Cara Memperbaiki Microsoft Excel Product Activation Failed 2010

Beranda » Cara Memperbaiki Microsoft Excel Product Activation Failed 2010
Advertisement

Mengenai bagaimana cara memperbaiki Microsoft Excel Product Activation Failed 2010 ternyata ada beberapa cara. Kamu dapat memahaminya secara baik.

Anti tinggal disesuaikan saja dengan penyebab atau alasan mengapa pemberitahuan Excel Product Activation Failed muncul. Jadi pada kesempatan sekarang, kamu harus tahu terlebih dahulu apa sebabnya dan kemudian memperbaikinya dengan beberapa pilihan dan cara.

Alasan Muncul Keterangan Microsoft Excel Product Activation Failed 2010

Pada umumnya, permasalahan ini sering terjadi karena produk software yang tidak memiliki lisensi. Namun alasan tersebut juga ternyata tidak menjadi satu-satunya alasan. Tidak menutup kemungkinan jika kendalanya ditimbulkan dari masalah lain.

Agar lebih jelas apa alasan dan penyebabnya, yuk langsung simak pembahasan berikutnya sampai selesai.

1. Softwarenya Bajakan

Ya, hal pertama yang memungkinkan jadi penyebab atas keterangan masalah tersebut terjadi. Adalah karena sistem softwarenya bajakan.

Memang dengan menggunakan software tersebut pengguna tidak diharuskan untuk mengeluarkan biaya mahal. Namun ternyata software bajakan sejatinya memiliki ancaman risiko terkena virus. Atau bahkan error dengan tingkat tinggi.

Mulai dari force close, not responding dan juga permasalahan yang kini sedang dibahas dan disampaikan kepada kamu.

2. Masa Aktif Ms. Office Habis

Kiranya kamu sudah tahu, bahwa setiap Microsoft Office, termasuk Microsoft 365. Memiliki masa tenggang yang berbeda-beda. Mulai dari perbulan, hingga per tahun.

Dengan kata lain, jika masa aktif langganan sudah habis. Maka jangan heran jika keterangan unlicensed product tampilan di lembar kerja yang sedang dilakukan.

3. Ms. Office Bermasalah

Karena Excel menjadi salah satu bagian dan produk dari Ms. Office, maka kemungkinan besar masalah ini muncul juga karena Ms. Officenya. Mungkin saja ada kendala error, atau bahkan bugs.

Jika ingin memperbaikinya, maka bisa coba melakukan pembaruan aplikasi atau repair terhadap Ms. Officenya.

4. Menggunakan Versi Trial

Selain dikarenakan habis masa aktifnya, penyebab ini juga bisa mungkin terjadi. Sebab versi trial memang ada batasnya.

Menghadirkan versi gratis, untuk memberikan masa percobaan kepada pengguna selama 30 hari. Pun tentu saja memungkinkan software Excel kamu memberikan peringatan Product Activation Failed.

Nah, agar dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Maka bisa coba kamu simak pembahasan berikutnya secara lengkap. Tentang bagaimana agar keterangan dan peringatan tersebut bisa diperbaiki dengan cara yang benar. Dengan cara tepat.

Cara Memperbaiki Microsoft Excel Product Activation Failed 2010 dengan Memastikan Lisensi

Maksudnya adalah dengan memastikan lisensinya tidak mengalami kendala, atau tidak mengalami masalah. Karena masalah ini biasanya muncul karena lisensi produk mengalami problem, atau masa aktivasi telah habis.

Saat hal tersebut terjadi, maka akan ada kemungkinan fungsi dari menu di aplikasi tidak bekerja secara baik. Atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Nah, bagaimana cara untuk mengecek lisensi Excel sebagai produk dari Ms. Excel tersebut?

  1. Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Excel secara langsung
  2. Kemudian buka tab menu File dan pilih sub menu Account
  3. Bila sudah dibuka, maka cek bagian aktivasi. Jika sudah benar teraktivasi, maka pada bagian Product Information akan terlihat keterangan Product Activated.

Bila ternyata keterangannya lain, seperti Activation Required. Maka artinya Microsoft Office harus diaktivasi terlebih dahulu. Dan untuk melakukannya, kamu hanya perlu menginput Product Key. Agar aplikasi bisa digunakan kembali, tanpa adanya kendala.

Lalu, bagaimana cara memasukkan ulang Product Key tersebut?

Untuk beberapa kondisi tertentu, aplikasi Ms. Office memang akan meminta kamu untuk mengniput ulang kode lisensi resminya. Oleh sebab alasan tertentu. Seperti karena kamu menggunakan software bajakan, atau lisensi tidak bersifat permanen.

Advertisement

Selain itu, permintaan input Product Key pun bisa jadi karena kamu menginstall aplikasi versi trial. Nah bagaimana cara melakukannya?

  1. Pertama, buka seperti biasa aplikasi Excelnya
  2. Kemudian akses File dan pilih menu Account
  3. Dari perintah tersebut langsung buka bagian keterangan Product Information dan silahkan langsung klik Change Product Key
  4. Lanjutkan prosesnya dengan memasukkan sejumlah kode dimiliki
  5. Ikuti saja instruksi yang sudah disajikan, lalu selesaikan prosesnya sampai berhasil.

Namun cara memperbaiki microsoft Excel Product Activation Failed 2010 satu ini baru bisa dilakukan jika sudah memiliki lisensi resmi.

Cara Memperbaiki Microsoft Excel Product Activation Failed 2010 dengan Memeriksa Salinan

Maksudnya adalah dengan memeriksa salinan Ms. Officenya. Mengingat memang banyak pengguna Ms. Office yang tidak menyadari, bahwa mereka telah mengsintall lebih dari satu salinan.

Karena jika melakukan pemasangan dengan dua Ms. Office, maka bisa menyebabkan konfilik aktivasi. Dengannya, disarankan kepada pengguna untuk dapat menggunakan satu versi saja. Agar dapat terhindar dari error yang tidak diinginkan.

Cara Memperbaiki Microsoft Excel Product Activation Failed 2010 dengan Aplikasi Tambahan

Atau biasa juga disebut dengan aplikasi pihak ketiga, yang pada umumnya memang tidak direkomendasikan untuk dilakukan. Namun jika tetap ingin menghilangkan masalah Product Activation Failed 2010 tersebut, bisa coba langsung simak pembahasannya di bawah ini.

  1. Langsung download tool Activator, bisa kamu dapatkan dari internet
  2. Sebelum pemasangan activatornya dilakukan, pastikan kamu sudah mematikan sistem antivirus di perangkat
  3. Jika menggunakan Windows Security, maka bisa langsung mematikannya seperti biasa
  4. Bila aplikasi Windows Security tersebut sudah dalam mode off, maka kamu dapat melakukan ekstrak pada folder dari hasil unduh aplikasi
  5. Dengan klik Kanan pada Activator, lalu pilih keterangan Extract here
  6. Perintah tersebut dapat dilakukan jika menggunakan winRAR dan jika menggunakan kata sandi, bisa diisi dengan kode 000000
  7. Akses direktori file Aact 4.0 Portable-Klik dua kali Aact_x64
  8. Jika Pop Up dari Aact Portable sudah terbuka, silahkan langsung klik tab Office Activation
  9. Tunggu sampai proses aktivasi selesai
  10. Jika sudah berhasil, maka keterangan yang akan ditampilkan adalah Product Actiation Succesful.

Catatannya jika ingin mengaplikasikan panduan ini, coba untuk restart terlebih dahulu perangkat sebelum Excelnya digunakan.

Cara Memperbaiki Microsoft Excel Product Activation Failed 2010 dengan Ms. Support and Recovery

Jika ternyata aplikasinya mengalami masalah, maka untuk dapat memperbaiki kendala atau masalah tersebut. Kamu harus melakukan beberapa solusi, bagaimana langkahnya?

  1. Download dan pasang terlebih dahulu aplikasi Microsoft Support and Recovery Assistant
  2. Kemudian jika sudah terbuka, langsung pilih opsi keterangan Yes-Next
  3. Setelah perintah tersebut dilakukan, maka tinggal ikuti langsung beberapa instruksi tersedia 
  4. Selesai.

Namun penting untuk jadi sebuah catatan, bahwa sebenarnya cara memperbaiki Microsoft Excel Product Acitvation Failed 2010 ini hanya berlaku untuk sistem Microsoft 365 saja.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Memperbaiki Microsoft Excel Product Activation Failed 2010

Apakah untuk Memperbaikinya Membutuhkan Jaringan Internet?

Ya, untuk beberapa cara dan metode membutuhkan koneksi internet.

Berapa Lama Proses untuk Memperbaiki Microsoft Excel Product Actvation Failed 2010?

Tergantung penyebab dan masalahnya apa, serta tergantung dari metode mana dilakukan.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.