Sebab dan Alasan Tidak Membeli HP Samsung

Beranda » Sebab dan Alasan Tidak Membeli HP Samsung
Advertisement

Sebab dan alasan tidak membeli HP Samsung oleh masyarakat di masa modern dan canggih ini, ternyata sangatlah banyak.

Apalagi persaingan brand dan merk smartphone Android semakin menarik, semakin masif. Di Indonesia sendiri perkembangan merk HP Android sangat tinggi, dan Samsung menjadi salah satu merk dengan penggemar banyak. Walaupun begitu, banyak juga orang yang tidak membelinya.

Alasan Tidak Membeli HP Samsung Karena Sulit Dimodifikasi

Walaupun ternyata Samsung memiliki pasar yang sangat luas, ternyata ada banyak orang yang ogah dan tidak ingin membeli merk HP ini. Salah satu alasannya karena sistem perangkat lunak, atau softwarenya sulit untuk dimodifikasi.

Penting untuk diketahui. Bahwa Samsung bukan menjadi perangkat yang cocok untuk pengguna yang senang melakukan modifikasi. Terutama modifikasi yang dilakukan terhadap sistem perangkat lunak.

Jadi, jika kamu termasuk pada pengguna yang senang mengutak-atik perangkat. Coba pikir ulang lagi. Poin ini penting. Karena memang modifikasi seperti rooting juga tidak disediakan.

Kemudian melakukan custom ROM, mengganti kernel. Hingga beberapa macam jenis modifikasi lainnya.

Bila kamu melakukan modifikasi seperti itu pada HP Samsung, maka risikonya akan sangat besar. Seperti dapat menghilangkan garansi. Namun juga bisa membuat perangkat tidak berfungsi dengan baik seperti semula.

Selain itu, beberapa fitur bawaan. Seperti Samsung Health hingga folder yang berkaitan dengan Knox. Tidak akan berfungsi seperti biasanya.

Alasan Tidak Membeli HP Samsung Karena Harga Mahal

Bola kamu termasuk dalam golongan yang ingin kinerja perangkat baik dari segi chipsetnya. Kemudian baterainya. Pengisian datanya, hingga aspek lainnya. Namun ingin dari segi harga sangat terjangkau.

Maka Samsung tidak menjadi perangkat yang direkomendasikan untuk dibeli. Karena memang dari harga pasaran Android pada umumnya. Samsung ini merupakan perangkat yang cukup tinggi.

Tidak sedikit orang yang mengeluh bahwa harga dari ponsel Samsung sangat tinggi. Dan memang nyatanya demikian. Namun, walaupun begitu kamu juga harus tahu bahwa harga mahal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor. Apa saja faktor tersebut?

1. Biaya Riset Tinggi

Ternyata biaya riset dan pengembangan yang dilakukan oleh Samsung, menelan biaya sangat besar. Terhitung antara tahun 2013 hingga tahun 2021, mencapai biaya hingga 22.6 Triliun Dollar AS.

Tentu saja beragam hal diteliti secara keseluruhan, serta dikembangkan dengan baik. Jadi memang tidak heran, jika harga dari perangkat Samsung ini relatif tinggi.

2. Biaya Pengembangan Software

Dari sisi software, terdapat fitur Samsung Dex. Fitur ini dapat mengubah ponsel menjadi desktop. Dan sekarang bisa digunakan secara nirkabel. Tidak perlu menggunakan kabel.  Hingga saat ini, tidak ada ponsel lain yang mampu sebanding dengan Samsung dalam hal tersebut.

3. Biaya Iklan Tinggi

Hal berikutnya yang menjadi faktor mengapa HP Samsung mahal, lalu berdampak pada kurangnya minat masyarakat dalam hal pembelian. Karena memang biaya iklan yang digunakan sangat tinggi.

Prestasi serta kualitas sebuah perangkat boleh baik dan bagus. Namun jika kampanye periklanannya tidak maksimal. Tentu saja akan merugikan penjualan.

Samsung dikenal sebagai salah satu brand yang menginvestasikan banyak biaya pada kampanye periklanan. Hal tersebut penting. Dan akhirnya terbukti efisien, mampu meningkatkan penjualan dibeberapa pasar dan kelompok tertentu.

Nah, itulah beberapa faktor dan alasan yang membuat harga dari HP Samsung tinggi. Sehinga berdampak pada beberapa orang, menjadikan alasan tidak melakukan pembelian terhadap perangkatnya.

Alasan Tidak Membeli HP Samsung Karena Bahan Material Perangkat

Lalu alasan berikutnya adalah karena bahan dan material dari bodi perangkatnya. Walaupun Samsung hidup di era Flagship, ternyata Samsung kelas menengah tidak sedikit yang menggunakan material tidak begitu baik. Bahkan tergolong murah.

Hal tersebut bisa dilihat dari sejak seri J dihilangkan. Sebelumnya perangkat HP Samsung menggunakan material logml dan kaca. Walaupun memang material fisiknya tidak seperti seri Flagship. Namun kini Samsung terpaksa melakukan hal tersebut untuk menyeimbangkan harga.

Advertisement

Hal tersebut pun dilakukan karena tidak sedikit ponsel dari China yang memiliki harga lebih miring. Dan menariknya, Samsung sudah dua kali mengadopsi bahan plastik pada seri Flagshipnya.

Walaupun demikian, untuk pegangannya tetap nyaman digunakan. Hal ini dilakukan agar pengguna tetap merasakan kenyamanan saat menggunakannya, walaupun menggunakan bahan plastik.

Alasan Tidak Membeli HP Samsung Karena Tidak Cocok untuk Games

Namun bukan berarti perangkatnya tidak nyaman untuk digunakan bermain games. Namun, jika dibandingkan dengan beberapa ponsel dari China. Ada beberapa hal penting untuk dipertimbangkan.

Misalnya saja dengan Samsung Galaxy Seri 134 Exynos 1080. Menjadi contoh perangkat HP Samsung yang bisa digunakan untuk bermain games dengan cukup nyaman. Dan perangkat tersebut pun berada dikisiran harga 4 jutaan.

Nah, untuk harga tersebut. Pada jenis HP China memang menawarkan performa yang lebih maksimal. Banyak penawaran perangkat yang cocok digunakan untuk bermain games. Walaupun begitu, bukan berarti HP Samsung tidak cocok untuk digunakan bermain games.

Namun jika dibandingkan dengan performa, Samsung memang tidak memiliki perangkat HP yang dirancang dan dikembangkan secara khusus bagi gamers.

Alasan Tidak Membeli HP Samsung Sulit Fitur Fast Charging

Kemudian salah satu kelemahan yang menjadi alasan masyarakat tidak memilih dan membeli Samsung, adalah terletak dari fitur fast chargingnya.

Terlepas dari daya tahan baterai, HP Samsung tidak menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna yang ingin proses pengisian daya cepat. Untuk saat ini, Samsung masih menawarkan fitur fast charging dengan daya 15 watt saja.

Sementara untuk merk lain, pada umumnya sudah menggunakan daya 30 watt sebagai standar penawarannya. Apalagi beberapa HP Samsung kini sudah tidak lagi menyediakan charger dalam dus pembeliannya.

Hal tersebut memberikan spekulasi baik juga spekulasi buruk. Namun, baiknya hal ini akan membantu memperpanjang umur baterai, sehingga pengisian yang tidak terlalu cepat akan buat baterai menjadi lebih lama usianya.

Alasan Tidak Membeli HP Samsung Karena Desain Monoton

Walaupun desain dari masing-masing tipe dan seriesnya berbeda-beda. Namun cenderung tetap monoton. Bila kamu mencari perangkat HP dengan desain unik, Samsung tidak menjadi pilihan tepat.

Misalnya, kamu membeli Samsung Galaxy S23. Dari segi desain belakang perangkat, mungkin akan sangat mirip dengan Samsung A54 atau Samsung A24. Padahal dari segi harga, jelas sangat jauh berbeda.

Namun kelebihannya tentu ponsel Samsung ini lebih gampang dikenali. Namun kurangnya variasi desain membuat orang-orang sedikit mundur untuk melakukan pembelian terhadap perangkatnya.  

Alasan Tidak Membeli HP Samsung Karena OS ONE UI Berat

Lalu alasan terakhir mengapa orang-orang tidak membeli perangkat HP Samsung, adalah karena OS ONE UI atau antarmuka perangkatnya berat. Fitur yang dihadirkan amat sangat banyak, sehingga memungkinkan HP bisa bekerja lebih berat.

Bahkan terkadang sistem penyimpanan di HP Samsung ini sangat tinggi, memakan banyak sistem penyimpanan. Padahal tidak jarang pengguna pun hanya memiliki dan memasang beberapa jenis aplikasi saja.

FAQ │Pertanyaan Tentang Alasan Tidak Membeli HP Samsung

Dari Beberapa Alasan di Atas, Apakah HP Samsung Tetap Layak untuk Dibeli?

Jelas layak, karena HP Samsung juga tetap memiliki pasar dan kelasnya sendiri.

Apakah Ada Kelebihan dari Samsung?

Banyak, salah satunya memiliki brand reputasi sangat baik.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.