Cara Blok di Excel Pakai Keyboard Mudah Banget Lho

Beranda » Cara Blok di Excel Pakai Keyboard Mudah Banget Lho

Tentang cara blok di Excel pakai Keyboard sangatlah mudah, dan cara ini pun bisa disebut dengan cara menggunakan shortcut.

Sebenarnya ada banyak cara untuk bisa blok data di Excel, dan kamu dapat mempelajarinya di dalam kesempatan sekarang. Selain menggunakan shortcut atau keyboard, kamu juga bisa melakukannya menggunakan Mouse loh.

Cara Blok di Excel Menggunakan Keyboard Pada Cell Berdekatan

Ya, pada kesempatan kali ini akan dibahas lengkap terkait dengan cara blok di Excel. Baik itu di cell Excel yang bersebelahan, atau bahkan terpisah. Untuk lengkapnya bagaimana, simak langsung penjelasannya di bawah ini sampai tuntas.

Menggunakan Tombol SHIFT

1. Tentukan Cell yang Akan Diedit

Ya, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengklik cell pertama yang akan diedit. Kamu bisa menggunakan mouse untuk menempatkan kursor di cell tersebut. Atau alternatifnya bisa menggunakan tombol keyboard navigasi untuk memilih cell yang nanti diinginkan.

2. Tekan Tombol Shift

Tidak hanya sekadar menekan, namun juga harus sambil menahannya. Kemudian klik cell terakhir pada area yang ingin diedit.

3. Selesai

Dengan mengikuti langkah ini, maka kamu sudah mengerjakan data yang besar. Serta memungkinkan kamu untuk dapat memilih beberapa cell secara cepat. Tanpa harus menyeretnya secara manual.

Nah, ternyata selain menggunakan keyboard atau shortcut Shift. Kamu juga bisa menggunakan tombol CTRL loh, bagaimana cara menggunakannya?

Menggunakan Tombol CTRL

Ya, cara blok di Excel pakai keyboard selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tombol CTRL. Untuk lebih lengkapnya bagaimana, simak langsung penjelasan lengkapnya di bawah ini ya.

  1. Pertama, klik langsung cell yang akan disorot atau akan diblok
  2. Berikutnya langsung tekan tombol CTRL di papan keyboard dan klik setiap cell atau range individu yang akan diedit
  3. Jika sudah selesai, langsung lepaskan tombol CTRLnya.

Bagaimana? Cara blok di Excel pakai keyboard CTRL ini sangat sederhana bukan? Dan selain itu, ternyata kamu juga masih bisa memanfaatkan tombol keyboard lainnya.

Menggunakan Tombol SHIT+F8

Untuk dapat memilih beberapa cell atau range yang tidak berdekatan antara satu cell dengan lainnya. Ternyata dapat memanfaatkan kombinasi tombol keyboard dari SHIFT+F8. Metode dan cara blok di Excel pakai keyboard ini ternyata juga bisa dilakukan dengan sangat mudah.

  1. Pertama, tentukan cell di Excel atau rentang pertamanya
  2. Berikutnya tekan tombol keyboard SHIFT dan F8 secara berbarengan
  3. Selanjutnya sistem layar akan menampilkan jendela baru, atau bilah status kecil Add atau Remove Selection
  4. Dari bilah tersebut, akan menunjukkan kepada kamu bahwa lebih banyak cell atau rentang yang bisa ditambakan
  5. Berikutnya, langsung gunakan tombol panah keyboard agar dapat menavigasikan ke sela atau rentang berikutnya
  6. Tahan tombol keyboard SHIFT sambil menggunakan tombol panah
  7. Perintah dan langkah tersebut dapat diulangi untuk memilih cell serta rentang tambahan.

Cara Blok di Excel Pakai Keyboard untuk Memilih Tabel, Daftar Hingga Lembar Kerja

Panduan dan langkah ini dapat dilakukan jika memang kamu membutuhkannya, bagaimana caranya?

  1. Pertama, untuk memilih daftar atau tabel. Langsung sapa pilih cell di dalam daftar atau tabelnya
  2. Kemudian klik tombol keyboard CTRL+A
  3. Jika ingin menyeleksi atau memblok semua lembar kerja, maka tinggal pilih menu Pilih Semua yang berada dibagian sudut kiri lembar kerjanya.

Nah, itulah beberapa metode dan cara blok di Excel pakai keyboard. Dan selain menggunakan tombol shortcut Keyboard, kamu juga bisa melakukannya menggunakan mouse.

Cara Blok di Excel Pakai Mouse untuk Cell Berdekatan

Kiranya metode ini merupakan cara blok data di Excel yang sangat umum diaplikasikan. Cara ini bisa digunakan untuk memilih banyak rentang atau range yang berdekatan.

Pengguna bisa memilih cell yang ingin diblok, kemudian menekan tombol kiri mouse dan menyeret kursor ke cell atau tempat yang dibutuhkan.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan jika kamu ingin melakukan blok data di aplikasi Excel. Untuk untuk memahami bagaimana shortcut sebagai cara blok di Excel pakai keyboard lebih lengkap lagi, kamu bisa simak pembahasan berikutnya sampai selesai.

Beberapa Shortcut Sebagai Cara Blok di Excel Pakai Keyboard

Melakukan blok di data Exel memang ada beberapa pilihan cara, dan kamu dapat melakukannya sesuai kebutuhan. Apa saja?

  1. Menekan tombol SHIFT+panah ke kiri, dapat digunakan untuk memilih satu karakter huruf ke bagian kiri
  2. Menekan tombol SHIFT+panah ke kanan, dapat digunakan untuk memilih satu karakter atau huruf ke bagian kanan
  3. Menekan tombol SHIFT+panah ke bawah, dapat digunakan untuk memilih satu baris ke bawah
  4. Menekan tombol SHIFT+panah ke atas, dapat digunakan untuk memilih satu baris ke atas
  5. Menekan tombol SHIFT+CTRL+panah ke kiri, dapat digunakan untuk memilih satu kalimat ke kiri
  6. Menekan tombol SHIFT+CTRL+panah ke kanan, dapat digunakan untuk memilih satu kalimat ke kanan
  7. Menekan tombol SHIFT+CTRL+panah ke bawah, memilih satu paragraf ke bawah
  8. Menekan tombol SHIFT+CTRL+panah ke atas, memilih blok satu paragraf ke atas
  9. Menekan tombol SHIFT+CTRL+Home, memilih teks hingga awal dokumen
  10. Menekan SHIFT+CTRL+End memilih data hingga akhir dokumen
  11. Menekan CTRL+A, dapat digunakan untuk blok keseluruhan data.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Blok di Excel Pakai Keyboard

Apakah Melakukan Blok di Excel Membutuhkan Jaringan Internet?

Jelas tidak, kamu bisa melakukannya sesuka hati.

Apakah Cara Blok di Excel Menggunakan Keyboard dan di Ms. Word Sama?

Ya, hampir sama.

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.