Cara Memindah Tabel Excel ke Word Agar Rapi

Beranda » Cara Memindah Tabel Excel ke Word Agar Rapi

Ternyata masih banyak orang yang mencari informasi terkait dengan bagaimana cara memindahkan tabel Excel ke Word.

Tidak menjadi masalah, karena untuk belajar pun tidak ada batasan waktu. Selama masih mau belajar untuk mengetahuinya, maka kamu dapat melakukannya. Informasi tersebut juga bisa kamu dapatkan dari ulasan sekarang, secara jelas juga dijamin mudah dipahami.

Cara Memindah Tabel Excel Ke Word dengan Copy + Paste

Penting untuk diketahui, bahwa Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi dari Microsoft yang memang banyak digunakan untuk pengolahan data. Satu diantaranya adalah memudahkan pengguna untuk pembuatan tabel.

Jika kamu baru pertama kali menggunakannya, kemudian ingin memindahkan tabel dari Excel ke Word. Maka ulasan kali ini sangat cocok, dan cara pertama yang bisa kamu lakukan. Adalah dengan menggunakan perintah Copy + Paste.

Hal ini dapat dilakukan secara langsung, dengan hanya menekan tombol CTRL + V. Jika sudah, baru kamu bisa langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  1. Pertama, terlebih dahulu blok semua data Excel atau tabel yang ingin dipindahkan ke Ms. Word
  2. Berikutnya tinggal klik Data Excel, dimana menu ini dapat ditemukan pada ujung kiri bagian bawah
  3. Lalu tekan dan tahan tombol SHIFT, agar dapat melanjutkan dengan cara menekan data cell. Yang letaknya dapat ditemukan dibagian paling bawah kanan
  4. Bila semua datanya sudah terblock, silahkan langsung copy data tersebut  
  5. Berikutnya kamu tinggal langsung membuka lembar kerja Ms. Word
  6. Kemudian langsung arahkan kursor pada lokasi tabel sesuai yang diinginkan
  7. Selanjutnya tinggal lakukan PASTE, atau bisa juga menekan tombol keyboard CTRL + V 
  8. Dari perintah tersebut, pengubahan ukuran dari tabel bisa mulai dilakukan. Seperti agar lebih tebal, atau bisa juga agar lebih tipis
  9. Caranya tinggal klik Gaya Baris dibagian atas
  10. Selanjutnya pilih jenis ketebalan yang diinginkan
  11. Jika kamu menekan tombol keyboards CTRL + V, maka otomatis data dari Excel ke Word akan terpotong
  12. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, maka langsung klik opsi Tempel dibagian Beranda
  13. Terakhir, pilih Paste.

Cara Memindah Tabel Excel Ke Word dengan Paste Spesial

Metode atau cara berikutnya, adalah dengan melakukannya menggunakan cara Paste Special. Dari sinilah kamu dapat menentukan pilihan, atau metode hingga format untuk melakukan pemindahan data dari Excel. Pada Ms. Word. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, langsung lakukan Copy Data pada Excel dengan melakukan blok disemua datanya
  2. Setelah langkah tersebut, langsung tekan tombol CTRL + C secara bersamaan
  3. Bila perintah tersebut telah dilakukan, baru buka aplikasi Ms. Word
  4. Selanjutnya masuk ke halaman yang sesuai, sesuai keinginan
  5. Berikutnya kamu bisa klik menu PASTE, letaknya ada pada bagian pojok atas kiri dari tampilan halaman Word
  6. Kemudian langsung pilih Paste Special.

Perlu diingat, bahwa opsi Paste Special menyediakan beberapa menu lain. Kamu tinggal memilih Paste Link. Jika sudah, maka pilih lagi Microsoft Excel Worksheet Object. Berikutnya tinggal tekan OK untuk menyelesaikannya.

Cara Memindah Tabel Excel Ke Word dengan Keep Text Only

Selain langsung menggunakan cara sebelumnya, kamu pun bisa coba menggunakan cara ketiga ini. Namun nanti proses pemindahannya hanya nilai atau datanya saja. Hal ini dilakukan agar lebih ideal, agar lebih rapi.

Agar tahu prosedur pemindahannya bagaimana, yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Pertama, langsung lakukan COPY data yang ada di Excel sesuai keinginan
  2. Kemudian tekan tombol CTRL + C seperti biasa ketika akan melakukan Copy
  3. Berikutnya coba kembali ke Ms. Word, kemudian lakukan Blok Cell Tabel sesuai keinginan. Pun tentu saja yang ingin dimasukan data Excel sesuai data sudah di Copy
  4. Selanjutnya pastikan bahwa jumlah kolom atau baris data dari Excel yang sudah di Copy, harus sesuai dengan jumlah kolom serta baris pada Ms. Word
  5. Terakhir, kamu hanya tinggal klik kanan dan lakukan Paste Keep Text Only.

Dengan perintah serta langkah tersebut, bisa dipastikan data yang di Copy tidak akan berantakan. Sudah dipastikan akan Rapi.

Cara Memindah Tabel Excel Ke Word dengan Link dan Format

Ketika kamu menggunakan cara satu ini, maka dipastikan data Word yang sudah di Copy dari Excel. Akan Terhubung. Untuk lebih jelas lagi prosedurnya bagaimana, bisa langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  1. Pertama, kamu harus membuka file atau data Excel terlebih dahulu. Pun tentu membuka Excel yang ingin dipindahkan
  2. Berikutnya Blok data sesuai yang ingin dipindahkan ke Ms. Word
  3. Selanjutnya tekan tombol keyboard CTRl + C seperti biasa
  4. Kemudian nanti tinggal buka aplikasi Ms. Word
  5. Lalu arahkan kursor pada halaman atau lokasi dimana kamu ingin menambahkan tabel Excel
  6. Selanjutnya langsung tinggal klik kanan pada halaman kosong, lalu pilih opsi Paste Value
  7. Dari perintah tersebut, kamu pun bisa pilih lagi opsi Keep Source For Metting.

Nah, secara otomatis semua data tabel dari Ms. Excel akan disalin pada Ms. Word. Sangat simple dan sederhana bukan?

Cara Memindah Tabel Excel Ke Word dengan Fitur Autofit

Prosedur dan langkah berikutnya agar tabel dari Excel bisa pindah ke Ms. Word, adalah dengan menggunakan fitur AutoFit.

Jadi nanti lebar dari tabel bisa disesuaikan dengan lembar kerja di Ms. Word. Kemudian nanti dapat mengikuti langkah berikutnya, dengan panduan di bawah ini.

  1. Pertama, langsung blok terlebih dahulu atau seleksi tabel hasil Copy dari Ms. Excel
  2. Kemudian nanti pilih Tabel Tools
  3. Selanjutnya pilih Layout dan pilih keterangan AutoFit
  4. Dari perintah tersebut, maka secara otomatis lebar tabel dapat disesuaikan dengan ukuran kertasnya.

Kendati demikian, biasanya prosedur ini juga akan sedikit berantakan. Jadi memang kamu tetap harus merapikannya secara manual. Seperti biasa, dengan menggeser-geser garis secara perlahan.

Nah, itulah beberapa metode bagaimana cara memindahkan Tabel Excel ke Word yang bisa kamu pelajari secara baik.

Namun penting untuk diketahui, bahwa Ms. Excel ini sudah dibekali dengan fitur yang berguna untuk melakukan folder hitungan matematika. Atau aritmatika. Agar lebih cepat, tepat, juga lebih efisien.

Jika kamu memang ingin menggunakan data tabel dari Excel dan kemudian di copy ke Ms. Word. Lalu kemudian sering kali mengalami permasalahan, maka itu jadi hal wajar.

Namun kiranya hal tersebut tidak akan jadi permasalahan serius, sebab yang menjadi masalah adalah tabel serta angkanya berantakan. Oleh karena hal tersebut, sudah jadi pilihan tepat bagi kamu mengunjungi artikel ini. Dengannya, data dari Excel yang dipindahkan ke Word menjadi rapi.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Memindah Tabel Excel Ke Word

Bagaimana Jika Tabel yang Dipindahkan Tetap Berantakan?

Sebagai pengguna, kamu harus merapikannya secara manual.

Apakah Metode dan Cara Diatas Bisa Digunakan untuk Semua Versi Ms. Excel?

Ya, bisa.

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.