8 Cara Menambah Penyimpanan Internal HP Samsung [Mudah]

Beranda » 8 Cara Menambah Penyimpanan Internal HP Samsung [Mudah]
Advertisement

Tentang bagaimana cara menambah penyimpanan internal HP Samsung, ternyata ada beberapa cara. Dan caranya juga terbilang sangat mudah.

Kamu sebagai pengguna dan pencinta HP Samsung, cukup memahami dan memilih cara mana yang paling gampang. Juga berkerja 100% saat dijalankan. Dengan begitu, maka penyimpanan internal di HP bisa lebih luas, buat HP tidak menjadi berat.

Cara Menambah Penyimpanan Internal HP Samsung dengan Hapus Media WA

WhatsApp ternyata menjadi salah satu aplikasi yang menghabiskan banyak ruang penyimpanan di HP Samsung. Hal ini dapat terjadi karena banyak file yang tersimpan.

Oleh karena hal tersebut, dengan menghapus media di WhatsApp dapat menambah memori penyimpanan internal di HP Samsung. Bagaimana cara melakukannya?

  1. Pertama, langsung buka aplikasi WhatsApp dan klik menu titik tiga dibagian pojok kanan atas aplikasi
  2. Berikutnya buka menu Pengaturan, kemudian cari sub menu Penyimpanan & Data
  3. Geser atau gulir untuk mencari sub menu Unduhan Otomatis Media
  4. Klik keterangan tersebut, dan pilih Saat Menggunakan Data Seluler
  5. Batalkan pilihan semua opsi yang dipilih pada pop up
  6. Klik OK untuk menyimpan pengubahan

Untuk dapat menghapus media dari WhatsApp pun bisa coba kamu lakukan dari aplikasi My Files. Atau yang biasa disebut dengan File Manager. Hal ini bisa membuat kamu dapat menghapus beberapa file dokumen yang tidak lagi digunakan.

Cara Menambah Penyimpanan Internal HP Samsung dengan Hapus Aplikasi

Maksudnya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak diinginkan, hal ini tentu saja secara otomatis akan memakan ruang penyimpanan di HP. Dengan begitu, maka secara otomatis juga ruang penyimpanan internal menjadi lebih sempit.

Untuk dapat melakukan cara ini, kamu bisa coba langsung aplikasikan beberapa langkah di bawah ini.

  1. Pertama, langsung buka menu Pengaturan atau menu Settings. Lalu langsung cari sub menu Aplikasi
  2. Cari dan gulir daftar aplikasi yang akan atau ingin dihapus
  3. Buka aplikasi tersebut, kemudian pilih keterangan opsi Uninstall
  4. Dengan tindakan dan perintah tersebut, maka dapat dipastikan aplikasinya akan hilang atau terhapus secara permanen.

Menghapus aplikasi tidak penting ini pun dapat dilakukan langsung dari homescreen, atau dapat kamu lakukan pencopotan dari Google Play Store.

Cara Menambah Penyimpanan Internal HP Samsung dengan Menghapus Unduhan

Setelah melihat file unduhan atau file download yang dilakukan. Maka kamu pun dipastikan akan menutupnya, kemudian tidak akan pernah lagi memikirkan tempat lokasi penyimpanannya dimana.

Oleh karena hal tersebut, sangat penting bagi kamu untuk dapat membuka folder unduhan sesekali. Kemudian menghapus file yang tidak lagi diperlukan. Juga tidak pernah lagi dibuka.

Folder tersebut biasanya akan disimpan atau tersimpan dibagian aplikasi File Saya. Atau aplikasi File Manager.

Cara Menambah Penyimpanan Internal HP Samsung dengan Memindahkan ke Cloud

Samsung menjadi salah satu satu merk HP Android yang menyediakan fitur cloud. Jadi sistem penyimpanannya virtual, dengan kapasitas penyimpanan yang tentu saja besar.

Namun untuk menggunakan fitur ini, pengguna diharuskan untuk membayar. Atau melakukan langganan. Namun tidak perlu khawatir, karena dipastikan tidak akan mahal. Dan tidak akan menguras dompet kamu. Bagaimana cara menggunakannya?

  1. Pertama, langsung buka Foto Google dan arahkan pada ikon Profil dibagian pojok kanan atas halaman aplikasi
  2. Klik Pengaturan Foto
  3. Berikutnya langsung Gulir ke opsi menu Cadangkan & Sinkronisasi
  4. Pastikan toggle yang tersedia pada halaman aplikasi sudah aktif
  5. Setelah gambar yang penting disimpan, maka secara aman sistem Cloud akan menyimpannya. Kamu bisa menghapusnya dari penyimpanan internal, pun akan membuat ruang penyimpanan jadi lebih luas.

Cara Menambah Penyimpanan Internal HP Samsung dengan Google Drive

Tidak hanya pencadangan online menggunakan fitur Cloud dari Samsung, namun kamu juga dapat memanfaatkan sistem penyimpanan yang disediakan oleh Google. Nah, bagaimana cara menggunakannya?

Advertisement
  1. Pertama, langsung buka aplikasi Google Drive di HP kamu yang dipastikan sudah otomatis terpasang
  2. Berikutnya klik tombol Plus atau ikon Plus
  3. Berikutnya langsung lakukan upload, atau unggah pada file dokumen yang ingin disimpan secara online.

Sekarang file kamu sudah tersimpan atau terunggah di Google Drive. Kamu dapat menghapus dokumennya dari penyimpanan internal.

Di samping hal tersebut, upayakan agar akun Google Drive yang digunakan adalah akun pribadi. Tidak menggunakan akun dan tidak menggunakan data orang lain.

Cara Menambah Penyimpanan Internal HP Samsung dengan Rekam Video Resolusi Rendah

Secara otomatis, ketika pengguna Samsung melakukan perekaman sebuah video. Maka file tersebut akan otomatis tersimpan di memori internal. Jika resolusi pada video yang digunakan sangat tinggi, maka otomatis ukuran videonya juga akan sangat besar.

Apalagi saat ini sudah banyak ponsel Samsung yang menggunakan video dalam ukuran 4K. Tidak bisa dipungkiri, bahwa hal tersebut akan membuat kualitas video sangat baik.

Namun jika video dengan kualitas tersebut, akan otomatis membuat ruang penyimpanan menjadi sempit. Jika sekiranya resolusi 4K tidak begitu diperlukan, maka akan lebih baik jika kamu dapat mempertimbangkan untuk melakukan perekaman dalam resolusi rendah.

Tujuannya tentu saja agar memori penyimpanan tidak begitu besar. Kamu pun tidak perlu khawatir. Walaupun proses perekaman tidak menggunakan resolusi 4K, hasil dari kamera Samsung akan membuat hasilnya tetap bagus. Dan baik.

Cara Menambah Penyimpanan Internal HP Samsung Memindahkan Apps ke SD Card

Panduan ini hanya berlaku bagi perangkat Android yang masih menghadirkan slot untuk SD Card. Namun dapat dipastikan, HP Samsung banyak menyediakan hal ini.

Jika dirasa HP Samsung kamu sudah melambat, lemot, atau bahkan lag. Maka pastikan agar kapasitas memori internal, atau bahkan RAMnya tidak habis.

Pada umumnya aplikasi yang terpasang akan memakan memori RAM. Pun jika sudah penuh, maka sistem akan memindahkan memori penyimpanan pada memori internal. Sehingga kapasitas penyimpanan terus berkurang.

Jika sudah dirasa sangat penuh, maka kamu dapat memindahkan beberapa aplikasi di memori internal. Memori eksternal. Atau biasa juga disebut dengan SD Card.

Namun sebelum proses pemindahan dilakukan, pastikan agar memori SD Card juga besar untuk dapat menampung beberapa aplikasi tersebut. Sehingga aplikasi berat seperti games online, bisa dipindahkan secara langsung.

Cara Menambah Penyimpanan Internal HP Samsung dengan Hapus Cache

Cache ini bisa disebut dengan file sampah, atau file tidak penting. Dan kebanyakan pengguna tidak menyadari hal ini. Padahal ternyata file cache dapat memakan ruang penyimpanan internal dalam jumlah besar.

Untuk dapat menghapus cache, kamu dapat melakukannya dengan menggunakan sistem fitur bawaan Samsung. Atau penghapusan cache juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Yang mana aplikasi tersebut bisa didapatkan resmi dari Play Store.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menambah Penyimpanan Internal HP Samsung

Apakah Sistem Penyimpanan RAM Samsung Bisa Ditambah?

Tidak. Namun bisa diakali dengan menghapus beberapa aplikasi terpasang.

Apakah Cara di Atas Bisa Diaplikasikan Pada Semua Tipe HP Samsung?

Ya, bisa.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.