7 Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power, Praktis!

Beranda » 7 Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power, Praktis!
Advertisement

Bagaimana cara menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power ternyata cukup gampang dan terbilang mudah dilakukan.

Panduan dan ulasan kali ini dapat dilakukan jika tombol powernya memang sedang ada masalah, lalu tidak bisa digunakan. Dengan hal ini, dan HP masih bisa digunakan. Jelas harus dihidupkan bukan? Nah, bagaimana caranya?

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power dengan Volume Up

Tentang cara menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power pertama yang bisa dilakukan, adalah dengan menggunakan volume up. Caranya tinggal siapkan HP Xiaomi kamu dalam kondisi mati.

Tahan tombol volume up selama beberapa detik, setelah hal tersebut dilakukan. Diamkan HP hingga ada respon muncul, seperti menampilkan logo Mi atau Xiaomi. Jika sudah dilakukan, maka tinggal lepaskan tombol dan tunggu hingga HPnya nyala kembali.

Namun jika hanya volume up saja yang ditekan dan tidak ada respon, coba barengi dengan menekan tombol power. Barangkali tombol powernya masih bisa berfungsi, jadi HP bisa hidup langsung.

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power dengan Volume Down

Hampir sama dengan panduan sebelumnya, bahwa pengguna dapat menyalakan HPnya dengan menebak serta menahan tombol volume down. Tombol ini bisa ditekan dan ditahan untuk beberapa detik, sampai HP Xiaomi dapat merespon dengan muncul tampilan logo Mi atau Xiaomi.

Namun jika belum bekerja, coba hidupkan menggunakan volume down dan power secara bersamaan. Hingga layar HP dapat menampilkan tampilan Mi Recovery atau Fasboot Mode. Lepaskan kedua tombol tersebut secara langsung jika HPnya sudah menyala.

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power dengan Mengisi Beterai

Langkah selanjutnya untuk memastikan HP dapat menyala kembali, adalah dengan mengisi daya baterainya secara langsung. Biarkan saja perangkat bisa terhubung secara beberapa saat dan baterai akan mulai terisi.

Jika sudah terisi, maka secara otomatis HP akan menyala. Jika tidak ada respon saat pengisian data baterai dilakukan, kemudian menjadi overheat. Pastikan agar langsung melepas chargernya. Hal tersebut dilakukan untuk dapat meminimalisir dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power dengan Fitur Raise to Wake

Panduan atau metode lain yang bisa coba diaplikasikan di HP Xiaomi kamu, adalah menggunakan fitur Raise to Wake. Raise to wake ini merupakan salah satu fitur HP Xiaomi, juga dibeberapa perangkat lainnya.

Saat kamu mengangkat HPnya dari permukaan data, maka HP akan menyala dan hidup otomatis. Sistem fitur ini mulai diaplikasikan pada Redmi 10 tahun 2022 atau sudah menggunakan OS MIUI 14. Untuk kamu yang sudah menggunakan versi tersebut, bisa langsung simak panduannya di bawah ini.

  1. Pertama, langsung masuk ke menu Setting atau Pengaturan pada HP Xiaominya
  2. Kemudian cari opsi menu Lockscreen
  3. Dari menu tersebut, langsung aktifkan fitur Raise to Wake
  4. Maka ketika HP dalam keadaan mati, saat diangkat HPnya akan langsung menyala secara otomatis.

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power dengan Koneksi USB
Advertisement

Panduan atau cara berikutnya, adalah menyalakan HP Xiaomi menggunakan sambungan HP ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB.

Sistem perangkat HP akan melakukan deteksi secara langsung oleh komputer, dan akan langsung menyala. Jika perangkat sudah dinyalakan, maka pengguna bisa langsung mencabut USB menggunakan HP Xiaominya seperti biasa.

Namun usahakan agar UBS yang dihubungkan ke PC, adalah USB bawaan dari Xiaominya langsung. Hal ini dilakukan agar proses koneksi dapat berlangsung lebih aman, pun lebih cepat.

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power dengan Sensor Biometrik

Berikutnya, kamu dapat menggunakan sistem biometrik. Yakni perangkat Xiaomi versi terbaru sudah dilengkapi dengan fitur satu ini.

Baik itu untuk level entry, atau bahkan level flagship. Umumnya memang sudah dilengkapi dengan sistem sensor biometrik. Dimana sensor seperti fingerprint, menjadi salah satu sensor biometrik yang bisa digunakan. Pun paling umum ditemukan.

Selain fingerprint, sistem sensor biometrik lain yang disediakan oleh Xiaomi adalah seperti face ID, bahkan irish scanner menggunakan mata.

Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power dengan ke Pusat Service

Jika semua cara di atas tidak bekerja dengan baik, maka kamu sebagai pengguna bisa membawa HP Xiaomi ke pusat service resmi terdekat.

Jika sudah, maka ponsel akan melalui prosedur pengecekan dan melalui tindakan hingga proses tepat. Jadi penyebab yang dialami karena tombol power rusak, mungkin bisa segera ditangani dan diketahui secara jelas.

Memangnya Apa Penyebab Tombol Power Xiaomi Tidak Berfungsi?

Seperti disebutkan tadi, dengan kamu mencari dan memahami cara menghidupkan HP Xiaomi tanpa tombol power ini. Maka bisa jadi tombol powernya sedang mengalami masalah, nah apa saja masalah adan penyebab tombol power bisa rusak?

Tombol power sendiri memang memiliki fungsi untuk mematikan dan menghidupkan layar pada HP, Dan menjadi bagian tombol yang sering mengalami kerusakan. Pada umumnya, tombol power ini pun akan disimpan dan diletakkan pada bagian samping perangkat.

Dan salah satu alasan mengapa tombol daya atau tombol power error, ternyata karena penggunaan berlebihan. Sering digunakan untuk menghidupkan dan memastikan HP.

Selain itu, tombol power yang mati juga sangat dimungkinkan karena pernah terjatuh, atau bahkan adanya masalah dalam komponen penghubung. Antara tombol power dengan sistem perangkat di dalamnya.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power

Apakah Pihak Service Center Resmi Bisa Menyelesaikan Masalah Pada Tombol Power?

Sudah pasti, apalagi teknis pengerjaannya juga resmi.

Berapa Lama Proses Menghidupkan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power Sampai Menyala?

Bisa cepat bisa lambat, tergantung dari kecepatan dan performa HPnya sendiri.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.