Cara Mengaktifkan Tombol Navigasi Samsung [Mudah]

Mengenai bagaimana cara mengaktifkan tombol navigasi Samsung ternyata bisa dibilang sangat sederhana, sangat mudah.

Namun yang penting untuk diketahui adalah, bahwa proses pengaktifan ini bukan sebelumnya tidak ada tombol navigasi. Namun mengubah mode, tipe, atau gaya dan model navigasi menjadi model lainnya. Untuk tahu kelanjutannya bagaimana, simak langsung pembahasan selanjutnya.

Cara Mengaktifkan Tombol Navigasi Samsung Menjadi Beda Model

Beda model disini pun maksudnya adalah mengubah tombol kembali, atau mengubah tombol kembali dengan posisi berbeda dari sebelumnya.

Untuk tahu bagaimana cara mengubah dan memindahkannya, bisa langsung simak pembahasan berikutnya.

1. Nyalakan HP

Hal pertama yang harus dilakukan, adalah dengan memastikan HP Samsung dalam keadaan menyala dan siap digunakan.

2. Masuk ke Settings

Jika sudah menyala dan sudah siap digunakan, maka langsung saja masuk ke menu Settings dengan mencari sub menu Display.

3. Buka Navigator Bar

Jika sudah menemukan sub menu Display, maka kamu langsung gulir layar untuk mencari sub menu Navigator Bar. Klik menu tersebut, dan nanti sistem HP akan menampilkan beberapa opsi perintah lain.

4. Langsung Ganti Tipe Tombol

Karena sudah dipastikan tombol navigasi Samsung otomatis aktif, maka yang bisa kamu lakukan hanya dengan mengganti model. Atau tipe navigasinya saja.

Dengan hal ini, maka pengguna sudah langsung dipersilahkan untuk memilih jenis navigasi yang diinginkan. Ingin hilang, atau ingin navigasinya dihilangkan. Berikan gestur jika ingin menggunakan tombol tersebut.

5. Pilih Opsi Gestur

Nah, jika kamu lebih memilih untuk menghilangkan tombol navigasi di Samsung. Termasuk tombol kembali pada layarnya. Maka pilih keterangan Gesture Swipe From Bottom. Atau keterangan Swipe Form Sides and Bottom.

6. Selesai

Dengan beberapa perintah dan langkah di atas, maka modal navigasi akan berubah. Jika ingin mengubahnya kembali ke model lain, maka kamu bisa langsung aplikasikan cara-cara sebelumnya.

Cara Mengaktifkan Tombol Navigasi Samsung dengan Mengubah Tombol Kembali

Karena tipe dan jenis tombol navigasi di Samsung ini ada dua, yakni yang menampilkan tombol kembali. Serta gesture geser atau swipe yang disebutkan sebelumnya.

Maka jika kamu menggunakan mode tombol yang nampak, seperti adanya tombol kembali. Maka kamu sebagai pengguna ternyata dipersilahkan untuk mengubah posisi tombol kembali sesuai keinginan.

Nah, bagaimana caranya?

  1. Pertama, caranya seperti biasa dengan langsung masuk ke menu Pengaturan
  2. Berikutnya langsung cari sub menu Display atau Tampilan
  3. Lalu geser atau gulir layar menu Display untuk menemukan menu Navigation Bar
  4. Pilih dan tentukan urutan tombol navigasi yang diinginkan
  5. Hal tersebut dapat dilakukan pada bagian Button Order
  6. Apakah posisi tombol kembali ingin disimpan dibagian kiri bawah, atau dibagian kanan bawah
  7. Selesai.

Dengan hal tersebut, maka dipastikan tombol navigasinya sudah aktif. Serta kamu dapat menggunakan tombol kendali sesuai keinginan, sesuai kenyamanan.

Fungsi Tombol Navigasi Samsung

Karena kamu sudah tahu bagaimana cara mengaktifkan tombol navigasi Samsung. Maka mari kita bahas lebih lanjut terkait dengan masing-masing tombolnya. Dengan begitu maka kamu pun akan lebih mengenal HP Samsung sendiri secara lebih baik.

Nah, Navigasi Gesture ini sudah sepenuhnya berlaku dan disediakan di smartphone tipe terbaru. Termasuk di Samsung. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan masih adanya perangkat yang menggunakan tombol home seperti biasa.

Walaupun masih ada yang menggunakan navigasi bar secara fisik, serta di tampilan HP. Masing-masing tombol tersebut tentu memiliki fungsi juga kegunaannya masing-masing.

Mulai dari tombol Recent Apps, Back juga Home. Untuk dapat mengenal masing-masing tombol navigasi tersebut, langsung simak pembahasan di bawah ini ya.

1. Tombol Navigasi Samsung Home

Navigasi home menjadi tombol yang dapat digunakan untuk menutup, atau keluar dari aplikasi. Untuk menuju layar utama. Atau layar depan. Daripada harus menggunakan tombol back, untuk beberapa orang memang lebih senang langsung menggunakan opsi Home.

Ada juga yang saking senangnya dengan tombol back. Ada tombl home, tetap menggunakan opsi tombol home. Selain itu, fungsi tombol Home sendiri bisa dibilang sangat banyak. Tergantung dari sistem perangkat, juga tergantung dari tipe HP Samsung yang digunakan.

Misalnya, tombol Home juga bisa berfungsi sebagai sistem untuk Google Assistant. Dengan cara menahan tombol home untuk beberapa saat. Selain itu, tidak jarang tombol home saat diketuk 2 kali. Biasanya bisa langsung otomatis mengakses aplikasi kamera.

2. Tombol Navigasi Samsung Recent Apps

Nah, berikutnya ada tombol recent apps. Biasanya bisa disebut dengan versi sederhana dari Task manager pada windows. Jika di Task Manager Windows bisa menampilkan banyak informasi. Sedangkan pada tombol Resent Apps HP Samsung sangatlah terbatas.

Selain dapat menampilkan aplikasi yang sebelumnya sudah dijalankan. Pada recent apps pun akan menjadi sebuah tanda aplikasinya masih berjalan. Walaupun sistem berjalannya di layar belakang.

Bila kamu ingin keluar dari aplikasi menggunakan tombol Home atau Back, maka aplikasi pada sistem layar belakang. Tetap berjalan.

Kecuali saat kamu sudah keluar, kemudian menghapus aplikasi terkait dari sistem Recent Apps. Maka aplikasi akan terhenti sepenuhnya. Aplikasi di Samsung dapat berjalan dengan sendirinya. Sebab ada beberapa faktor.

Namun jika tidak tampil pada sistem Recent Apps, penggunaan baterai akan memakan daya beberapa persen saja.

3. Tombol Navigasi Samsung Back

Seperti dengan nama tombolnya, bahwa sistem tombol ini dapat digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya. Bukan kembali ke aplikasi yang sebelumnya sudah dijalankan.

Jika ingin kembali pada aplikasi yang sudah dijalankan atau baru dibuka. Maka kamu dapat memanfaatkan tombol sebelumnya, yakni tombol navigasi Recent Apps.

Tombol Back memang hanya memiliki fungsi tunggal. Yakni kembali. Sedangkan untuk tombol Recent Apps, selain dapat menampilkan aplikasi yang sedang berjalan. Pada kondisi tertentu tombolnya dapat berfungsi sebagai tombol pilihan.

Nah, itulah beberapa informasi tentang bagaimana cara mengaktifkan tombol navigasi Samsung. Hingga fungsi pada masing-masing tombolnya bagaimana.

Kendati demikian, penting untuk dipahami. Bahwa tombol navigasi fisik tidak memiliki banyak fitur seperti halnya sistem navigasi bar. Atau navigasi gesture.

Namun fungsi utamanya tetap sama. Sama-sama bisa digunakan untuk back, bisa digunakan untuk membuka recent apps.

Jadi pada intinya adalah, sistem tombol navigasi di Samsung ini sudah aktif. Atau sudah bisa digunakan. Kamu sebagai pengguna hanya tinggal memilih tipe dan model navigasinya saja. Apakah akan menggunakan tipe navigasi bar, atau menggunakan tipe navigasi swipe. Atau gesture.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengaktifkan Tombol Navigasi Samsung

Apakah untuk Mengaktifkan Tombol Navigasi Samsung Ada yang Menggunakan Aplikasi Tambahan?

Tidak, kamu cukup memahami dan mengaplikasikan beberapa panduan di atas. Panduan di atas sudah lebih dari cukup untuk bisa mengaktifkan, mengubah model, hingga mengubah posisi back sesuai keinginan.

Apakah Panduan Mengaktifkan Tombol Navigasi Samsung di Atas Berlaku untuk Semua Tipe?

Tidak, karena masing-masing HP biasanya akan memiliki sistem tombol navigasi berbeda. Terutama jenis Samsung tipe lama.

Tinggalkan komentar