3 Cara Cek IMEI HP Vivo dan Statusnya [Mudah]

Banyak orang yang ingin tahu tentang bagaimana cara cek IMEI HP Vivo, hal ini dapat dicari karena memang nomor IMEI sangat penting.

Tidak hanya bagi pengguna Vivo saja, bagi para pengguna merk lain juga pasti demikian. Namun khusus pada kesempatan kali ini, kamu akan tahu tentang bagaimana pengecekan IMEI di HP Vivo.

Cara Cek IMEI HP Vivo Melalui Pengaturan

Metode atau panduan pertama yang dapat dilakukan, adalah dengan menggunakan menu Pengaturan atau menu Setting. Dan penting untuk diketahui bahwa metode satu ini tidak mengharuskan kamu untuk mengeluarkan pulsa serta tidak harus online.

  1. Pertama, pastikan HP dalam keadaan hidup dan bisa langsung kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setting
  2. Geser, scroll atau gulir kebagian bawah untuk menemukan sub menu Other Settings atau Pengaturan Lain
  3. Dari perintah tersebut tinggal cari menu Tentang Ponsel atau menu About Phone
  4. Dari sana, maka akan otomatis muncul nomor IMEI pada layar HP

Nomor IMEI pada HP Vivo dengan fitur penggunaan dual SIM, akan muncul dua deret kode IMEI. Yakni IMEI 1 dan juga akan ada IMEI 2. Sedangkan untuk Vivo dengan single SIM, maka nomor kode IMEInya juga pasti hanya akan ada satu saja.

Cara Cek IMEI HP Vivo Melalui Kemasan

Maksudnya adalah boks, atau kemasan dari HP yang kini kamu akan cek IMEInya. Coba cek keseluruhan permukaan kardus HP secara baik. Biasanya akan diletakkan disebelah kanan, kirim, atau bahkan depan dan belakang bagian boks.

IMEInya akan berupa kode, hingga menggunakan barcode secara lengkap. Dan HP dual SIM akan menampilkan dua jenis IMEI dan single SIM hanya akan ada satu kode saja. Atau satu barcode saja.

Jadi untuk dapat memudahkan pencarian terhadap kode IMEI, maka pastikan agar kardus atau kemasan dari HP Vivo tidak hilang. Serta tidak rusak ya.

Cara Cek IMEI HP Vivo dengan Kode Khusus

Nah, cara cek IMEI HP Vivo terakhir yang bisa coba kamu lakukan adalah dengan menggunakan kode dial atau kode rahasia secara khusus. Cara ini juga gratis, kamu tidak harus online serta tidak harus mempersiapkan kuota internet untuk melakukan pengecekannya. Bagaimana tahapannya?

  1. Pastikan HP dalam keadaan menyala, dan tinggal langsung buka menu Telepon
  2. Jika perintah tersebut telah dilakukan, langsung ketik kode *#06#
  3. Langsung lakukan panggilan atau Call pada menu yang sudah disediakan
  4. Tunggu beberapa saat, secara otomatis layar sistem HP akan memunculkan alamat IMEI yang terdaftar di HP kamu.

Seperti yang telah disebutkan tadi, jika HP yang dicek menggunakan fitur dual SIM. Maka kode IMEI yang akan ditampilkan juga akan dua, sedangkan jika single SIM maka kodenya juga hanya akan ada satu saja.

Nah, karena kamu sudah tahu bagaimana cara cek IMEI HP Vivo dengan gampang dan gratis. Maka sekarang sudah saatnya kamu fungsi dari IMEI itu apa, dan akan tahu tentang bagaimana cara pengecekan status IMEI HP Vivo.

Fungsi IMEI HP Vivo Bagi Pengguna

1. Untuk Mengecek Garansi

Fungsi IMEI pada HP Vivo ternyata dapat digunakan untuk mengecek bagaimana masa garansinya. Fungsi ini jelas sangat berguna saat seseorang membeli ponsel. Baik itu secara offline di toko, atau bahkan secara online.

Dengan nomor IMEI, maka seseorang dapat mengecek terlebih dahulu apakah HP Vivonya masih dalam kondisi baru. Atau bahkan sudah lama.

2. Melacak HP

Kemudian fungsi IMEI selanjutnya adalah untuk bisa melacak HP yang hilang. Namun hal ini tidak bisa dilakukan sendiri, pengguna Vivo harus meminta bantuan kepada pihak provider kartu SIM yang digunakan. Gunanya untuk memblokir nomor HP yang hilang menggunakan kode IMEI.

3. Sebagai Identitas Ponsel

Lalu fungsi terakhir dari IMEI adalah sebagai identitas dari ponselnya sendiri. Para pengguna HP Vivo bisa memanfaatkan kode IMEI untuk mencari penjelasan lengkap mengenai informasi HPnya secara detail.

Cara Cek Status IMEI HP Vivo dengan Gampang

Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa kamu sudah tahu bagaimana cara pengecekannya dan tahu dimana letak IMEInya. Maka salah satu tujuan dari mencari kode IMEI tersebut, untuk di cek bukan?

Apalagi sebelumnya juga kamu sudah tahu apa sebenarnya fungsi dari IMEInya, jadi jika IMEInya sudah ditemukan. Maka kamu sebagai pemilik HP Vivo tinggal melakukan pengecekan terhadap status IMEInya langsung. Bagaimana caranya?

1. Di Situs Kemenperin

Ya, jika sudah dapat nomor kode IMEInya maka pengecekan status dapat segera dilakukan. Dan kamu dapat melakukannya di situs Kemenperin secara langsung, untuk memastikannya terdaftar atau tidak.

  • Pertama, langsung masuk ke halaman website Kemenperin
  • Ketik atau copy dan paste nomor IMEI HP Vivo yang ada di HP kamu
  • Jika terdaftar, maka akan muncul informasi lengkap mengenai HP Vivonya
  • Sebaliknya, jika tidak terdaftar akan muncul pemberitahuan Nomor IMEI tidak terdaftar.

2. Di Situs IMEI.info

Cara kedua yang dapat dilakukan, adalah menggunakan website IMEI.info, bagaimana caranya?

  • Pertama, langsung masuk ke halaman website IMEI.info
  • Berikutnya langsung copy dan paste, atau ketik secara langsung nomor IMEI yang sudah didapatkan
  • Sistem akan meminta kamu melakukan validasi, nanti pun IMEI terdaftar akan ditampilkan dengan informasi lengkap
  • Jika tidak terdaftar, maka tampilan website pun akan menampilkan informasi Nomor IMEI tidak terdaftar.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Cek IMEI HP Vivo

Apakah Cara Cek IMEI Vivo di Atas Berlaku untuk Semua Tipe?

Ya, berlaku untuk semua tipe HP Vivo.

Bagaimana Jika Ternyata IMEI Tidak Terdaftar?

Sistem HP tidak akan bisa melakukan panggilan, terhubung dengan internet, bahkan layanan lainnya.

Tinggalkan komentar