Rumus Barcode di Excel dan Cara Membuatnya

Membuat rumus barcode di Excel ternyata sangat sederhana, asalkan kamu dapat memahami setiap langkah dan setiap panduannya dengan baik.

Barcode sendiri merupakan kode yang terdiri dari kumpulan data optik. Berupa garis tipis, serta tebal. Yang berisikan informasi mengenai sebuah produk atau bahkan barang tertentu. Untuk lebih lengkapnya lagi bagaimana, yuk langsung simak pembahasan berikutnya.

Mengenal Rumus Barcode di Excel

Menyambung dengan pembahasan sebelumnya, bahwa data-data yang disajikan pada Barcode hanya bisa diketahui dengan menggunakan alat. Dan alat tersebut disebut dengan Barcode Scannter.

Dari hasil pemindaian atau scanning, maka Barcode akan diketahui datanya. Mulai dari harga, merk, hingga namanya.

Namun ternyata kini Barcode juga sering digunakan untuk ID dalam nametag disebuah acara sekolah. Atau bahkan kampus hingga perusahaan. Dengan hal tersebut, maka kamu harus coba mempelajari bagaimana cara membuat Barcodenya.

Berikut Rumus Barcode di Excel yang Bisa Dipelajari

Bisa dipastikan, cara untuk membuatnya sangat mudah. Barcode di Ms. Excel memiliki tambahan beberapa fitur. Seperti dengan memasukkan penambahan barcode dengan beberapa add-on minor. Seperti font baru. Untuk lebih lengkapnya bagaimana, simak penjelasan di bawah ini.

1. Install Font untuk Barcodenya

Langkah pertama yang dapat dilakukan jika ingin membuat Barcode di Ms. Excel, adalah dengan memiliki font Barcode di Excelnya.

Jika belum memiliki jenis font tersebut, maka kamu dapat mengunduhnya secara gratis melalui situs khusus. Yakni di https://www.dafont.com/3of9-barcode.font. Saat proses pengunduhan berlangsung, usahakan agar dapat menggunakan jaringan internet stabil.

2. Unzip File Font

Jika sudah selesai proses unduhan, maka buka langsung font yang baru saja selesai di download dan pastikan jalankan file setup untuk menginstall fontnya.

3. Buka Ms. Excel

Selanjutnya, langsung buka aplikasi Ms. Excel dan buat tabel kosong. Mulai input data dalam kolom pertama secara default. Tipe data akan bersifat umum.

Dan untuk membantu kamu membuat Barcodenya, tetapkan tipe data secara manual ke kolom seperti tipe data teks.

4. Mencantumkan Formula

Selanjutnya kamu dapat menulis formula untuk menghasilkan barcode. Mulai memilih sel yang berdekatan dengan input, serta menulis rumusnya secara tepat.

“*”&A2&”*” atau “(“&A2&”)”

Ketika rumus tersebut sudah kamu input secara tepat, maka kamu dapat menyeret rumus kebagian bawah. Guna menerapkan rumus ke semua cell di bawahnya.

5. Selesai

Terakhir, tinggal pilih kolom yang dihasilkan dan pilih font barcode dari dropdown menu font yang sudah diinstall sebelumnya. Kamu bisa mendapatkan hasil nomor serta barcode disebelahnya secara otomatis.

Nah, itulah rumus barcode di Excel yang bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kamu. Selain dengan rumus, kamu juga bisa melakukan pembuatan barcode dengan cara lain.

Cara Lain untuk Membuat Barcode di Excel

Langsung saja kamu simak beberapa langkahnya di bawah ini, dan pastikan setiap langkah diaplikasikan secara baik.

1. Download Terlebih Dahulu Font

Untuk download font, kamu dapat mengulangi tahap atau perintah sebelumnya. Hal ini dilakukan lagi karena memang secara default tidak disediakan fontnya di PC atau laptop.

2. Langsung Extract File

Jika file download font sudah terunduh, maka langsung saja lakukan Extract file. Nanti klik kanan di fielnya, dan pilih opsi keterangan Extract Fle.

3. Copy Font

Untuk melakukan copy, kamu bisa melakukannya ke folder This PC-Local Disk (C)-Windows-Font. Jika sudah, langsung saja klik paste hingge file fontnya tersimpan di folder tersebut.

4. Membuka Ms. Excel

Silahkan langsung buka aplikasi Ms. Excel di laptop atau PC yang biasa kamu gunakan.

5. Membuat Tabel Kode dan Barcode

Ya, silahkan kamu buat tabel yang berisi data Kode dan Barcode. Hal ini dilakukan untuk memudahkan melihat hasilnya bagaimana.

Nanti tinggal isi kode yang diinginkan. Namun penting untuk diperhatikan, bahwa ketika menuliskan kode angka. Maka kamu harus mengapitnya menggunakan simbol atau karakter bintang (*). Sebab jika tidak menggunakan simbol tersebut, maka sistem Excel tidak akan membaca kode tersebut.

Misalnya kode tersebut adalah *22335*.

6. Klik Tabel Barcode

Berikutnya masuk dan klik di tabel Barcode, langsung tulis rumus saja. Misalnya:

=A2

A2 tersebut merupakan tempat dan alamat kode yang tadi sudah dituliskan. Dengan perintah ini, maka isi kotak tabel barcode akan sama seperti kotak kode sebelahnya.

7. Lakukan Blok

Maksudnya adalah highlight, tujuannya untuk mengganti bentuk atau jenis font. Dengan menggunakan font yang telah diunduh sebelumnya.

Lakukan blok pada kode tadi, dan ubah font menjadi Free 3 of 9 secara langsung. Dan dengan perintah ini, maka barcode akan otomatis muncul.

Bagaimana? Caranya cukup mudah dan sangat sederhana bukan? Jadi nanti untuk membuat barcode kamu tidak harus menggunakan aplikasi khusus. Atau tambahan aplikasi pihak ketiga.

Jika sudah memiliki Microsoft Office dan ingin memanfaatkan fitur yang disediakan Ms. Excel. Maka tinggal buka dan gunakan saja. Tambahannya, kamu hanya diharuskan untuk mengunduh terlebih dahulu font tambahannya.

Kelebihan Memanfaatkan Rumus Barcode di Excel

  1. Cepat dan gratis
  2. Pembuatan barcode tidak membutuhkan aplikasi tambahan, hanya saja membutuhkan font tambahan untuk pembuatan barcodenya
  3. Bisa membuat katalog dan daftar produk secara langsung
  4. Saat mengedit dan menghapus daftar produk di excel, maka barcode akan otomatis tersunting otomatis
  5. Pelacakan stok barang bisa lebih mudah.

FAQ │Pertanyaan Tentang Rumus Barcode di Excel

Apakah Menggunakan Rumus Barcode di Excel Membutuhkan Koneksi Internet?

Tidak, hanya saat pengunduhan font membutuhkan jaringan internet stabil.

Siapa yang Bisa Menggunakan Rumus Barcode di Excel?

Semua orang yang hendak membuat barcode di excel.

Tinggalkan komentar