Cara Menemukan Apl Bawaan di OPPO Reno

Beranda » Cara Menemukan Apl Bawaan di OPPO Reno
Advertisement

Mengenai cara menemukan Apl Bawaan di Oppo Reno sangatlah sederhana untuk dilakukan. Sekalipun kamu memang sebagai pengguna Oppo baru.

Aplikasi bawaan sendiri merupakan sistem aplikasi yang sebelumnya sudah terpasang di perangkat Oppo ketika setelah HP dibeli. Dan ternyata aplikasi bawaan ini pun tidak mutlak permanen, kamu sebagai pengguna bisa menghapusnya atau bisa tidak menggunakannya.

Cara Menemukan Apl Bawaan di Oppo Reno Melalui Setting

Setting atau Pengaturan, merupakan sistem bawaan yang khusus disediakan untuk mengatur dan menyetting semua ketentuan di HP. Mulai dari pengaturan paling ringan, hingga pengaturan paling berat.

Menu Setting tersebut juga dapat digunakan untuk menemukan aplikasi bawaan, sehingga pengguna dapat mengetahui mana aplikasi yang seharusnya dihapus. Jarang digunakan, atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Untuk dapat menemukan daftar aplikasi bawaan apa saja, langsung simak ya.

  1. Pertama, pastikan agar HP Oppo Reno yang kamu miliki atau gunakan sudah terbuka. Siap untuk digunakan
  2. Berikutnya buka menu Setelan atau Pengaturan, persis seperti yang telah disinggung sebelumnya
  3. Jika masuk menu Setelan, maka kamu akan menjumpai beberapa menu baru. Mulai dari Region, Software Update, About Phone, hingga Additional Settings sebagai pengaturan tambahan
  4. Bila ingin menemukan aplikasi bawaan Oppo Reno, maka bisa pilih sub menu dengan keterangan App Management
  5. Dari sistem sub menu App Management tersebut, maka kamu dapat menemukan daftar aplikasi yang sudah terpasang
  6. Pilihan menunya ada App List, Default Apps, App Permissions atau lainnya
  7. Untuk dapat menemukan aplikasi bawaan, maka klik saja langsung Default App
  8. Maka semua aplikasi default atau aplikasi bawaan, akan tampil di sub menu tersebut.

Nah, itulah tentang bagaimana cara menemukan Apl Bawaan di Oppo Reno yang bisa coba kamu aplikasikan. Namun, jika daftar aplikasi bawaannya sudah ditemukan dan diketahui. Apa tindakan berikutnya?

Apakah akan dibiarkan begitu saja? Dihapus, atau bahkan akan digunakan? Jika tidak ingin digunakan dan membuat ruang penyimpanan internal di HP jadi berkurang. Maka kamu harus menghapus aplikasi bawaan tersebut, dan pastikan untuk dapat menghapusnya dengan baik ya.

Cara Menghapus Apl Bawaan di Oppo Reno dengan Mudah

Seperti disebutkan tadi, karena kamu sudah tahu dan paham bagaimana cara menemukan Apl Bawaan di Oppo Reno. Maka secara otomatis akan tahu daftar aplikasi apa saja yang tersimpan secara bawaan.

Jika sudah ditemukan dan memutuskan untuk menghapusnya, kamu bisa coba melakukan beberapa tahapan dan panduannya di bawah ini.

1. Langsung dari Beranda

Maksudnya adalah beranda aplikasi, atau yang biasa disebut dengan home screen. Tempat kumpulan aplikasi yang nampak, ditampilkan menggunakan ikon.

  • Pertama, langsung nyalakan HP Oppo Renonya dan masuk ke halaman beranda aplikasi
  • Cari aplikasi bawaan Oppo Reno yang akan dihapus atau di uninstall secara permanen
  • Berikutnya klik, tap dan tahan aplikasi yang bersangkutan sampai ditampilkan beberapa opsi pilihan
  • Nanti kamu tinggal memilih pilihan Info Aplikasi
  • Advertisement
  • Klik menu tersebut dan pilih opsi Uninstall untuk menghapus aplikasi.

Perintah dan langkah tersebut bisa dilakukan untuk banyak aplikasi. Mulai dari WhatsApp, atau bahkan aplikasi bawaan lain seperti Lazada.

2. Dari Menu Pengaturan

Selain cara menemukan Apl bawaan di Oppo yang disebutkan sebelumnya, kamu pun dapat menghapus aplikasi bawaannya menggunakan menu pengaturan. Dengan catatan jika memang aplikasi bawaannya sudah ditemukan, sudah fix akan dihapus. Caranya adalah:

  • Pertama, langsung buka menu Setting atau menu Pengaturan atau menu Setelan, pilih keterangannya sesuai HP
  • Kemudian cari sub menu Manajemen Aplikasi atau jika menggunakan bahasa Inggris, bisa cari keterangan Apps Management
  • Berikutnya langsung pilih aplikasi bawaan yang akan dihapus
  • Jika sudah ditemukan dan sudah fix akan dihapus, buka aplikasi tersebut dan klik untuk memilih opsi Uninstall
  • Tunggu proses uninstall berlangsung beberapa detik, dan aplikasi bawaan otomatis akan terhapus

3. Dari Apps Market

Toko aplikasi yang dimiliki dan terpasang di HP Oppo Reno tidak hanya Google Play Store saja. Namun pihak Oppo juga secara resmi mengembangkan toko aplikasi sendiri, dan toko tersebut bisa disebut dengan Apps market.

Nah, tidak jarang ada beberapa aplikasi seperti Hot Games atau Hot Apps yang terpasang otomatis. Jika tidak digunakan dan mengganggu, tentu saja kamu sebagai pengguna wajib untuk menghapusnya. Untuk tahu cara menghapus apk bawaan tersebut bagaimana, simak langsung ya.

  • Pertama, langsung masuk ke menu aplikasi Apps Market dan pilih opsi pilihan Tab Saya pada Bagian Bawah halaman aplikasi
  • Berikutnya pilih Tap Ikon Bergerigi, yang akan membawa kamu ke menu Setting dan menu ini terletek dibagian kanan atas halaman aplikasi
  • Selanjutnya kamu bisa langsung menonaktifkan Hot Apps dan Hot Games pada instruksi yang sudah disediakan.

Penting untuk dipahami, bahwa cara menemukan Apl Bawaan di Oppo Reno di atas. Kemudian cara menghapus aplikasi bawaannya. Berlaku untuk semua series dan tipe HP Oppo Reno. Mulai dari tipe Reno 10, 8 hingga 7. Atau bahkan di bawahnya.

Hal tersebut dapat terjadi karena memang pengaturan dan aturannya cukup default, mungkin hanya ada beberapa letak menu atau istilah yang berbeda. Namun secara keseluruhan, semua perintah atau metodenya tidak jauh berbeda.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menemukan Apl Bawaan di Oppo Reno

Apakah Aplikasi Bawaan yang Dihapus Bisa Dipasang Kembali?

Bisa, kamu bisa memasang dan mendapatkannya dari Google Play Store atau dari Apps Market bawaan HP.

Apakah dengan Menghapus Aplikasi Bawaan Akan Menurunkan Performa HP Oppo Reno?

Tidak, kamu dapat tetap menggunakan HP dengan sebagaimana harusnya.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.