Cara Menutup Apl Latar Belakang di OPPO Reno Semua Tipe

Beranda » Cara Menutup Apl Latar Belakang di OPPO Reno Semua Tipe
Advertisement

Mengenai bagaimana cara menutup Apl latar belakang di Oppo Reno sangatlah mudah, pun jika melakukannya akan meningkatkan performa HP.

Ulasan kali ini pun bisa diaplikasikan pada semua tipe dan series HP Oppo Reno, mulai dari tipe 7, 8 hingga 10. Jika kamu menjadi salah satu pemilik dan pengguna dari HP tersebut, maka ulasan dan panduan kali ini akan sangat membantu. Bagaimana caranya?

Cara Menutup Apl Latar Belakang di Oppo Reno dengan Lebih Cepat

Panduan kali ini akan dibahas terlebih dahulu dengan cara yang lebih cepat, lebih praktis serta sat set. Metode cepat untuk menghapus aplikasi latar belakang ini, jelas membantu pengguna Oppo Reno menjadi lebih simple dalam melakukannya.

  1. Pertama, langsung klik opsi tombol Recent Apps atau Perangkat terbaru sebanyak dua kali. Atau tahan tombol home untuk beberapa saat
  2. Dari perintah tersebut, maka sistem akan menampilkan beberapa nama aplikasi yang terakhir sudah kamu gunakan, sudah dijalankan dan sudah pernah dibuka
  3. Berikutnya langsung klik ikon Tutup Semua, biasanya ikon dan perintah tersebut akan tersimpan dibagian bawah layar
  4. Dengan perintah tersebut, maka semua Apl latar belakang akan tertutup secara sekaligus dan bersamaan.

Dari metode dan langkah tersebut, kamu bisa dengan mudah menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Tanpa harus menutupnya satu persatu.

Selain cara tersebut, kamu juga masih bisa mengaplikasikan metode lain. Barangkali metode dan cara tersebut belum begitu maksimal, maka kamu bisa coba lakukan cara berikutnya.

Cara Menutup Apl Latar Belakang di Oppo Reno Beragam Tipe

Tidak hanya metode ini saja, metode sebelumnya juga sebenarnya bisa kamu lakukan dibeberapa tipe HP. Untuk lebih lengkapnya lagi bagaimana, simak langsung metode dan langkahnya di bawah ini ya.

1. Buka Setting

Metode dan cara menutup Apl latar belakang di Oppo Reno pertama, adalah dengan buka terlebih dahulu menu Setting. Kamu bisa melakukannya dengan lakukan swipe layar dari atas ke bagian bawah.

Atau langsung cari menu Pengaturan di halaman beranda utama aplikasi. Dan biasanya menu ini akan menggunakan ikon bergerigi sangat unik.

2. Cari Opsi Aplikasi dan Pemberitahuan

Jika HP Oppo Reno kamu menggunakan bahasa Inggris, bisa cari langsung keterangan Apps & Notifications. Klik sub menu tersebut untuk melanjutkan pada proses dan langkah berikutnya.

3. Cari Aplikasi Aktif

Dari sub menu Apps & Notifications tersebut, maka bisa langsung pilih satu dari beberapa opsi. Yakni pilih saja sub menu dengan keterangan Aplikasi Aktif.

Dari hal tersebut, maka secara langsung kamu akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang HP Oppo Reno.

4. Tutup

Nah, jika daftar aplikasinya sudah ditemukan dan sudah tahu apa saja, maka kamu hanya tinggal memilih salah satu aplikasi yang ingin ditutup. Cukup klik atau pilih aplikasi tersebut, buka dan kemudian perhatikan untuk beberapa opsinya.

Jika ingin menutup aplikasinya, maka kamu cukup langsung pilih keterangan tutup. Dengan perintah tersebut, maka sistem aplikasi tidak akan lagi berjalan di latar belakang.

Advertisement

5. Lakukan Konfirmasi

Setelah kamu menentukan opsi Tutup seperti yang telah disebutkan sebelumnya, maka kamu pasti akan melihat pesan konfirmasi. Yakni meminta kamu untuk mengkonfirmasi penutupan aplikasi. Lakukan konfirmasi penutupan dengan memilih Ok, atau Tutup jika sistem memintanya.

Catatannya, kamu dapa mengaplikasikan cara menutup Apl latar belakang di Oppo Reno di tas secara berulang. Pada penutupan aplikasi yang berbeda. Baik itu saat aplikasi WhatsApp berjalan di latar belakang, Telegram, Google Chrome, atau bahkan Kalkulator sekalipun.

Cara Memaksimalkan Penggunaan Oppo Reno Selain Menutup Apl Latar Belakang

Salah satu tujuan dan manfaat dari menghapus Apl latar belakang, adalah pengguna dapat mengosongkan RAM. Sehingga bisa lebih mudah serta ringan untuk digunakan.

Jadi lebih gampang memuat aplikasi di memori, oleh karena itu kamu tidak perlu mengakses kartu SD atau memori internal yang cenderung lebih lambat. Juga aplikasi yang akan lebih responsif, sebab tidak akan dijalankan oleh sistem HP.

Nah, selain dengan menghapus Apl latar belakang. Optimalisasi HP Oppo Reno bisa kamu lakukan beberapa cara dan metode di bawah ini.

1. Memperbaharui Aplikasi Secara Berkala

Pastikan agar kamu dapat terus memperbaharui aplikasi di HP Oppo ke versi terbaru secara berkala. Dengan cara ini, maka semua aplikasi akan berjalan baik. Lalu kinerja HP akan sesuai dengan rancangan pengembang.

Di samping hal tersebut, kamu juga akan dapat menikmati semua bentuk fitur dan layanannya secara maksimal.

2. Lakukan Nonaktif Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika terdapat aplikasi yang jarang digunakan, atau bahkan tidak pernah dibuka sama sekali. Maka usahakan agar dapat mempertimbangkan untuk menonaktifkannya. Atau bahkan lakukan uninstall secara permanen.

Hal tersebut tentu saja jadi akan mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sehingga membuat penggunaan HP jadi lebih ringan, menjadi lebih lancar dan tentu saja lebih nyaman.

3. Coba Batasi Pemberitahuan

Pilih dengan bijak, jenis aplikasi mana yang akan diizinkan untuk memberikan informasi pemberitahuan. Kamu bisa mengaksesnya dari menu Pengaturan dan pemberitahuan aplikasi. Yakni melalui menu Aplikasi dan Pemberitahuan. Dan setting notifikasi bisa diatur sendiri.

4. Menggunakan Mode Hemat Baterai

HP Oppo Series Reno sudah menawarkan pengguna untuk mode hemat baterai, hal ini dapat membantu mengoptimalkan penggunaan daya pakai baterai. Serta mengurangi aktivitas aplikasi di latar belakang.

Aktifkan mode hemat baterai menggunakan menu Setting atau Pengaturan, seperti halnya beberapa penyettingan lain.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menutup Apl Latar Belakang di Oppo Reno

Apakah dengan Menutup Apl Latar Belakang di Oppo Reno, HP Tetap Aman?

Ya, akan tetap aman.

Aplikasi Apa Saja yang Bisa Ditutup dari Latar Belakang?

Semua jenis aplikasi, termasuk default apps.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.