Cara Menambahkan Acara ke Kalender di OPPO Reno 10 & 8

Beranda » Cara Menambahkan Acara ke Kalender di OPPO Reno 10 & 8
Advertisement

Tentang bagaimana cara menambahkan acara ke kalender di Oppo Reno ternyata terbilang sangat sederhana. Mudah dan cepat.

Apalagi aplikasi kalender yang terpasang di HP, biasanya sudah tertaut atau terhubung dengan sistem Google. Jadi sinkronisasi menjadi lebih gampang, jadi lebih mudah dan tentu saja membantu segala aspek kegiatan para penggunanya. Termasuk kamu sendiri.

Cara Menambahkan Acara ke Kalender di Oppo Reno Series 10

Untuk HP Oppo Reno Series 10, ternyata banyak jenisnya dan sudah dipastikan sudah dipasangkan aplikasi Kalender secara default. Nah, panduan di bawah ini pun berlaku untuk segala jenis Oppo Reno 10.

Mulai dari Oppo Reno 10 5G, Reno 10 Pro 5G, hingga Reno 10 Pro Plus 5G. HPnya sudah canggih, dan tentu saja kamu juga wajib memanfaatkan fitur canggih lainnya. Seperti menambahkan acara di kalender yang sudah terpasang. Bagaimana caranya?

1. Membuka Aplikasi Kalender

Hal pertama yang bisa coba kamu lakukan, adalah langsung membuka aplikasi kalendernya sendiri. Biasanya aplikasi kalender pun akan tersimpan di halaman utama beranda aplikasi, atau home screen.

2. Menentukan Tanggal

Jika aplikasi kalendernya sudah terbuka, maka kamu bisa langsung memilih tanggal atau waktu yang ingin ditambahkan acaranya.

Bisa dibulan ini, atau bahkan bulan berikutnya. Tinggal geser dan gulir saja sesuai dengan tanggal yang ingin ditambahkan acaranya.

3. Klik Opsi Ikon Plus

Jika tanggal sudah ditetapkan, maka layar aplikasi akan menampilkan ikon Plus atau tanda + untuk menambahkan Acara. Dengan ikon ini pun kamu akan diminta untuk mengisi formulir penambahan acara secara mudah.

4. Mengisi Detail Acara

Pada bagian ini kamu akan diminta untuk mengisi detail acara secara lengkap. Mulai dari Nama Acaranya apa, Jam Acaranya, Lokasinya dimana, hingga Pengingat Acara yang dapat ditentukan sendiri.

Selain itu, kamu juga dapat mengisi formulir tentang deskripsi acara. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mengingatkan acara apa yang sebenarnya akan dihadiri.

5. Menyimpan Acara

Bila semua formulir daftar acara yang sudah didaftarkan selesai, maka kamu pun dapat melakukan penyimpanan. Atau Save yang tombolnya berada dibagian pojok kanan atas aplikasi.

Nah, dari perintah dan cara-cara tersebut. Maka kamu akan menerima pemberitahuan untuk mengkonfirmasi bahwa acara sudah berhasil ditambahkan ke kalender. Kemudian kamu juga dapat mengakses acara tersebut kapan saja.

Untuk membukanya, hanya tinggal buka aplikasi kalender. Kemudian cari tanggal yang sudah ditetapkan, dan kamu pun akan melihat acara yang ditandai dengan judul serta waktu yang telah diatur sebelumnya.

Cara Menambahkan Acara ke Kalender di Oppo Reno 8

Selain Oppo Reno 10 yang pasti menjadi series paling anyar, paling kelas atas. Ternyata pengguna Oppo Reno 8 juga berhak menggunakan fitur canggih dari aplikasi kalender yang sudah disediakan.

Panduan atau metode kali ini pun berlaku untuk HP Oppo Reno 8 series 8 T 5G, Oppo Reno 8 4G, Oppo Reno 8 5G hingga Oppo Reno 8 Pro 5G dan Oppo Reno 8 Z 5G. Untuk tahu cara penambahan acara di kalendernya bagaimana, yuk simak pembahasan di bawah ini.

Advertisement
  1. Pertama, langsung nyalakan serta aktifkan Oppo Reno 8 dan buka aplikasi Kalender dari halaman utama beranda aplikasi
  2. Jika sudah perintah tersebut dilakukan, langsung klik opsi Bulan yang ada dibagian atas halaman aplikasi kalender
  3. Cara menambahkan acara ke kalender di Oppo Reno 8 selanjutnya adalah dengan langsung memilih Tanggal
  4. Jika tanggal sudah dipilih dan ditetapkan, maka langsung klik opsi Ikon Plus untuk langsung menambahkan event atau acara
  5. Klik Opsi Acara, maka kamu pun akan dihadapkan untuk mengisi beberapa form dan detail acara yang akan dihadiri, atau bahkan sudah dihadiri
  6. Kamu dapat menambahkan judul acaranya apa, dari jam berapa sampai jam berapa, di negara mana
  7. Kemudian dapat menambahkan orang-orang berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya
  8. Pengguna juga dapat menambahkan lokasi acara, waktu acara dimulainya kapan, hingga bisa menambahkan deskripsi acara secara detail
  9. Pastikan semua formulir dan detail acara dapat diisi dengan baik serta benar
  10. Jika semua detail acaranya sudah terisi secara benar dan tepat, maka bisa diselesaikan dengan klik Save atau Simpan dibagian pojok kanan atas halaman aplikasi.

Fitur Tambahan Pada Aplikasi Kalender di Oppo Reno

Untuk fitur yang akan dibahas pada kesempatan ini, berlaku dan tersedia untuk HP Oppo Reno 10 juga 8. Kamu dapat memanfaatkannya sesuai kebutuhan, pun tentu saja dapat meringankan kegiatan jadi lebih gampang.

1. Lakukan Sinkronisasi dengan Akun Lainnya

Pengguna HP Oppo Reno 10 dan 8 ini ditawarkan untuk dapat menyinkronkan kalender dengan akun email atau kalender lain. Dengan melakukan sinkronisasi, maka sebagai pengguna bisa mengakses serta mengelola acara dari banyak perangkat.

Namun tentu saja harus dipastikan, bahwa sebelumnya kamu sudah mengatur sinkronisasi di perangkat secara benar.

2. Pencarian Serta Filter

Fitur pencarian serta filter dapat memudahkan kamu untuk mencari acara tertentu secara mudah. Misalnya saja kamu dapat mencari acara berdasarkan kata kunci, mulai dari kategori, tanggal, atau bahkan kata kunci lainnya.

3. Berbagi Acara

Bila acara yang sudah kamu buat harus dibagi kepada orang lain, maka Oppo Reno memang memungkinkan kamu untuk melakukannya.

Sebagai pengguna, kamu bisa menggunakan opsi Share atau Berbagi yang sudah tersedia di aplikasi Kalender. Hal ini sangat berguna saat kamu ingin mengadakan suatu pertemuan secara berkelompok.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menambahkan Acara ke Kalender di Oppo Reno

Apakah Menambahkan Acara ke Kalender di Oppo Reno Berbayar?

Tidak, kamu bisa menggunakannya secara gratis.

Apakah Acara yang Sudah Ditambahkan Bisa Dihapus?

Tentu saja bisa.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.