Cara Bikin Database di Excel Mudah Lho

Jika kamu sedang mencari bagaimana tutorial cara bikin database di Excel, maka artikel dan pembahasan kali ini menjadi jawabannya.

Kamu akan tahu bagaimana caranya tahap demi tahap, akan tahu bagaimana caranya membuat database di Excel dengan prosedur yang baik. Untuk tahu lengkapnya bagaimana pembuatan database di Excel tersebut, yuk langsung simak pembahasannya sampai selesai.

Mengenal Sekilas Tentang Database

Database merupakan baris data jika diartikan menggunakan bahasa Indonesia. Menjadi tempat sekumpulan data, saling berhubungan atau memiliki relasi antara satu dengan lainnya.

Data-data tersebut diorganisasikan berdasarkan struktur atau skema tertentu. Pun data yang ada di dalam databse, terdiri dari nilai. Kemudian value, hingga fakta yang mempresentasikan suatu objek tertentu.

Selanjutnya, data-data tersebut akan mengalami dan melalui proses pengolahan. Sehingga akan ditampilkan dalam bentuk yang berguna bagi pemakainya, lalu berubah menjadi informasi.

Bentuk dari informasi serta pengolahan data yang terintegrasi tersebut, akan bermanfaat bagi penggunanya. Misalnya saja dapat digunakan sebagai parameter untuk pengambilan keputusan. Atau beberapa manajemen selanjutnya.

Agar kamu dapat membuat database tersebut, dan menggunakan Ms. Excel. Yuk simak langsung pembahasan berikutnya, dan pastikan bisa dipahami secara baik ya.

Cara Bikin Database di Excel Secara Otomatis

Pembuatan database di Excel secara otomatis, tidak akan membuat kamu repot-repot mendesain tabel database. Sebab semuanya akan dilakukan secara sistem otomatis, secara cepat dan juga mudah.

Hal ini pun tentu saja akan menghemat waktu dari pengguna, sebab proses pembuatannya menjadi lebih sederhana juga instan. Bagaimana cara melakukannya?

  1. Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Ms. Excel dan coba buat file baru, kemudian simpan file dokumennya dengan keterangan Database
  2. Dari perintah tersebut, maka langsung buat tabel database dengan kolom-kolom. Bergantung pada kebutuhan datanya. Mulai dari tabel database penjualan produk, jumlah produknya, harga pcs, harga grosir, atau bahkan hingga total pendapatan
  3. Blok pada semua kolom tabel yang sudah dibuat, kemudian masuk ke tab menu Insert-Table
  4. Lalu klik opsi keterangan May Table has Header dan klik tombol keterangan OK
  5. Dengan perintah tersebut maka secara otomatis tabel database akan terbentuk secara lengkap, disertai dengan desainnya
  6. Jika kamu tidak senang dengan desainnya, maka blok kembali semua table dan klik tab menu Design
  7. Terakhir, pilih style yang diinginkan lalu pilih Save File.

Cara Bikin Database di Excel Secara Manual

Kemudian cara berikutnya dapat dilakukan secara manual, yang artinya kamu harus melakukan desain sendiri. Kurang lebih untuk caranya sama, hanya saja desain tidak otomatis dan tidak terbentuk secara instan.

Namun tentu ada kelebihannya, salah satunya kamu dapat melakukan desain terhadap database sesuai kebutuhan dan sesuka hari. Namun tentu akan memakan waktu lebih lama, dengan cara:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft Excel secara langsung
  2. Berikutnya buat tabel data base sesuai dengan kebutuhan data
  3. Selanjutnya langsung klik tab menu Home-Border dan pilih All Border
  4. Sampai langkah ini sebenarnya pembuatan database sudah selesai, namun tampilannya sangat sederhana. Bahkan tanpa warna, hingga tanpa latar belakang
  5. Untuk melanjutkan prosesnya, langsung blok saja semua judul kolom dan klik Fill Color. Langkah ini bisa ditemukan di tab menu Home dan memilih warna yang diinginkan.

Jika cara di atas sudah dilakukan dan diselesaikan, maka jangan lupa di save dan langsung isi data sesuai kebutuhan serta pengerjaan.

Cara Bikin Database di Excel Macro

Baru mendengarnya bukan? Ya, pembuatan database di Excel Macro ini memungkinkan kamu dapat menginput data baru. Kemudian menampilkannya pada lembar kerja Excel berbeda.

Dengan mengaplikasikan cara ini, kamu bisa membuat semacam aplikasi absensi sekolah sederhana. Untuk dapat melakukannya bagaimana, coba simak langsung pembahasan lengkapnya di bawah ini ya.

  1. Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft Excel dan langsung buat daftar absensi dengan kolom diinginkan
  2. Berikutnya simpan filenya dengan keterangan (database.xls)
  3. Nanti file tersebut akan menjadi database atau tempat penyimpanan data absensinya
  4. Kemudian langsung buat file baru dengan menggunakan shortcut CTRL+N secara bersamaan. Lalu simpan file baru ini dengan keterangan (absensi.xlm)
  5. Pada file absensi ini, langsung buat formulir absensi sesuai dengan kolom yang ada pada database
  6. Berikutnya buat juga tabel untuk dapat menampilkan data terbaru, yang sudah diinput
  7. Langsung isi tabel tersebut dengan rumus inputan di dalam cell formulir tadi. Misalnya, pada kolom nomor urut diisi dengan rumus =C2
  8. Perintah tersebut berarti inputan dari kolom C2 atau formulir nomor umur
  9. Pastikan untuk dapat mengisi semua kolom tabel sesuai dengan rumus inputan formulir masing-masing kolomnya ya
  10. Lalu berikutnya mulai merekam Macro, klik tombol keterangan Record Macro yang terdapat dibagian pojok kiri bawah Excel
  11. Perintah tersebut bisa diberi nama dengan keterangan Input Data dan klik OK untuk melanjutkan
  12. Sekarang langsung copy semua kolom yang isinya masih 0
  13. Buka file database.xlsx, kemudian blok isi kolom tabelnya
  14. Klik kanan, lalu pilih opsi Paste Special
  15. Pilih Values dan OK untuk lanjut ke tahap berikutnya
  16. Sekarang tinggal tutup file database.xlsx tersebut, lalu kembali ke dokumen absensinya
  17. Buat terlebih dahulu tombol SIMPAN DATA, dengan cara menambahkan otak menggunakan menu tab Insert-Illustration-Shape dan pilih Kotak. Isi kotak tersebut dengan keterangan SIMPAN
  18. Klik kanan pada tombolnya, pilih Assign Macro dan pilih Macro Inputdata. Lalu pilih OK
  19. Sekarang bisa langsung isi formulir absensi tersebut, lalu pilih keterangan SIMPAN
  20. Dengan perintah tersebut, data yang dimasukkan akan langsung tersimpan pada database yang ada pada file database.xlsx.

Nah, dari perintah tersebut. Ternyata kamu juga dapat membuat tombol LIHAT. Dengan cara sama seperti tombol SIMPAN. Mulai dari perekaman Macro, hingga pembuatan tombolnya.

Alasan Bikin Database di Excel

Penting untuk diketahui, bahwa ternyata aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat database. Sangat banyak. Namun mengapa harus di Excel?

Walaupun memang pada dasarnya jawabannya simple, yakni masing-masing software memiliki kelebihan dan keunggulannya tersendiri. Nah, lalu apa yang menjadi alasan Excel dijadikan sebagai opsi software pembuat database?

  1. Pertama, karena simple serta gampang digunakan
  2. Proses pengolahan data sangat gampang
  3. Dapat dimodifikasi sera diedit sesuai kebutuhan
  4. Bisa diexport
  5. Lebih mudah mengolah data, sebab basisnya merupakan sistem software pengolah data angka
  6. Terakhir, pencarian serta navigasi data sangat mudah untuk dilakukan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Bikin Database di Excel

Apakah Membuat Database di Excel Membutuhkan Koneksi Internet?

Tidak.

Apakah Excel Menjadi Software Terbaik untuk Membuat Database?

Tidak juga, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kapasitas masing-masing sebagai pengolah data.

Tinggalkan komentar