Advertisement

Ada beberapa tipe atau jenis data pada Microsoft Excel. Setiap tipe data ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kamu yang baru pertama kali menggunakan program Excel pasti akrab dengan data ini.

Namun tidak menutup kemungkinan juga kamu belum tahu tipe-tipe data di Microsoft Excel. Biar makin tahu, silahkan baca artikel ini sampai selesai agar kamu makin tahu.

Tipe atau Jenis Data Pada Microsoft Excel

Jika menggunakan Microsoft Excel dalam peran profesional, maka Kamu bisa bertemu dan memproses berbagai jenis data untuk proyek yang berbeda.

Setiap jenis data pada Microsoft Excel mungkin memerlukan rumus dan perintah yang berbeda. Mempelajari tentang berbagai tipe data di Excel bisa membantu Kamu untuk memahami bagaimana dan kapan menggunakannya.

Microsoft Excel mempunyai beberapa jenis data, mulai dari angka, boolean, tanggal, formula, hingga teks. Agar bisa lebih paham, simak pembahasan terkait tipe atau jenis data pada Microsoft Excel berikut ini:

1. Angka (Numeric)

Picture1 5

Tipe atau jenis data pada Microsoft Excel yang pertama adalah angka atau numeric. Mereka harus dipakaikan simbol dan format yang sesuai untuk memastikan Excel bisa membaca data angka Kamu secara akurat.

Adapun empat jenis data angka, antara lain:

  • Bilangan Desimal

Jenis bilangan ini menggunakan angka dan koma. Cara memasukkan data bilangan desimal, Kamu hanya perlu mengetikannya secara biasa. Ingat, gunakan koma bukan titik agar bisa dikenal Excel.

  • Bilangan Bulat

Data berupa bilangan bulat juga seringkali disebut sebagai integer yang berisi bilangan bulat positif dan negatif. Cara untuk menginput mereka adalah hanya cukup mengetikan angka ke cell yang diinginkan.

Nantinya, secara otomatis angka akan rata ke kanan. Jenis bilangan ini bisa digunakan untuk perhitungan aritmatika.

  • Bilangan Pecahan

Lalu ada bilangan pecahan yang juga disebut sebagai fraction. Bilangan ini terdiri dari penyebut dan pembilang. Sementara untuk cara menginputnya, Kamu tidak bisa menggunakan garis miring karena itu akan terdeteksi sebagai tanggal.

Oleh karena itu, ketik angka 0 terlebih dahulu kemudian “spasi” dan masukkan bilangan pecahan seperti biasa. Setelah itu, klik enter dan bilangan pecahan pun sudah bisa masuk di cell.

  • Persen

Terakhir ada persen yang penginputannya hanya perlu menulisnya seperti biasa. Jadi, Kamu hanya perlu mengetik angka dan diikuti oleh simbol persen (%).

Baca juga: Cara Memberi Warna Pada Excel Secara Otomatis 

2. Boolean

Picture2 6

Tipe data dalam Microsoft Excel yang bernama boolean ini digunakan untuk nilai logika yang memiliki nilai FALSE (salah) dan TRUE (benar). Cara memasukkan tipe ini adalah dengan mengetik true lalu klik enter atau ketik false dan tekan enter.

Boolean ini menggunakan rumus IF guna menentukan suatu logika dari data yang diolah.

3. Formula

Picture3 6

 Ketika belajar menggunakan Microsoft Excel pasti Kamu juga diajarkan beberapa rumus atau formula untuk mengerjakan perhitungan suatu data.

Adanya tipe atau jenis data pada Microsoft Excel ini, pekerjaan akan lebih cepat dan efisien karena tidak perlu lagi menghitung dengan kalkulator.

Agar formula bisa bekerja, Kamu perlu menulisnya dengan diawali simbol sama dengan (=).

Adapun beberapa formula yang bisa Kamu gunakan, antara lain:

SUM, digunakan untuk menjumlah angka pada suatu cell.

COUNT, menghitung jumlah cell yang isinya adalah angka.

IF, guna memainkan suatu logika. Mereka biasanya dipakai untuk menganalisa data yang lulus atau tidak lulus dan benar atau salah.

TRIM, berguna untuk menghapus spasi berlebih pada suatu kalimat dalam cell.

MIN, berfungsi mencari angka terendah.

MAX, bekerja dengan mencari angka tertinggi.

AVERAGE, berarti rata-rata angka pada cell yang telah dipilih.

COUNTA, tidak hanya menghitung jumlah cell yang memiliki isi berupa angka, tetapi juga cel lain yang berisi selain angka.

OR, berfungsi dalam memeriksa kebenaran dan kesalahan suatu data dalam cell. Rumus ini bisa beroperasi hanya menggunakan salah satu kriteria rumus logika.

NOT, rumus ini bekerja dengan memunculkan jawaban true pada data yang tidak masuk ke dalam kriteria rumus logika.

VLOOKUP, dipakai untuk mencari data yang tegak atau vertikal.

HLOOKUP, digunakan untuk mencari data yang mendatar atau horizontal.

POWER, guna menghitung bilangan pangkat.

CHOOSE, untuk menampilkan dan memilih nilai pada pada suatu list.

PRODUCT, mengerjakan perkalian pada suatu data pada range.

4. Mata Uang (Currency)

Seringkali Microsoft Excel memang digunakan untuk menginput data berupa uang. Oleh karena itu, mereka juga menyediakan format guna menginput mata uang pada cell.

Indonesia menggunakan mata uang yang bernama Rupiah dan untuk menuliskannya, Kamu hanya perlu mengetik Rp pada bagian depan angka, misal Rp 50.000. Pastikan bahwa huruf R yang Kamu gunakan adalah kapital dan p kecil.

Picture4 7
Picture5 6

Selain manual, Microsoft Excel juga menyediakan input mata uang secara otomatis. Caranya letakkan kursor pada angka yang ingin kamu ubah. Klik kanan>format cells>currency>OK. Angka akan otomatis dilengkapi dengan Rp.

5. N/A

Data ini juga termasuk ke dalam tipe atau jenis data pada Microsoft Excel. Arti N/A sendiri adalah data blank atau kosong dan menunjukkan nilai NULL. Perlu diketahui bahwa NULL bukanlah nol.

Biasanya data NULL digunakan untuk kebutuhan fungsi logika dan cell yang tidak memiliki isi apapun pasti bernilai NULL atau N/A.

Salah satu jenis data yang ada di Microsoft Excel ini juga termasuk ke dalam kesalahan.

Jika sedang mereferensikan perpotongan antara rentang cell dalam suatu fungsi, maka Kamu mungkin akan melihat nilai kesalahan ini karena cell-cell tersebut sebenarnya tidak berpotongan.

Ini juga bisa muncul jika rentang cell untuk suatu fungsi tidak mempunyai koma pemisah.

Selain itu, adapun beberapa data kesalahan yang bisa Kamu temui paka Microsoft Excel, yaitu:

#NAME?, terdapat kesalahan ketik dalam rumus.

#DIV/0, muncul jika Kamu mencoba membagi angka dengan nol.

Advertisement

#REF, muncul jika Kamu menghapus atau menempelkan item dalam cell atau rentang sel tempat memasukkan rumus sebelumnya

#NUM, mungkin muncul jika Kamu memasukkan rumus atau fungsi yang tidak valid. #T/A, Kamu bisa memasukkan nilai kesalahan ini bila ingin menunjukkan area mana yang bisa dimasukkan nilai nanti.

#VALUE, menunjukkan kesalahan argumen atau operator dalam rumus tidak valid.

Baca juga: Cara Memberi Password Pada Excel dengan Mudah

6. Tanggal (Date)

Tipe atau jenis data pada Microsoft Excel selanjutnya adalah tanggal yang terdiri dari dua jenis, yaitu long date (hari, tanggal, bulan, tahun) dan short date (tanggal/bulan/tahun).

Cara untuk menginput tipe data pada Microsoft Excel ini adalah dengan format tanggal/bulan/tahun, misal 20/07/2001. Selain menggunakan garis miring, Kamu juga bisa menggantinya dengan garis penghubung (-).

Kemudian, untuk menulis waktu pada cell Excel Kamu hanya perlu menggunakan simbol titik sebagai pemisah antara menit dan jam. Format yang digunakan adalah jam.menit.detik, misal 13.00.00 atau jam satu siang.

7. Teks (Character)

Terakhir, ada tipe atau jenis data pada Microsoft Excel berupa teks atau character. Jenis ini terdiri dari kata-kata, kalimat

Setidaknya ada tujuh tipe atau jenis data pada Microsoft Excel yang bisa dikenali dan digunakan. Jadi, Kamu lebih sering menggunakan jenis yang mana nih?

Advertisement

Tinggalkan komentar