5 Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Mudah

Beranda » 5 Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Mudah
Advertisement

Panduan tentang cara menyalakan senter HP Vivo dipastikan akan sangat gampang dan mudah dipahami. Caranya juga tidak hanya saja.

Tidak jarang masing-masing HP juga sudah menyediakan fiturnya, termasuk HP Vivo yang sekarang ini sedang kamu gunakan. Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara senter HP di Vivo bisa menyala. Dengan beberapa cara, juga langkah berbeda.

Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Fitur Control Center

Langkah menyalakan pertama adalah dengan menggunakan control center, sebagai salah satu fitur yang langsung disediakan oleh Vivo. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, langsung buka sistem control center dengan mengusap layar atau swipe layar dari atas ke bawah
  2. Selanjutnya, perluas fitur control center sampai semua fitur atau menunya ditampilkan
  3. Jika sudah, temukan menu Lampu Senter, maka lampu akan berhasil dinyalakan dan kamu dapat menggunakannya sesuai kebutuhan.

Namun cara ini tidak akan efektif jika sistem HP tidak mampu meresponnya, entah karena kerusakan dari layar HP atau bahkan lainnya. Dan jika ingin tetap menyalakan lampu, maka bisa langsung simak tutorial berikutnya.

Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Volume Bawah

Ya, cara menyalakan senter HP Vivo dengan volume bawah adalah tutorial kedua yang bisa coba dilakukan. Namun untuk menggunakan perintah ini, kamu sebagai pengguna harus melakukan pengaktifan terlebih dahulu pada fiturnya. Dengan cara:

  1. Pertama, langsung masuk ke menu Setting atau Pengaturan yang ada di HP
  2. Selanjutnya cari menu Pintasan dan Aksebilitas
  3. Jika sudah, klik lagi menu Tindakan Cepat
  4. Aktifkan toggle Tindakan Cepat ke sebelah kanan, dan pilih fitur Hidupkan/matikan Senter secara langsung.

Jika fitur tersebut sudah diaktifkan, maka saat layar HP mati. Kamu cukup menekan tombol volume bagian bawah saja untuk menyalakan senternya.

Namun fitur ini hanya bisa digunakan dan diperintahkan jika layarnya memang sedang mati. Jika menyala, jelas tidak akan berfungsi.

Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Menggoyangkan Unit

Jika kamu tidak ingin menyalakan senternya dengan perintah ini itu, maka menggunakan HP Vivo kamu untuk menyalakan senter bisa jadi alternatif paling mudah. Namun catatannya, HP harus berada di layar beranda atau layar kunci dengan keadaan hidup. Caranya bagaimana?

  1. Pertama, langsung buka menu Pengaturan atau Setting yang ada di HP Vivo kamu
  2. Cari lagi menu Pintasan dan Aksebilitas seperti panduan sebelumnya
  3. Pilih fitur menu Gerakan Pintar
  4. Aktifkan toggle Guncang agar senter bisa nyala saat HP digoyangkan
  5. Jika perintah tersebut sudah dilakukan, maka fitur ini akan bekerja sesuai ketentuan yang tadi sudah disebutkan.

Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Google Assistant

Tanpa menggunakan aplikasi dan tanpa harus melakukan perintah pengaktifan menggunakan menu Pengaturan. Karena HP Vivo sudah berbasis Android, maka otomatis sistem operasinya juga terhubung dengan sistem Google.

Nah, Google Assistant merupakan salah satu layanan yang dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan segala bentuk kebutuhannya. Termasuk ketika kamu ingin menyalakan senter tanpa harus ribet menggunakan sistem tambahan. Caranya bagaimana?

Advertisement
  1. Pertama, pastikan HP dan layar dalam keadaan hidup
  2. Selanjutnya kamu tinggal menebak tombol bulat atau home, boleh juga tekan tombol power sekitar beberapa detik
  3. Sistem Google Assistant akan langsung muncul pada layar HP
  4. Jika diperintahkan untuk menggunakan mic, terlebih dahulu klik icon mic
  5. Kemudian kamu hanya tinggal berbicara, coba ucapkan “Turn on the Flashlight”
  6. Secara otomatis, sistem Google Assistant akan langsung menyalakan senternya sesuai dengan perintah yang kamu minta.

Begitulah cara menggunakan Google Assistant jika ingin menyalakan senter dengan perintah suara, dan cara ini jelas sangat mudah. Serta tidak memakan waktu lama. Namun catatannya, dengan cara ini HP kamu harus terkoneksi dengan jaringan internet. Baik itu wifi, atau bahkan mobile data.

Cara Menyalakan Senter HP Vivo dengan Tambahan Aplikasi

Jika dirasa beberapa cara di atas kurang begitu berfungsi, atau bahkan tidak bisa dilakukan. Maka solusi dan cara selanjutnya adalah coba dengan menggunakan tambahan aplikasi. Jadi kamu harus melakukan download dan pemasangan aplikasi dari Google Play Store. Apa saja nama aplikasinya?

1. Flashlight by Splend Apps

Aplikasi satu ini sudah berhasil diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna, rating aplikasinya juga cukup tinggi. Sehingga sangat direkomendasikan untuk digunakan.

2. Flash Alert by Applus Studio

Aplikasinya sangat ringan, jumlah pengunduh aplikasi satu ini juga sudah lebih dari 10 juga pengguna. Jangan ragukan terkait dengan rating, sebab sudah dijamin akan membantu.

3. Flashlight by Lighthouse Inc

100 juta pengguna sudah berhasil menggunakan aplikasi ini, dan tentu saja bisa jadi alternatif untuk menyalakan senter di HP Vivo kamu ketika beberapa uraian sebelumnya tidak mampu bekerja dengan baik.

4. Flashlight Torch Light by Eco Mobile

Nah aplikasi tambahan terakhir adalah aplikasi senter yang jumlah pengunduhnya lebih dari 10 juta pengguna. Ratingnya tinggi, ukuran aplikasinya sendiri hanya sekitar 10 MB saja. Jadi memang tidak akan memakan ruang memori internal yang besar.

Nah, empat rekomendasi aplikasi di atas hanya menjadi aplikasi yang jumlah pengunduhnya sangat terbanyak. Jika kamu ingin menggunakan atau memilih jenis aplikasi lain, cukup cari di Google Store saja dan melakukan pemasangan sesuai panduan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menyalakan Senter HP Vivo

Apakah Menyalakan Senter HP Vivo Menggunakan Google Assistant Berbayar?

Tidak, gratis. Namun untuk menggunakan perintahnya harus menggunakan koneksi internet.

Apakah Menyalakan Senter HP Vivo dengan Tambahan Aplikasi Aman?

Aman, namun pastikan agar aplikasi yang digunakan didapatkan dari Google Play Store dan diinstall sesuai ketentuan.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.