11 Cara Membuat Drop Down List Di Excel Beda Sheet [Mudah]

Advertisement

Sudah tahu bagaimana cara membuat drop down list di excel beda sheet? jika belum, wajib untuk kamu perhatikan penjelasan berikut ini ya?

Pengoprasian excel memang dinilai sulit oleh beberapa orang. Meskipun banyak yang beranggapan sulit, excel justru sangat membantu dalam kegunaan pengolahan data.

Pengolahan Data Dengan Menggunakan Excel

Seberapa sering kamu mengoperasikan excel dalam sehari? Atau bahkan kamu termasuk orang baru dengan tuntutan kerja yang mengharuskan untuk penggunaan excel? Jangan khawatir, perhatikan penjabaran lengkap berikut ini.

Sebelum membahas bagaimana cara membuat drop down list di excel beda sheet, ada baiknya untuk terlebih dahulu kamu harus tahu mengenai bagaimana cara kerja excel dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari ya!

Kegunaan Microsoft Excel

Microsoft excel merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan fitur-fitur yang memiliki kemampuan dalam pengolahan data dan angka.

Microsotf excel menjadi senjata andalan yang sudah digunakan banyak orang dalam hal pengolahan dan input data. Secara garis besarnya, perangkat lunak ini digunakan untuk mambuat, menganalisis dan edit data maupun angka.

Pada perangkat lunak ini terdapat beberapa fitur yang dibuat dengan tujuan mempermudah pengguna dalam pemanfaatnya yang berkaitan dengan beberapa hal termasuk analisis data, pengolahan data maupun hanya sekedar untuk proses input data.

Contohnya seperti pada cara membuat drop down list di excel beda sheet. Tentunya kamu bisa menggunakan fitur pada mirosoft excel ini untuk menyajikan data secara lebih ringkas sehingga akan dapat lebih mudah dalam analisis datanya.

Plihan Fitur Excel Untuk Membuat Drop Down List

Untuk mengetahui cara membuat drop down list di excel beda sheet, tentunya kamu akan menggunakan beberapa fitur yang terdapat di perangkat lunak ini.

Beberapa fitur yang akan kamu temui saat membuat drop down di excel di antaranya yakni:

  • Quick Acces Toolbar

Fitur ini merupakan kumpulan dari tombol pintas untuk digunakan sebagai perintah umum, berisi seperti tambahan dan pengurangan sel maupun menu default (redo, undo, dan save)

  • Ribbon

Fitur ini berisi kumpulan tab yang telah tersusun dengan kategori tertentu, contohnya seperti insert, home, page layout, dan formulas, setiap masing-masing dari tab berisi beberapa kelompok perintah contohnya alignment, font dan number.

  • Title

Title ini merupakan fitur untuk menampilkan dokumen yang sedang dibuka pada tampilan excel.

  • Name Box

Fitur ini menampilkan lokasi atau nama sel yang ingin dipilih. Tentu fitur ini juga akan kamu gunakan dalam membuat drop down di lain sheet ya!

  • Sel atau Cell

Sel ialah setiap persegi panjang yang ada dalam lembar kerja dan merupakan persimpangan antara baris dan kolom. Sel inilah yang akan kamu gunakan sebagai tempat untuk menampilkan drop down di tempat yang kamu inginkan.

  • Row atau atau Baris

Row atau baris ialah kumpulan dari sel yang sudah diidentifikasi dengan adanya nomor.

  • Column atau kolom

Column atau kolom ini merupakan kumpulan dari sel yang sudah diidentifikasi dengan melalui huruf.

  • Formula Bar

Fitur ini sebagai tempat untuk edit maupun memasukkan data, formula dan fungsi yang telah ada di sel.

  • Scroll Between Worksheets

Fitur ini digunakan saat menggeser worksheet  (lembar kerja). Pada tiap lembar kerja akan memiliki satu maupun lebih lembar kerja. Contohnya seperti sheet 1, sheet 2, sheet 3 dan seterusnya.

  • Click Add a New Worksheet

Sudah pasti fitur ini digunakan sebagai klik untuk menambah lembar kerja atau worksheet yang baru ya!

  • Normal View

Normal view merupakan tampilan dari mode standar. Normal view menunjukkan jumlah dari sel serta kolom yang tidak terbatas jumlahnya yang tersedia pada perangkat lunak ini.

  • Page Layout View

Fitur ini membagi lembar kerja menjadi tampilan halaman.

  • Page Break View

Fitur page break view merupakan pilihan yang digunakan untuk menampilkan overview worksheet dan ini akan membantu dalam menambahkan menu, yakni menu page break.

  • Scroll Bar

Fitur ini terletak pada bagian terbawah sebelah kanan dan berfungsi dalam menggeser tampilan ke kanan-kiri maupun ke atas-bawah.

Beberapa fitur yang telah disebutkan di atas tentu akan kamu jumpai dan gunakan untuk cara membuat drop down list di excel beda sheet.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi di Excel Mudah Banget

Fungsi Drop Down List Pada Fitur Excel

Drop down list merupakan salah satu bagian dari fitur excel. Fungsi dari fitur ini adalah untuk mempermudah dalam proses input data.

Khususnya pada orang-orang dengan pekerjaan administrasi, fitur ini menjadi fitur yang paling sering digunakan untuk penyimpanan data informasi.

Pada umumnya, fitur ini disebut sebagai combo box. Dengan fitur ini pengguna akan sangat dimudahkan dalam keseluruhan proses input data khususnya pada data dengan jumlah sedikit.

Selain dari mempermudah proses input data, drop down list juga akan membantu kamu untuk meminimalisir dalam kesalahan pengetikan. Contohnya pada data dengan bentuk pilihan “Ya” dan “Tidak”.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk tahu cara membuat drop down list di excel beda sheet.

Cara Membuat Drop Down List Di Excel Beda Sheet

Berikut merupakan langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat drop list beda sheet di excel, simak baik-baik dan ikuti secara bertahap ya!

  • Buka data yang akan digunakan untuk pengerjaan cara membuat drop down list di excel beda sheet.
  • Pilih atau blok kolom yang akan kamu masukkan sebagai drop down list di sheet selanjutnya seperti contoh pada gambar di bawah ini.
cara membuat drop down list di excel beda sheet
  • Klik pada pilihan formula pada bagian paling atas di tampilan layar
  • Klik pada pilihan “Define Name”, selanjutnya akan muncul beberapa perintah dan masukkan nama pada kolom name.

Jangan lupa untuk pemberian nama tidak boleh ada spasi ya! Jadi kamu bisa gunakan seperti tanda titik atau yang lainnya sebegai tanda spasi.

Advertisement

Perhatikan gambar di bawah untuk kamu bisa lebih memahami cara membuat drop down list di excel beda sheet.

cara membuat drop down list di excel beda sheet
  • Jika sudah, maka tampilan pada sheet 1 akan seperti contoh di bawah ini.
cara membuat drop down list di excel beda sheet
  • Jika sudah, buka kembali sheet 2 yang akan kamu gunakan untuk memasukkan drop down list.
  • Klik pada sel yang ingin kamu gunakan untuk nantinya akan menjadi tempat munculnya drop down.
  • Setelah sudah ditentukan kolom mana yang akan menjadi tempat munculnya drop down, lihat pada tab bagian paling atas dan pilih fitur “Data”.
  • Setelah dipilih, lanjutkan untuk klik ikon “Data Validation” dan klik kembali pada pilihan “Data Validation”.

Sebagai contohnya, perhatikan contoh gambar di bawah ini !

cara membuat drop down list di excel beda sheet
  • Setelah semua langkah dilakukan, pastikan tampilan kolom kamu telah terisi list dari drop down yang kamu pilih sebelumnya di sheet 1.
  • Jika sudah, periksa kembali apakah pada kolom yang kamu pilih telah muncul  daftar data sebagai tampilan drop down list sheet sebelumnya.

Baca juga: Cara Mudah Bikin Bullet and Numbering di Excel

Jika tampilannya telah sama dengan gambar di bawah, maka kamu telah berhasil untuk mempraktikkan bagaimana cara membuat drop down list di excel beda sheet dengan benar. Sangat mudah bukan?

cara membuat drop down list di excel beda sheet

Ternyata tidak sesulit seperti yang dibayangkan ya? Coba mulailah dengan cara membuat drop down list di excel beda sheet sendiri dan jangan lupa untuk setiap langkahnya.

Advertisement

Tinggalkan komentar