Advertisement

Jika tabel di Excel terpotong pada saat di print, kamu harus menyesuaikannya dengan lembar kertas yang digunakan. Cara mengecilkan tabel di Excel ini bisa dilakukan secara manual atau dibuat otomatis.

Kamu bisa setting melalui menu page layout, melalui format tabel atau pun mengecilkan tabelnya secara manual dengan menggeser garis kolom dan baris.

Saya akan coba jelaskan langkah-langkahnya di artikel ini. Silahkan kamu baca ini sampai selesai.

Cara Mengecilkan Kolom dan Baris Tabel di Excel

Mengecilkan kolom ataupun baris di Micorosft Excel bisa dilakukan secara bersamaan, baik manual ataupun dibuat otomatis.

Setidaknya, ada 4 cara yang bisa kamu gunakan. Di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Cara Mengecilkan Tabel di Excel Secara Manual

Mengecilkan tabel di Excel secara manual artinya kamu harus menarik satu persatu baris dan kolom yang akan kamu kecilkan. Seperti ini:

  • Silahkan buka data Excelnya
  • Kemudian buka file Excelnya
  • Arahkan kursor pada garis kolom sampai kursor berubah menjadi kurus hitam
  • Klik tahan dan geser ke samping kiri
  • Jika kamu tarik ke kanan maka kolomny akan lebih besar
  • Lalu kamu arahkan juga kursor pada garis baris tabel Excel yang akan kamu kecilkan
  • Klik tahan dan geser ke atas untuk mengecilkan baris tabel
  • Kemudian klik file> Save as
cara mengecilkan tabel di excel

Baca juga: Cara Mengecilkan Kolom di Word

2. Mengecilkan Tabel di Excel Melalui Menu Format

Kamu juga bisa mengecilkan tabel di Excel melalui menu format. Ini adalah salah satu cara paling mudah dan paling cepat. Karena kamu bisa mengecilkan baris dan kolom pada tabel secara bersamaan.

Adapun cara mengecilkan tabel di Excel melalu menu format secara bersamaan yaitu:

  • Buka file tabel excelnya
  • Kemudian blok tabelnya
  • Klik beranda atau Home> Sel> Format
  • Pilih dan klik tinggi baris untuk mengecilkan atau memperbesar ukuran baris tabel
  • Kemudian masukkan ukurannya
  • Klik OK
  • Atau kamu pilih dan klik lebar kolom untuk mengecilkan atau memperbesar ukuran kolom tabel
  • Kemudian masukkan ukurannya
  • Klik OK
Baca juga:  Salah Satu Cara Menyimpan Workbook Pada Excel Adalah:
cara mengecilkan tabel di excel

3. Cara Mengecilkan Tabel di Excel Secara Otomatis

Di Excel kamu juga bisa mengecilkan tabel secara otomatis. Cara ini gak jauh beda dengan cara poin 2 di atas. Kamu bisa mengecilkan tabelnya melalui menu format.

Berikut langkah-langkah mengecilkan tabel di Excel secara otomatis:

  • Buka fila tabel Excelnya
  • Kemudian blok tabelnya
  • Klik menu branda> Sel> Format
  • Pilih dan klik menu “otomatis paskan tinggi baris” untuk menyesuaikan baris, atau
  • Pilih dan klik menu “otomatis paskan lebar kolom” untuk menyesuaikan kolom tabel
  • Tabel akan menyeduaikan dengan lebar kolom dan tinggi baris sesuai dengan tinggi karakter yang ada di tabel
  • Selesai
cara mengecilkan tabel di excel

Baca juga: Cara Mengecilkan Tabel di Word Agar Rapi

4. Mengecilkan Tabel di Excel Melalui Format Margin

Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa lho mengecilkan tabel melalui menu margin. Namun ini bukan mengecilkan sih, lebih ke menyesuaikan kertas dengan tabel yang kamu buat agar tidak terpotong saat di print.

Advertisement
  • Buka file tabel Excelnya
  • Kemudian kamu klik file
  • Pilih dan kli print preview
  • Klik aktifkan margin
  • Silahkan kamu geserkan margin sesuaikan dengan ukuran tabel yang kamu buat
  • JIka sudah selesai, kamu tinggal klik print atau save as untuk menyimpan
cara mengecilkan tabel di excel

Baca juga: Cara Merapikan Tabel di Excel

Tujuan Mengecilkan Kolom dan Baris di Excel

Mengecilkan tabel ini bisa digunakan untuk menyesuaikan ukuran tabel yang dibuat dengan ukuran kertas yang dipilih.

Sehingga, ketika diprint tabel tidak akan terpotong. Data yang ada di tabl juga akan lebih rapi dan lebih enak dipandang.

Cara mengecilkan tabel di Excel penting banget dipahami. Tertutama kamu yang bekerja di kantoran yang selalu breususan dengan data-data. Kamu bisa merapikan data di tabel mudah dan cepat.

Advertisement

Tinggalkan komentar