Rumus Pembagian Excel Otomatis dan Manual

Beranda » Rumus Pembagian Excel Otomatis dan Manual
Advertisement

Mengenai bagaimana rumus pembagian Excel otomatis ternyata sangat banyak, ada beberapa pilihan yang bisa digunakan.

Namun penting untuk diketahui dan dipahami, bahwa rumus pembagian yang akan dibahas dan jelaskan pada kesempatan kali ini. Tidak hanya sekadar pembagian secara otomatis saja, namun akan dibahas secara lengkap tentang pembagian di Excel secara manualnya.

Rumus Pembagian Excel Otomatis dengan Nilai Absolute

Nilai Absolute atau konstanta, merupakan nilai yang tidak akan berubah atau tetap. Terdapat simbol tambahan penting jika akan menggunakan rumus ini. Yakni dengan menggunakan simbol $.

Simbol atau karakter tersebut, menunjukkan bahwa angka dalam suatu kolom memiliki sifat yang tetap. Misalnya saja jika memiliki data angka pada kolom A2 sampai A11 yang masing-masing datanya akan dikalikan dengan nilai pada kolom A12.

Dari contoh tersebut, maka dapat diartikan. Angka pada kolom A12 adalah bilang absolute. Sehingga rumus yang dapat ditulis pada kolom hasil. Adalah A2/$A12.

Rumus Pembagian Excel Otomatis dengan Paste Special

Penggunaan aplikasi pengolahan data Excel ini, ternyata dapat melakukan pembagian data. Walaupun tanpa harus menggunakan rumus apapun.

Caranya dengan menggunakan fitur, atau tool Paste Special. Namun penting untuk diingat, bahwa cara pembagian Excel satu ini bisa mengubah data asli. Dengan arti lain, pengguna tidak bisa menampilkan hasil pembagian ke Cell lain.

Namun bisa mengganti data yang ada, dengan hasil pembagian. Misalnya saja kamu memilki data di Range A, kemudian data tersebut akan dibagi dengan Range C.

Untuk dapat menghitungnya tanpa menggunakan rumus, pembagian pada Excel bisa menggunakan Paste Special. Dapat dilakukan dengan beberapa poin di bawah ini:

  1. Pertama, blok atau pilih data pembagi. Yakni pada range C, kemudian lakukan Copy
  2. Selanjutnya tekan tombol keyboard CTRL + C secara bersamaan
  3. Berikutnya pilih atau blok bagian range A
  4. Lalu klik kanan pada mouse, dengan memilih tools Paste Special
  5. Terakhir, di Windows Paste Special. Pilih opsi All dan Divice. Dari perintah tersebut maka kamu bisa memilih menu OK untuk mengakhirinya.

Rumus Pembagian Excel Otomatis dengan Fungsi QUOTIENT dan MOD

Fungsi QUOTIENT akan dapat menghasilkan bilangan bulat, sebagai hasil pembagian. Sedangkan fungsi MOD bisa digunakan untuk mengetahui sisa hasil pembagian fungsi QUOTIENT.

Contohnya saja dengan ketika data dengan angka 79 dibangi 9 menggunakan fungsi QUOTIENT. Maka sistem Excel akan memproses data tersebut dengan hasil angka bulat. Yakni 8.

Berikutnya, penggunaan Fungsi MOD. Tujuannya untuk mengetahui sisa pembagian QUOTIENT tersebut. Bagaimana cara menggunakannya?

  1. Pertama, sebagai contoh kamu bisa langsung ketik fungsi QUOTIENT pada cell E2. Dengan contoh: =QUOTIENT(
  2. Berikutnya klik cell pada data yang akan dibagi, lalu ketik karakter pemisah rumus. Menggunakan koma (,) atau menggunakan karakter titik koma (;)
  3. Berikutnya klik angka pembagi
  4. Terakhir, kamu dapat mengetik tanda tutup kurung dan tekan enter untuk tahu hasil dai pembagian tersebut.

Dari perintah tersebut, kamu dapat menghitung sisa pembagian dengan fungsi MOD. Caranya jelas sama seperti langkah-langkah dan prosedur di atas.

Namun ganti fungsi QUOTIENT menjadi MOD. Sehingga fungsi MOD akan menjadi =MOD(A2,B2).

Rumus Pembagian Excel Beda Sheet

Seperti yang telah disebutkan ta di, bahwa pada pembahasan sekarang tidak hanya sekadar rumus secara otomatis saja. Namun juga kamu dapat memahami dan mempelajari bagaimana rumus pembagian yang digunakan secara manual.

Advertisement

Pada kesempatan kali ini, kamu dapat mengolah data secara cepat. Walaupun data yang ada pada lembar kerja, menempati sheet berbeda. Contohnya adalah data yang kamu oleh ada di kolom A sheet 1. Sedangkan nilai pembaginya ada di kolom B dan berada di sheet 2.

Agar kamu dapat menyelesaikan data tersebut, berikut beberapa cara untuk menggunakan rumusnya. Walaupun sheet berbeda.

  1. Pertama, ketik tanda sama dengan (=) pada cell atau kotak yang ingin diketahui hasilnya
  2. Berikutnya klik nilai yang akan dibagi, yakni pada kolom A di sheet 1
  3. Selanjutnya langsung ketik karakter garis miring (/)
  4. Lalu klik nilai pembagi yang tadi ada pada sheet 2. Dengan keterangan tersebut, maka rumus manualnya menjadi =A2/Sheet2!A2
  5. Tekan langsung tombol enter untuk mengetahui berapa hasil pembagian antar cell tersebut.

Rumus Pembagian Excel yang Sederhana

Jika tadi kamu mempelajari beberapa jenis rumus otomatis untuk pembagian yang mungkin agak sedikit rumit. Maka mari sekarang kita pelajari tentang rumus pembagian sederhana, jadi kamu dapat memahami rumusnya lebih cepat.

Ya, walaupun memang Excel sendiri memiliki formula atau rumus pembagian yang khusus. Namun kamu sebagai pengguna juga bisa menggunakan simbol garis miring saja, atau (/) untuk penghitungan pembagian.

Rumus ini jelas mudah diingat, sebab sangat sederhana. Hanya terdapat dua komponen yang harus ada dalam rumus pembagiannya. Yakni simbol garis miring (/) serta ada karakter sama dengan (=).

Penting untuk dipahami, bahwa simbol atau karakter sama dengan ini harus dituliskan sebelum bilangan angka yang akan dibagi pada cell disimpan. Tujuannya agar sistem Excel bisa mengidentifikasi, atau membaca. Bahwa pengguna sedang menuliskan sebuah rumus, atau fungsi tertentu.

Agar lebih jelas lagi. Misalnya ketika kamu akan membagi angka 30 dengan data angka 5. Maka rumus yang bisa dituliskan pada cell. Adalah =30/5. Jika menggunakan angka tersebut, maka sistem Excel akan menampilkan hasil pembagian 6.

Rumus Pembagian Excel Ketika Antar Cell

Nah, rumus pembagian berikutnya yang harus dipahami, adalah ketika pembagian datanya antar cell. Lalu rumus ini pun bisa dikatakan sebagai rumus sederhana.

Misalnya saja kamu ingin membagi data dengan data di dalam kolom Cell A2 serta B2. Dengan data tersebut, maka rumus yang ditulis dalam kolom hasil pembagian. Menjadi =A2/B2.

Bila kamu ingin mengaplikasikan rumus pembagian pada kolom cell di bawahnya. Maka bisa menggunakan fitur AutoFill. Atau menggunakan sistem drag ke bagian bawah. Dengan hal tersebut, maka kamu pun tidak harus menuliskan kembali rumusnya.

Setelah kamu memahami uraian dan pembahasan di atas, maka penting untuk diketahui. Bahwa rumus pembagian Excel merupakan salah satu rumus dasar, juga rumus sederhana. Yang bisa dikuasai pun dipahami secara sederhana juga.

Excel sendiri menjadi salah satu aplikasi dari Microsoft yang banyak digunakan oleh masyarakat, lebih seringnya digunakan oleh pekerja kantoran. Sebab software ini menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pekerja untuk kegiatan pengolahan data.

Lebih seringnya digunakan untuk mengolah data numerik, atau data angka. Dan kemudahan olah data ini juga dapat membuat pengguna lebih cepat menyelesaikan pekerjaannya.

Jadi, dengan mempelajari rumus pembagian Excel di atas. Maka tidak harus repot menghitung manual, cukup aplikasikan salah satu rumus. Maka data yang ada akan terbagi secara otomatis, pun juga tepat.

FAQ │Pertanyaan Tentang Rumus Pembagian Excel Otomatis

Apakah Menggunakan Rumus Pembagian di Atas Ada Kemungkinan Error?

Bisa saja, salah satu alasannya ada fungsi atau data yang tidak lengkap diinput.

Apakah Semua Rumus Dan Fungsi Pembagian Di Atas Bisa Digunakan Disemua Versi Ms. Excel?

Ya, bisa.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.