Cara Mengatasi Whatsapp Error dengan Mudah

Beranda ยป Cara Mengatasi Whatsapp Error dengan Mudah
Advertisement

Pahamilah cara mengatasi Whatsapp error. Dengan cara yang tepat dan sesuai, proses untuk mengatasi Whatsapp yang error bisa dilakukan secara mudah. Banyak solusi dalam mengatasi masalah Whatsapp error. Sehingga, pengguna tak perlu bingung jika mengalami error.

Masalah WA yang error memang sangat sering terjadi. Karenanya, pengguna harus paham betul cara mengatasi masalah tersebut. Kalau paham cara mengatasinya, masalah WA error bisa diatasi dengan mudah. Berikut ini sejumlah cara mengatasi Whatsapp error dengan mudah.

Kenapa Whatsapp Bisa Error?

Sebelum mengetahui cara mengatasi WA error, ketahui dulu kenapa masalah error itu bisa terjadi. Tentunya ada sejumlah alasan kenapa WA bisa error. Memang banyak sekali penyebab dari masalah error tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Whatsapp bisa error.

1. Server Whatsapp Down

Salah satu masalah yang sering dialami para pengguna WA adalah server WA yang sedang down. Server yang down memang kerap berdampak pada aplikasi WA. Masalah server down ini di luar domain dari pengguna. Sehingga, pengguna harus menunggu server sehat dulu.

2. Aplikasi Whatsapp Belum Update

Penyebab WA error lainnya adalah aplikasi WA belum update. Aplikasi yang belum update memang sering jadi penyebab dari berbagai macam masalah. Sehingga, perlu adanya pemeriksaan apakah aplikasi WA yang digunakan tersebut sudah berada dalam versi terbaru atau tidak.

3. Aplikasi Kelebihan Cache

Aplikasi yang kelebihan cache juga jadi penyebab utama kenapa WA bisa error. Cache yang berlebih tersebut memang sering jadi penyebab dari beragam masalah di WA. Sehingga, selalu perhatikan jumlah cache yang ada di aplikasi WA kalau tak ingin bermasalah dengan yang namanya error.

4. Memori Internal Penuh

Memori internal smartphone yang penuh juga merupakan penyebab utama dari masalah Whatsapp yang error. Ketika memori internal sudah terlalu penuh, maka akan ada dampak yang didapatkan. Khususnya adalah masalah WA yang error terus dan tak dapat digunakan sama sekali.

5. Software Smartphone Rusak

Software smartphone yang rusak juga merupakan salah satu penyebab dari WA yang error. MAsalah sotware itu memang sering menghantui. Ketika software smartphone rusak, maka sejumlah aplikasi tak bisa digunakan, termasuk Whatsapp yang digunakan untuk percakapan tiap hari.

Cara Mengatasi Whatsapp Error dengan Mudah

Pahamilah cara mengatasi Whatsapp error. Ada sejumlah cara mengatasi WA yang harus diperhatikan dengan baik. Kenali selalu seperti apa cara atasi WA yang error. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi Whatsapp error dengan sangat mudah.

1. Lakukan Restart di Smartphone

Salah satu cara untuk mengatasi masalah Whatsapp yang error adalah melakukan restart pada smartphone. Mengatasi masalah dengan restart memang sangat disarankan. Jadi, usahakan untuk lakukan restart langsung ketika mengalami masalah pada aplikasi WA tersebut.

Melakukan restart pada smartphone biasanya dilakukan dengan memencet tombol power dan volume secara bersamaan. Namun kadang ada sejumlah cara berbeda karena tiap merk smartphone punya cara yang tak sama. Intinya lakukan restart dulu kalau mau terhindar dari error pada WA.

Advertisement

2. Update Whatsapp

Melakukan update pada aplikasi WA di smartphone juga perlu dilakukan untuk mengatasi masalah error. Masalah error tersebut pasti bisa diatasi kalau pengguna melakukan update versi terbaru dari Whatsapp. Pengguna juga selalu disarankan untuk update versi terbaru.

Kalau mau update, segera datangi Playstore atau App Store. Kemudian pilih update pada aplikasi Whatsapp tersebut. Tunggu sampai proses download selesai untuk selanjutnya pakai lagi Whatsapp seperti semula. Setelahnya, WA bisa dipakai lagi seperti semula.

3. Lakukan Penghapusan Cache

Melakukan penghapusan cache juga jadi cara mengatasi Whatsapp error dengan sangat mudah. Cache memang jadi salah satu sumber masalah pada banyak hal. Ketika melakukan penghapusan cache dengan tepat, maka masalah pada Whatsapp bisa teratasi langsung.

Proses penghapusan cache bisa dilakukan dengan akses menu pengaturan dulu. Setelah akses menu pengaturan, cari aplikasi Whatsapp. Kemudian lanjutkan dengan menghapus cache yang ada di aplikasi tersebut. Jika cache sudah dihapus, smartphone akan jadi lebih ringan.

4. Bersihkan Internal Memori

Membersihkan internal memori merupakan contoh lainnya dari cara mengatasi Whatsapp error dengan sangat mudah. Memori yang terlampau penuh memang jadi kerap jadi sumber masalah. Maka dari itu, kalau internal memori pada smartphone sudah penuh, lakukan pembersihan.

Pembersihan internal memori memang perlu dilakukan terus. Datangi pengaturan di smartphone dan akses menu memori. Pilih bersihkan memori dari file sampah yang tak berguna. Nantinya, ruang atau space memori internal bisa bertambah.

5. Install Ulang Whatsapp

Langkah lain yang juga bisa dilakukan adalah install ulang Whatsapp. Ini adalah cara mengatasi Whatsapp error dengan sangat mudah dan cepat. Karena itu, usahakan untuk langsung memakai opsi install ulang Whatsapp biar masalah pada WA bisa diatasi langsung.

Instalasi ulang aplikasi WA dapat dilakukan dengan hapus aplikasinya dulu. Datangi menu aplikasi di setting kemudian uninstall lebih dulu. Setelahnya, kembali ke Playstore untuk install kembali aplikasi Whatsapp. Nantinya, WA akan kembali bisa digunakan seperti semula.

FAQ | Cara Mengatasi Whatsapp Error

Apa penyebab utama Whatsapp bisa error?

Salah satu penyebab utamanya adalah Whatsapp belum diupdate ke versi terbaru.

Apa solusi terbaik dari Whatsapp yang error?

Bisa melakukan force stop atau install ulang aplikasi Whatsapp di smartphone.

Apa yang harus dilakukan jika Whatsapp error?

Periksa aplikasi di pengaturan dan lakukan force stop.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.