Cara Menyimpan Wordbook pada Excel

Beranda » Cara Menyimpan Wordbook pada Excel

Cara menyimpan wordbook pada excel itu tidaklah sulit. Dengan pengaturan sederhana, proses menyimpan wordbook pada excel bisa dilakukan langsung. Jadi, tak perlu bingung ketika mau simpan wordbook pada Microsoft Excel.

Workbook sendiri adalah lembar kerja pada excel. Dokumen yang ada pada excel itu disebut dengan wordbook. Jika sudah selesai dengan pekerjaan di wordbook, maka penyimpanan jadi hal penting. Berikut ini tata cara menyimpan wordbook pada excel.

Cara Menyimpan Wordbook pada Excel dengan Ikon Save

Salah satu metode untuk bisa menyimpan wordbook pada excel adalah menggunakan ikon save. Sama seperti word, pada excel itu ada ikon disket yang bisa digunakan untuk mempermudah proses penyimpanan. Berikut ini tata cara menyimpan wordbook di excel dengan ikon save.

  • Buka wordbook baru pada excel
  • Mulai isi wordbook dengan data
  • Selesaikan dan sempurnakan isi wordbook
  • Klik ikon save pada bar bagian atas excel
  • Namai file sesuai dengan keinginan
  • Klik opsi save
  • Penyimpanan wordbook dengan ikon save selesai dilakukan

Cara Menyimpan Wordbook pada Excel dengan Tab File

Penggunan fitur file juga bisa dipakai untuk menyimpan wordbook pada excel. Ini adalah metode lain yang bisa dipakai oleh para pengguna excel. Karenanya, pelajarilah cara simpan wordbook dengan pakai tab file. Ini dia penjelasannya penyimpanan dengan tab file.

  • Klik atau buka wordbook baru di excel
  • Mulai isi wordbook dengan data ataupun rumus tertentu
  • Review lagi isi dari wordbook yang dibuat
  • Setelah selesai klik menu file
  • Pilih save as
  • Beri nama file sesuai kebutuhan
  • Simpan wordbook excel
  • Penyimpanan wordbook dengan tab file selesai dilakukan

Cara Menyimpan Wordbook pada Excel dengan Auto Save

Penyimpanan pada wordbook excel itu pada dasarnya juga bisa dilakukan secara otomatis. Lewat penyimpanan secara otomatis, dokumen atau wordbook tak akan mudah hilang. Berikut ini tata mengatur penyimpanan otomatis di wordbook pada excel.

  • Buka wordbook baru pada excel
  • Aktifkan fitur autosave dengan menggeser toogle bar
  • Mulai isi dokumen pada workbook excel
  • File akan tersimpan otomatis secara berkala

Cara Menyimpan Wordbook pada Excel dengan Shortcut

Ada juga metode menyimpan wordbook pada excel dengan memakai shortcut. Kalau menggunakan pintasan atau shortcut, semuanya akan berlangsung lancar. Berikut ini adalah tata cara menyimpan wordbook pada excel dengan shortcut atau pintasan.

  • Klik atau buka wordbook baru di excel
  • Mulai isi wordbook dengan data apapun
  • Periksa lagi isi dari wordbook yang dibuat
  • Setelah selesai klik CTRL + S
  • Tunggu box dialog muncul
  • Beri nama file
  • Klik save pada folder di komputer
  • Penyimpanan dengan shortcut berhasil dilakukan

Memahami Perbedaan Save dan Save As di Excel

Ada perbedaan mendasar dari menu save dan save as pada excel. Perbedaan tersebut harus dicermati para pengguna biar tak keliru. Jadi, perhatikanlah seperti apa perbedaan utama antara menu save dan save as pada excel. Ini dia penjelasannya.

1. Save As untuk Simpan Data Baru

Pada dasarnya, save as pada excel itu digunakan untuk menyimpan data baru. Kalau sedang mengerjakan data baru dan ingin menyimpannya, maka opsi save as bisa langsung dipilih. Pada tahapan ini, pengguna akan diminta untuk memberikan nama pada file yang disimpan.

2. Save untuk Simpan Data yang Sudah Eksis

Sementara itu, save itu berguna untuk melakukan penyimpanan data pada hal yang sudah eksis. Misal seseorang membuka file excel yang sudah ada. Kalau mau menyimpannya lagi, pengguna tak perlu save as lagi. Tinggal pilih opsi save saja untuk melakukan penyimpanan.

Tips Menyimpan Wordbook pada Excel

Ada beberapa tips penyimpanan wordbook pada excel yang bisa dilakukan dengan mudah. Kalau menggunakan tips yang tepat, penyimpanan wordbook pada excel akan jadi lebih mudah. Berikut ini beberapa tips dalam menyimpan wordbook pada excel.

1. Aktifkan Auto Save untuk Mudahkan Penyimpanan

Salah satu tips menyimpan wordbook pada excel adalah selalu mengaktifkan auto save. Dengan mengaktifkan proses auto save, semuanya akan berjalan secara lancara dan mudah. Saat manfaatkan auto save, proses simpan segala macam file akan berjalan lancar.

2. Berikan Nama yang Sesuai

File excel yang disimpan itu harus diberikan nama yang sesuai. Dengan memberikan nama yang tepat dan sesuai, proses mencari file tersebut nantinya akan jadi lebih mudah. Kalau ada nama yang sesuai, penyimpanan wordbook pada excel akan selalu lancar.

3. Manfaatkan Shortcut dengan Baik

Cara menyimpan yang termudah adalah memanfaatkan shortcut. Pemanfaatan shortcut akan memudahkan banyak hal. Termasuk penyimpanan wordbook excel di komputer atau laptop. Langsung gunakan shortcut CTRL + S saja untuk langsung menyimpan.

4. Buat Folder pada Komputer

Agar direktori penyimpanan lebih mudah diakses, maka buatlah folder pada PC atau komputer. Folder pada komputer itu akan membikin semuanya jadi lebih teratur juga. Sedari awal buatlah folder khusus untuk memeprsiapkan direktori penyimpanan.

Alasan Gagal Menyimpan Wordbook pada Excel

Ada sejumlah alasan mengenai kenapa proses menyimpan wordbook pada excel itu alami kegagalan. Semua kegagalan itu harus dicermati dengan baik untuk bisa melakukan pencegahan. Berikut ini beberapa alasan kegagalan dalam simpan wordbook pada excel.

1. Tidak Ada Space Memori

Tidak adanya sisa space memori adalah alasan mengenai kenapa proses menyimpan wordbook pada excel. Biasanya, penyimpanan tak bisa dilakukan ketika file excel terlalu besar dan tak ada lagi ruang yang tersisa di laptop. Lihat dulu apakah ada sisa ruang memori yang bisa digunakan.

2. Ada Error pada Sistem Excel

Adanya error pada sistem excel juga merupakan alasan mengenai kenapa proses menyimpan wordbook pada excel. Error pada aplikasi excel yang digunakan adalah biang keladi dari berbagai masalah, termasuk soal simpan file.

3. File Excel Rusak

File excel yang rusak adalah alasan lain mengenai kenapa proses menyimpan wordbook pada excel. Ketika ada file yang rusak, maka proses menyimpan tak akan bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu, perhatikan apakah file excel yang digunakan rusak atau tidak.

4. Ekstensi File Salah

Ekstensi file yang salah juga jadi salah satu alasan mengenai kenapa proses menyimpan wordbook pada excel. Kalau ekstensi file excel yang mau disimpan keliru, maka upaya penyimpanan wordbook pada excel akan benar – benar bermasalah.

FAQ | Cara Menyimpan Wordbook pada Excel

Apakah bisa menyimpan wordbook pada excel dengan shortcut?

Bisa. Pengguna tinggal menekan tombol CTRL + S untuk melakukan penyimpanan.

Apakah bisa setting auto save untuk menyimpan wordbook pada excel?

Bisa. Tinggal aktifkan saja menu atau fitur auto save yang berada di bagian atas bar excel.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.