi:

=SUMPRODUCT(A2:A4,B2:B4)/SUM(B2:B4)

Sumproduct ExcelSource: bing.com

Cara Mencari Rata-Rata Tertimbang

Selain rata-rata berbobot, terdapat juga rata-rata tertimbang. Rata-rata tertimbang digunakan jika setiap data memiliki bobot yang sama, namun jumlah data yang dihitung tidak sama. Cara mencari rata-rata tertimbang dalam Excel adalah dengan menggunakan rumus SUMPRODUCT dan SUM. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih sel tempat hasil rata-rata akan ditampilkan.
  2. Ketikkan rumus “=SUMPRODUCT(“.
  3. Pilih sel yang berisi data yang akan dihitung rata-ratanya.
  4. Ketikkan tanda “*” (bintang).
  5. Pilih sel yang berisi bobot dari data tersebut.
  6. Tekan tombol Enter pada keyboard.
  7. Bagi hasil dari rumus tersebut dengan jumlah data yang dihitung.

Contohnya, jika kita memiliki data seperti berikut:

Data Bobot
10 1
20 2

Maka rumus untuk mencari rata-rata tertimbangnya akan menjadi:

=SUMPRODUCT(A2:A3,B2:B3)/SUM(B2:B3)

Sumproduct ExcelSource: bing.com

Kesimpulan

Dalam Excel, terdapat banyak rumus yang bisa digunakan untuk mengolah data, salah satunya adalah rumus mencari rata-rata. Ada tiga jenis rata-rata yang bisa dihitung, yaitu rata-rata sederhana, rata-rata berbobot, dan rata-rata tertimbang. Cara mencari ketiga jenis rata-rata tersebut sudah dijelaskan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Related video of Rumus Mencari Rata-Rata Dalam Excel

M Arthur
M Arthur

Pembelajar dan penyuka dunia teknologi. Suka sekali berbagi pengetahuan lewat tulisan. Terimakasih sudah membaca salah satu tulisan saya.