Cara Membuat PPT di Canva di Laptop yang Menarik

Cara membuat PPT di Canva di laptop itu bisa dilakukan dengan mudah. Canva memang jadi tempat untuk membuat berbagai macam desain menarik. Termasuk desain presentasi power point. Pengguna Canva bisa berkreasi dalam bikin PPT berkualitas dan professional.

Bikin PPT untuk tugas atau pekerjaan memang harus dilakukan dengan baik. Tak heran jika para pembuat PPT butuhkan medium untuk bikin output yang menarik. Berikut ini adalah cara membuat PPT di Canva di laptop dengan cukup mudah.

Kenapa Harus Menggunakan Canva untuk Bikin PPT?

Sebelum bahas cara membuat PPT di Canva, kenalilah dulu kenapa harus menggunakan platform tersebut. Ada beberapa alasan kenapa pengguna harus pakai Canva. Berikut ini beberapa alasan utama kenapa sangat disarankan bikin PPT di Canva.

1. Mudah Digunakan

Salah satu alasan kenapa Canva sangat disarankan adalah faktor kemudahan. Canva memang amat mudah digunakan oleh semua pengguna. Segala macam kemudahan yang ditawarkan oleh Canva memang akan jadi daya tarik terus buat orang – orang yang ingin bikin PPT menarik.

2. Template yang Lengkap

Tak susah untuk hasilkan PPT di Canva dengan laptop karena di sana banyak template yang bisa digunakan. Segala macam template yang ada itu memang bisa dimaksimalkan. Tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dari masing – masing pengguna.

3. Rekomendasi Desain Beragam

Di Canva banyak rekomendasi desain beragam yang bisa menjadi inspirasi. Jadi ketika bingung akan membuat desain seperti apa, lihat saja rekomendasi yang ada di Canva. Hal itu tentu akan memudahkan untuk bikin desain PPT yang menarik dengan laptop.

4. Gratis

Canva memang jadi favorit karena pengguna tak perlu bayar biaya tambahan untuk memakai layannya. Memang ada opsi berbayar di sana. Namun, pengguna juga bisa memakai layanan desain PPT gratis tanpa mengeluarkan biaya tambahan apapun ke Canva.

Cara Membuat PPT di Canva di Laptop

Membuat PPT di Canva pakai laptop sebenarnya sangat mudah dilakukan. Para pengguna hanya perlu melakukan sejumlah langkah sederhana untuk bisa hasilkan PPT yang menarik pada Canva. Berikut ini adalah panduan dalam bikin PPT di Canva.

1. Login ke Situs Canva dengan Laptop

Langkah awal adalah mendatangi situs Canva menggunakan laptop. Koneksikan dulu laptop dengan internet. Kemudian buka browser untuk mengakses situs Canva. Langsung login ke Canva menggunakan email.

2. Pilih Menu Presentasi

Ketika sudah masuk ke Canva dengan email, langkah berikutnya adalah memilih menu presentasi. Ketika berada di halaman utama akan ada beberapa menu yang bisa dipilih. Langsung saja pilih menu presentasi di Canva.

3. Cari Template Presentasi

Proses berikutnya adalah mencari templat presentasi yang sesuai. Memilih template presentasi yang tepat dan sesuai itu memang amat penting. Jangan sampai pilih template yang tak sesuai dengan topik yang mau dipresentasikan.

4. Atur Desain

Ketika sudah memilih template, langkah berikutnya adalah mengatur desain. Aturlah desain dari template PPT yang tadi sudah dipilih. Pengaturan ini memang perlu dilakukan biar desain menarik dan sesuai dengan kebutuhan.

5. Masukkan Materi atau Konten

Langkah selanjutnya adalah memasukkan materi dan konten ke dalam PPT Canva. Isilah semua teks, gambar atau grafik ke dalam template yang dipilih. Sesuaikan dengan materi dengan pilihan desain pada PPT di canva.

6. Simpan Hasil Desain Presentasi

Jika sudah melakukan pengaturan dengan baik, maka lakukan penyimpanan hasil desain presentasi. Simpanlah hasil presentasi dalam bentuk dokumen PPT. Kalau sudah disimpan, maka pembuatan PPT di Canva selesai dilakukan.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat PPT di Canva di Laptop

Ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mau membuat PPT di Canva menggunakan laptop. Pahami apa saja hal yang diperhatikan agar semuanya berlangsung dengan lancar. Ini dia beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mau bikin PPT di Canva dengan laptop.

1. Buat Akun di Canva

Jika ingin gunakan layanan pembuatan PPT di Canva, maka buatlah akun di sana. Untuk jadi member di Canva, pengguna tinggal melakukan registrasi secara mudah saja. Jika tak mau ribet, tinggal koneksikan saja ke email saja agar bisa langsung login ke aplikasi Canva.

2. Jangan Lupa Lakukan Penyimpanan

Jangan lupa untuk lakukan penyimpanan jika sudah selesaikan pembuatan PPT di Canva. Dalam proses editing atau pembuatan PPT, semuanya harus diakhiri dengan penyimpanan. Kalau tak lakukan penyimpanan, maka PPT yang sudah dibuat akan hilang.

3. Utamakan Mode Gratis

Mengutamakan mode gratis juga sangat disarankan kalau tak mempunyai uang bayar fitur premium. Kalau baru mencoba Canva, sebaiknya optimalkan saja mode gratis. Tak usah buru – buru untuk menggunakan layanan berbayar di Canva.

4. Cari Template yang Sesuai

Pada aplikasi atau situs Canva itu ada banyak template PPT yang bisa digunakan. Carilah template yang sesuai dengan tujuan dalam bikin PPT. Sesuaikan terus template PPT dengan tema presentasi yang akan dilakukan. Hal ini akan membuat pemilihan desain di Canva jadi lebih mudah.

FAQ | Cara Membuat PPT di Canva di Laptop

Sulitkah membuat PPT di Canva?

Tidak sulit sama sekali karena banyak template PPT yang bisa digunakan.

Apakah harus membayar untuk bikin PPT di Canva?

Tidak harus membayar untuk bikin PPT di Canva.

Apa keuntungan membuat PPT di Canva?

Hasil dari PPT yang dibuat di Canva lebih bagus dan terlihat professional.

Tinggalkan komentar