Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo [Mudah]

Beranda » Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo [Mudah]
Advertisement

Apakah kamu sedang mencari informasi tentang bagaimana cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo? Jika ya, maka artikel pada kesempatan kali ini sudah benar.

Benar, karena jawaban yang kamu cari ada di sini. Bahkan terdapat cara yang memang bisa diaplikasikan untuk beberapa jenis atau seri Lenovo lainnya. Nah, untuk lebih jelas dan agar lebih detail lagi prosedurnya bagaimana. Boleh langsung simak pembahasan berikutnya ya.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo dengan Cek Speknya Terlebih Dahulu

Tidak semua produk laptop Lenovo dilengkapi dengan keyboard yang bisa menyala, dan agar tutorialnya tidak salah kamu baca. Maka pengecekan spek penting untuk dilakukan terlebih dahulu. Apakah benar fiturnya ada, atau bahkan tidak disediakan.

Fitur ini bernama Backlit, jika memang fiturnya disediakan. Maka panduannya akan berguna, dan jika tidak pun kamu tetap mendapatkan informasi penting mengenai laptop Lenovo. Bagaimana cara melakukan pengecekannya?

1. Dari Ikon Tombol Keyboard

Panduan dan cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo yang harus diketahui, adalah langsung dengan melihat tombolnya. Metode atau fiturnya bisa berjalan jika ikon ini ada.

Beberapa produk Lenovo biasanya memang akan meletakkan ikon lampu menyala atau backlit pada tombol Spasi, atau bahkan ESC. Untuk mengeceknya, kamu hanya perlu memerhatikan kedua tombolnya dengan baik.

Jika fiturnya memang tersedia, maka kamu akan menemukan ikon lampu atau bahkan seperti senter. Jika ikonnya belum tersedia, maka dapat dipastikan dukungan fitur ini tidak tersedia. Dan tentu saja fiturnya tidak akan ada.

2. Menggunakan Website Lenovo

Cara pengecekan spek berikutnya adalah dengan langsung mengunjungi website resmi dari Lenovonya itu sendiri.

Dari halaman situs resminya, kamu dapat menemukan fitur deteksi produk. Memberikan dan menampilkan informasi mengenai fitur dari laptopnya. Dan untuk melakukannya, bisa langsung simak panduan di bawah ini.

  • Pertama, pastikan perangkat Lenovo kamu sudah terhubung dengan jaringan atau koneksi internet
  • Berikutnya, kunjungi website resminya di alamat support.lenovo.com menggunakan web browser
  • Jika sudah masuk di halaman website tersebut, maka langsung cari keterangan Detect Product
  • Dari perintah tersebut, kamu hanya tinggal menunggu sistem melakukan proses deteksi terhadap perangkat Lenovo yang kamu gunakan
  • Jika sudah prosesnya berlangsung, maka tinggal klik opsi menu Lihat Dukungan PC
  • Kemudian pilih opsi Telusuri Produk
  • Maka pada bagian sistem Guide Topic, langsung pilih Hardware Maintenance Manuals
  • Dari perintah tersebut, maka kamu akan mendapatkan informasi detail mengenai fitur laptop yang kini digunakan.

Nah, itulah dua cara yang dapat dilakukan untuk mengecek apakah lampu keyboardnya memang disediakan atau tidak. Jika tidak disediakan, maka fiturnya tidak akan berfungsi dan jika ada maka cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo berikutnya bisa langsung kamu simak.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo Tipe ThinkPad

Ternyata Laptop jenis ThinkPad ini sangat populer dan diklaim cocok bagi kalangan pebisinis juga kalangan profesional. Karena memang laptopnya memiliki keunggulan berupa daya sistem operasional lebih tinggi.

Advertisement

Laptop satu ini juga dilengkapi dengan banyak fitur, satu diantaranya adalah memiliki lampu pada keyboard. Jika kamu belum tahu cara menyalakannya, yuk langsung simak langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, langsung buka dan nyalakan terlebih dahulu laptop Lenovo ThinkPad yang kini sedang akan digunakan
  2. Jika sudah menyala, maka langsung saja tekan tombol keyboard Fn+ Spasi secara bersamaan atau berbarengan
  3. Tombol keyboard tersebut menjadi kombinasi untuk menyalakan atau bahkan mematikan lampu atau backlit
  4. Selain kombinasi tombol tersebut, kamu juga dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard Fn + PageUp secara bersamaan juga

Nah, dari kombinasi tombol tersebut. Maka lampu keyboard akan otomatis menyala, dan keyboard kamu akan memiliki lampu yang bagus.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo Tipe IdePad

Sekarang ada tipe IdePad, menjadi salah satu tipe dari laptop Lenovo yang banyak penggunanya. Laptop satu ini pun tentu memiliki keunggulan. Mulai dari tampilan fisik yang menarik, stylish, fitur memadai, hingga performa laptop sangat optimal.

Dari segi harga, jelas terjangkau. Dan jika kamu memang sedang mencari cara bagaimana menyalakan lampu backlitnya. Bisa langsung simak panduan serta penjelasan di bawah ini ya.

  1. Pertama, buka dan langsung nyalakan Laptop Lenovo IdePad kamu
  2. Jika sudah, langsung klik tombol keyboard Fn + keyboard spasi secara bersamaan
  3. Prosesnya tinggal memerhatikan ikon lampu pada tombol spasi
  4. Jika laptop IdePad kamu memiliki ikon lampu, maka lampu keyboard akan menyala otomatis
  5. Namun jika ternyata ikon lampu ada di tombol Esc, maka kamu pun bisa langsung menekan tombol Fn + tombol Esc secara berbarengan atau bersamaan.

Dari perintah tersebut, maka bisa dipastikan lampu latar di keyborad akan menyala secara otomatis. Pun membuat keyboard menjadi lebih cantik.

Faktor Penyebab Lampu Keyboard Laptop Lenovo Tidak Menyala

Jika ternyata fiturnya sudah tersedia, kemudian panduan untuk menyalakannya sudah dilakukan. Namun ternyata lampu tetap tidak menyala, maka akan ada beberapa kemungkinan. Misalnya:

  1. Sistem driver tidak terinstall dengan baik
  2. Keyboard rusak

Adalah dua sebab yang bisa memungkinkan cara menyalakan lampu keyboard laptop Lenovo di atas tidak bekerja dengan baik. Jika penyebabnya memang demikian, maka kamu harus membawanya ke service center.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Perbaikan Fitur Lampu Keyboard di Service Center?

Bisa gratis, juga bisa berbayar. Namun selama garansinya masih ada dan berlaku, biasanya tidak akan mengeluarkan biaya.

Apakah untuk Menyalakan Lampu Keyboard Dibutuhkan Jaringan Internet?

Tidak, pengguna bisa melakukannya secara offline.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.