Mengenal Kegunaan Aplikasi Microsoft Excel [Lengkap]

Beranda » Mengenal Kegunaan Aplikasi Microsoft Excel [Lengkap]
Advertisement

Mari kita bahas tentang apa saja kegunaan aplikasi Microsoft Excel ketika digunakan. Jadi nanti kamu tidak hanya sekadar pemakai saja, namun juga tahu detailnya bagaimana.

Excel sendiri jadi salah satu aplikasi pengolah data  sangat populer, penggunaannya banyak dan tentu saja dapat membantu para pengguna untuk menyelesaikan setiap pekerjaannya. Termasuk dengan pekerjaan yang nanti akan kamu selesaikan.

Mengenal Sedikit Tentang Aplikasi Microsoft Excel

Ya, Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi atau software spreadsheet yang digunakan untuk mengorganisasi dan juga menghitung. Kemudian menganalisis data numerik dalam memanfaatkan tabel.

Program aplikasi satu ini dirancang khusus oleh Microsoft Corporation dan pertama kali diperkenalkan tepat di tahun 1985. Excel pun memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan penghitungan matematika. Membuat grafik, hingga menyajikan data dalam bentuk yang lebih gampang untuk dipahami.

Lantas Apa Kegunaan Aplikasi Microsoft Excel

Microsoft Office mengembangkan dan membuat produk Excel, tentu saja bukan tanpa tujuan dan manfaat. Apalagi dengan Excel, terdapat banyak fitur juga tools yang mampu memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengolah data.

Untuk lebih detail dan jelas lagi apa saja kegunaannya, yuk langsung simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Menghitung Data

Kegunaan pertama  bisa kamu pahami dan ketahui, adalah aplikasi Excel dapat digunakan untuk menghitung data. Excel menghadirkan beragam macam rumus serta fungsi matematika yang bisa digunakan untuk menghitung secara otomatis.

Salah satunya adalah dengan rumus Fungsi SUM, dapat digunakan untuk menjumlahkan data. Kemudian rumus fungsi AVERAGE, dapat digunakan untuk mencari rata-rata. Selanjutnya ada rumus MAX hingga MIN, digunakan untuk menemukan nilai terbesar dan kecil.

2. Mengorganisir Data

Kemudian salah satu kegunaan aplikasi Microsoft Excel lainnya, adalah aplikasinya mampu mengorganisir data dengan sangat baik. Seperti memungkinkan pengguna membuat tabel serta daftar data  terstruktur.

Datanya mudah dibaca, juga menyediakan banyak fitur untuk memudahkan pengguna dalam memasukkan data. Excel juga menyediakan fitur autofill, guna mengisi kolom hingga baris yang sama dengan data yang sudah dimasukkan sebelumnya.

3. Membuat Grafik

Setelah memasukkan beberapa data base ke dalam Excel, maka kamu ternyata bisa memilih jenis grafik  diinginkan. Mulai dari jenis grafik lingkaran, garis grafik, hingga garis batang.

Kamu pun ternyata dapat menyesuaikan tampilan data grafik, dengan menambahkan beberapa elemen. Seperti dengan label, atau beberapa keterangan lain agar data grafik jadi lebih informatif. Serta mudah dibaca.

4. Menganalisis Data

Nah, salah satu kegunaan utamanya ternyata dapat menganalisis data. Dengan menggunakan fungsi rumus secara tepat, sehingga pengguna dapat menghitung persentase perubahan. Selisih diantara data, hingga menghitung rata-rata dari sekelompok penyajian data.

Aplikasi Microsoft Excel juga menyediakan fitur pivot table, yang memungkinkan pengguna dapat menyajikan data di dalam tabel dinamis. Yang bisa diubah dengan cepat, untuk melihat informasi yang berbeda.

5. Membuat Laporan

Ya, aplikasi dan fitur yang disediakan bisa digunakan untuk membuat laporan  lebih rapi. Kemudian mudah dibaca. Dengan menyusun data dalam tabel serta grafik  tepat. Pengguna juga bisa menghasilkan laporan yang menjelaskan informasi sangat penting.

Advertisement

Fitur tersebut seperti filter, sort. Guna membentuk kamu untuk mengelola serta menampilkan data yang tepat. Serta akurat.

Itulah beberapa kegunaan aplikasi Microsoft Excel yang bisa kamu pahami dengan baik, serta tepat. Untuk selanjutnya, kamu dapat mengetahui tentang apa saja fitur yang dihadirkan oleh aplikasinya.

Fitur dari Aplikasi Microsoft Excel, Apa Saja?

Aplikasi pengolah data numerik satu ini menawarkan beragam fitur serta alat yang bisa digunakan oleh pengguna. Untuk memasukkan, mengelola, serta menganalisis data. Fitur-fitur tersebut tentu saja dapat digunakan untuk pengelolaan data.

Kemudian menganalisis data, pembuatan grafik, hingga penghitungan statistika matematika. Untuk lebih jelas lagi apa saja fiturnya, yuk langsung simak poin-poinnya di bawah ini secara lengkap.

1. Lembar Kerja           

Ya, aplikasi Excel menghadirkan lembar kerja yang terdiri dari sel-sel dalam kolom serta baris. Bisa digunakan untuk memasukkan data dan melakukan penghitungan secara tepat.

2. Fungsi Matematika

Fitur lain yang dapat dijumpai, adalah dengan hadirnya fitur untuk menghitung data. Aplikasi Excel ini menghadirkan banyak fungsi matematika. Mulai dari SUM, MIN, MAX, AVERAGE, COUNT.

Dimana beberapa fungsi dan rumus tersebut memungkinkan pengguna dapat melakukan penghitungan otomatis. Pada data yang kamu masukkan, atau sajikan di dalam lembar kerja.

3. Pivot Table

Excel juga menyediakan fitur PivotTable, memungkinkan pengguna untuk dapat membuat tabel dinamis. Serta menyajikan data secara terorganisir lebih baik.

4. Grafik

Grafik yang disediakan sangat banyak, mulai dari jenis line hingga pie yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Format

Menghadirkan beragam opsi format, guna memungkinkan kamu dapat mengubah tampilan sel serta data. Border, hingga font serta format data.

6. Formula dan Fungsi

Kemudian Excel juga menyediakan fitur fungsi matematika, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan perhitungan secara otomatis pada beberapa data. Mulai dari IF, VLOOKUP, AVERAGE, hingga SUM.

7. Proteksi

Lalu fitur terakhir adalah fitur proteksi, yang memungkinkan pengguna untuk dapat melindungi data dengan memberikan kata sandi atau mengunci selnya secara baik.

Itulah beberapa fitur yang dihadirkan oleh aplikasi Microsoft Excel, sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

FAQ │Pertanyaan Tentang Kegunaan Aplikasi Microsoft Excel

Apakah Menggunakan Microsoft Excel Membutuhkan Jaringan Internet?

Jika ingin menggunakan beberapa fitur tertentu, seperti template. Maka membutuhkan jaringan internet.

Siapa Saja yang Boleh Menggunakan Microsoft Excel?

Semua orang, yang utama adalah mereka yang bisa menjalankan semua tools dan fiturnya.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.