Cara Aktifkan NFC Samsung dengan Mudah

Beranda » Cara Aktifkan NFC Samsung dengan Mudah
Advertisement

Mengenai bagaimana cara aktifkan NFC Samsung sangat mudah, kamu juga bisa melakukannya dengan sangat sederhana.

NFC sendiri merupakan salah satu fitur yang ada di perangkat smartphone, dan Samsung sudah dibekali dengan fitur canggih tersebut. Dari fitur canggih ini, kamu dapat mengenali dan memanfaatkan fiturnya untuk memaksimalkan penggunaan HP lebih optimal.

Cara Memeriksa Ketersediaan NFC Samsung

Pada umumnya untuk memeriksa ketersediaan fitur NFC sangatlah mudah, karena biasanya sebelum pembelian dilakukan. Kamu akan mencari informasi detail mengenai spesifikasi perangkatnya bagaimana.

Bahkan fitur NFC ini biasanya akan ditampilkan keterangannya di kotak kemasan HP. Walaupun memang pada umumnya untuk Samsung series terbaru pasti memiliki NFC.

Kamu tetap harus memastikannya. Hal ini penting. Karena jika tidak ada fitur NFC, maka proses pengaktifan tidak akan pernah bisa dilakukan.

Cara Aktifkan NFC Samsung dari Pengaturan

Ya, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan fitur NFC. Adalah kamu bisa mengaktifkannya menggunakan menu Settings, atau menggunakan menu Pengaturan. Hal ini sangat sederhana, dan kamu bisa melakukannya dengan cara di bawah.

1. Buka Menu Pengaturan

Hal pertama sebagai langkah dan cara aktifkan NFC Samsung, adalah dengan membuka menu Pengaturan pada perangkat. Biasanya ikon menu Pengaturan akan memiliki tampilan roda bergerigi. Atau sejenisnya yang mirip.

Kamu dapat menemukan menu pengaturan langsung di layar utama atau bahkan di laci aplikasi.

2. Cari Opsi NFC

Di menu Pengaturan, dapat mencari dan memilih sub menu Koneksi. Atau keterangan Nirkabel & Jaringan. Tergantung dari jenis UI atau versi antar muka Samsung yang digunakan.

Dalam tahap ini,  harus bisa menemukan opsi untuk mengelola fitur NFC secara langsung. Atau opsi untuk mengaktifkan fiturnya.

3. Aktifkan NFC

Kemudian kini saatnya mengaktifkan fitur NFC, atau Near Field Communication. Aktifkan tombol toggle pengaktifan yang tersedia. Setelah hal tersebut dilakukan, maka perangkat Samsung kamu sudah siap menggunakan fitur NFC yang sangat canggih.

Penting untuk diingat, bahwa setiap model dan series Samsung akan memiliki versi UI atau antar muka yang berbeda-beda.

Untuk beberapa perangkat biasanya akan menggunakan keterangan atau penamaan. Hingga penempatan Pengaturan yang berbeda-beda.

Agar kamu tidak pusing atau merasa bingung dengan penggunaan istilahnya, maka bisa memanfaatkan fitur Quick Settings. Hanya saja  harus menambahkan ikonnya terlebih dahulu. Sehingga pada menu Quick Settings bisa ditemukan ikonnya.

Cara Aktifkan NFC Samsung dari Quick Settings

Setiap HP canggih, atau smartphone keluaran zaman sekarang. Dipastikan akan memiliki fitur Quick Settings. Dan HP Samsung yang kini sedang kamu gunakan pun pasti memilikinya, juga bisa langsung digunakan. Bagaimana cara mengaktifkannya?

  1. Pertama, langsung tarik status bar dari bagian atas ke bagian bawah. Dan hal ini dilakukan untuk membuka sistem fitur Quick Settings
  2. Berikutnya klik keterangan More Options atau yang menggunakan ikon titik tiga
  3. Selanjutnya cari keterangan Edit Button atau Button Order
  4. Kemudian bisa langsung cari ikon NFC yang biasanya akan menggunakan ikon N
  5. Tarik ikon NFC tersebut pada bagian yang aktif
  6. Lalu sesuaikan pengaturan tata letaknya, hingga  merasa mudah untuk menemukannya
  7. Jika sudah, selesaikan proses ini dengan klik Done
  8. Bila proses tersebut berhasil, maka menu NFC pada Quick Settings pasti akan muncul. Dan kamu hanya perlu mengetuk fitur tersebut untuk mengaktifkannya.

Setelah cara aktifkan NFC Samsung berhasil dilakukan, baik itu melalui menu Pengaturan atau bahkan menu Quick Settings. Maka  bisa langsung menggunakan fiturnya sesuai kebutuhan.

Kamu pun hanya perlu membuka aplikasi yang diperlukan, kemudian mendekatkan body belakang HP dengan beberapa perangkat NFC lain. Yang sudah didukung dengan fiturnya.

Cara Menggunakan NFC Samsung

Karena fitur NFCnya sudah diaktifkan, maka kamu pun hanya perlu menggunakannya. Karena jika NFC tidak diaktifkan, akan lebih baik kamu nonaktifkan saja. Hal ini dilakukan agar baterai di HP tidak cepat habis, atau menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan.

Kamu dapat mulai memanfaatkannya dengan beragam cara, untuk tahu contoh penggunaan fitur NFC apa saja. Yuk simak uraian berikut ini.

1. Membaca Tag NFC

Beberapa produk atau layanan yang menggunakan tag NFC, biasanya akan berisi informasi tambahan. Kamu bisa membaca tag tersebut dengan pengaktifan fitur NFC. Dengan mendekatkan perangkat Samsung, langsung ke tag tersebut.

Misalnya saja kamu dapat membaca tag NFC pada sebuah poster iklan. Biasanya cara ini dilakukan untuk mendapatkan tautan langsung ke alamat website. Atau menambahkan kontak dengan cepat ke daftar buku telepon kamu.

2. Transfer Dokumen

Atau file. Namun pastikan agar perangkat yang ingin melakukan transfer, atau menerima transfer memiliki fitur NFC aktif.

Untuk melakukan transfer dari perangkat, kamu bisa mendapatkan file atau dokumennya dari File atau Galeri.

Pilih dan tentukan jenis file yang ingin dibagikan. Kemudian langsung dekatkan perangkat dengan perangkat yang akan menerima. Maka proses transfer menggunakan NFC bisa segera kamu mulai secara langsung.

3. Melakukan Pembayaran

Nah, ternyata fitur NFC ini memungkinkan pengguna bisa melakukan pembayaran secara virtual. Pun secara mobile menggunakan Samsung.

Dari hal tersebut, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi pembayaran seperti Samsung Pay sudah terpasang dan tersimpan secara baik pada perangkatnya.

Kegunaan NFC Samsung Bagi Pengguna di Kehidupan Sehari-hari

Selain memahami pembahasan sebelumnya, termasuk dengan bagaimana cara aktifkan NFC Samsung. Maka kamu juga harus tahu apa kegunaan lanjutan dari NFCnya. Karena pihak pengembang pun tidak mungkin menyediakan fiturnya, jika tanpa tujuan dan kegunaan.

1. Berbagi Kontak

Kegunaan untuk berbagi kontak ini, dapat dilakukan antar HP. Namun tentu saja  syaratnya kedua ponsel yang akan berbagi kontak, harus sama-sama memiliki fitur NFC.

Cara membagikan kontaknya sendiri terbilang sangat sederhana. Dimana kamu hanya cukup membuka aplikasi kontak yang ada di HP. Kemudian memilih kontak yang akan dibagikan.

Dari perintah tersebut, langsung buka menu. Lalu klik opsi Share. Berikutnya pilih Share Contact (vcf) dan pilih Quick Share menggunakan NFC Share.

2. Kontrol ke Gadget Smart Home

Kamu ternyata bisa mengatur tag NFC ke gadget smarthome yang ada di rumah. Dan untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mendekatkan jarak keduanya.

3. Mentransfer Data

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa transfer data atau file dan dokumen dapat dilakukan dengan menggunakan NFC. Namun tentu harus dipastikan, bahwa masing-masing perangkat yang akan transfer harus memiliki fitur NFC.

4. Memasangkan Dua Gadget

Gadget yang dimaksud tidak hanya sekadar smartphone saja, namun juga bisa terhubung dengan DSLR, perangkat audio, hingga printer.

5. Transaksi Cardless

Kemudian kegunaan NFC berikutnya adalah NFC bisa digunakan untuk mengecek hingga mengisi saldo kartu uang elektronik dengan mudah. Fitur ini berguna bagi kamu yang sehari-harinya melakukan pembayaran tanpa uang cash.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Aktifkan NFC Samsung

Apakah Tidak Menggunakan NFC Akan Membuat Kualitas HP Menurun?

Tidak.

Apakah Menggunakan NFC Harus Berbayar?

Tidak

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.