10 Cara Input Data di Excel Secara Otomatis & Manual [Mudah]

Advertisement

Cara input data di Excel berikut ini akan memberikan kemudahan bagi Kamu yang kesulitan mengoperasikan Microsoft Excel. Memang pada mulanya terkesan sulit lantaran banyak rumus untuk bisa memasukkan data otomatis.

Microsoft Excel adalah salah satu program yang kompleks dan banyak fitur tersembunyi untuk mengolah data. Selain itu, saat Kamu sudah menguasainya, maka pekerjaan yang berkaitan dengan angka menjadi semakin mudah.

Cara Manual Input Data di Excel

Untuk bisa menguasai program Microsoft Excel, langkah pertama yang perlu Kamu lakukan adalah mengetahui cara manual input data di excel. Berikut ini terdapat dua cara input data di Excel mudah:

1. Input Langsung Dari Cell

Pertama adalah input data dari cel. Cel adalah bagian terkecil dari kolom atau kotak yang ada di Excel. Kemudian untuk memasukkan data, Kamu tinggal mengklik salah satu cell yang diinginkan dan ketikkan data tersebut.

Data yang digunakan bisa berupa angka, teks, simbol dan sejenisnya. Langkah terakhir Kamu hanya perlu menekan tombol Enter, maka data di cell Excel sudah terinput. Untuk memasukkan semua data, ulangi langkah tersebut.

2. Input Data Dari Formula Bar

Formula bar adalah kotak yang terletak di antara worksheet dan ribbon. Supaya Kamu bisa memasukkan data ke sana yang diperlukan adalah sedikit memainkan mouse dengan mengarahkan kursor ke cell yang ingin dimasukkan datanya.

Kemudian arahkan kursor ke formula bar dan klik kiri sehingga ada tanda sudah bisa diketik. Setelah itu, silakan input data yang diinginkan dan tekan Enter sehingga muncul otomatis ke dalam cell yang Kamu klik tadi.

Baca juga: Cara Memberi Warna Pada Excel Secara Otomatis

Mengubah Data di Cell Excel

Menginput data di Excel sama halnya dengan mengetik file dokumen. Ada kalanya masih melakukan kesalahan input sehingga harus diperbaiki. Untuk itu, berikut ini panduan cara input data di Excel yang salah:

1. Pilih Cell

Langkah pertama adalah Kamu hanya perlu mengarahkan kursor ke cell yang telah berisi data dan ingin diubah. Setelah itu, klik cell tersebut.

2. Formula Bar

Kemudian arahkan atau seret kursor ke area formula bar dan letakkan sehingga muncul tanda bahwa kotak bar sudah bisa diedit.

3. Edit

Setelah itu Kamu hanya perlu mengedit atau mengganti data yang salah ketik tadinya. Kemudian tekan enter dan proses edit sudah selesai.

Cara Otomatis Input Data di Excel

Setelah Kamu menguasai panduan cara input data di Excel secara manual, kini saatnya beralih ke cara otomatis. Langkah ini akan dibutuhkan terlebih jika data yang dimasukkan dalam jumlah banyak. Untuk berikut ini tutorialnya:

1. Menggunakan AutoFill

AutoFill adalah fitur tersembunyi dari Microsoft Excel yang digunakan secara khusus untuk mengisi data otomatis. Program ini akan menggunakan pola tertentu dan berurutan seperti tanggal, penomoran, tahun dan sejenisnya.

Sebagai contoh, berikut ini cara membuat nomor urut di file Excel menggunakan fitur AutoFill:

  • Buat Angka Pertama

Cara pertama untuk mengaktifkan fitur AutoFill adalah Kamu harus mengisi cell yang dipilih dengan angka 1. Kemudian bagian bawahnya ketikkan juga angka 2.

  • Tanda Plus +

Selanjutnya, block cell yang berisi kedua angka tersebut. Arahkan kursor ke pojok kanan bawah cell yang berisi angka 2 tanpa menghilangkan tanda block. Arahkan hingga pointer berubah menjadi tanda +.

  • Tarik Kursor

Setelah pointer berubah tanda menjadi +, kemudian tarik kursor ke bawah sampai cell terakhir yang ingin Kamu beri nomor. Misalkan hanya ingin membuat 20 nomor, maka arahkan pointer hingga cell ke 20 dan selesai.

Selain tutorial di atas, ada satu lagi cara menggunakan fitur AutoFill untuk mengisi data secara otomatis. Caranya sebagai berikut:

  • Tab Menu Home

Cara yang ini sedikit berbeda karena Anda akan memanfaatkan menu-menu yang ada pada Ribbon Excel, yaitu tab Home. Pertama klik cell yang ingin diberi nomor kemudian pilih menu home tadi.

  • Group Editing
Panduan cara input data di Excel

Setelah itu akan muncul beberapa opsi dan Kamu pilih Fill pada bagian Group Editing. Kemudian pilih series sehingga muncul box dialog.

  • Box Series
Panduan cara input data di Excel

Kemudian, dialog box series akan muncul dan pilih Columns. Pada menu Type klik opsi Linear.

  • Isikan Nomor
Panduan cara input data di Excel

Setelah memilih Linear akan muncul kotak isian. Maka, isikan angka pada step value dan bagian terakhir beri nomor yang diinginkan, misalkan 10. Lalu tekan ok, maka akan muncul seperti di bawah ini.

Panduan cara input data di Excel

2. Menggunakan Flash Fill

Selain fitur AutoFill, dalam Microsoft Excel juga terdapat fitur Flash Fill untuk mengisi data secara otomatis. Meskipun memiliki fungsi yang sama tetapi keduanya berbeda terutama dalam pola yang digunakan.

Jika AutoFill memiliki pola berurutan, maka Flash Fill memiliki pola tertentu. Misalnya Kamu ingin membuat data nama depan siswa yang diambil dari nama lengkapnya dan berikut ini caranya:

  • Buat Tabel Nama
Panduan cara input data di Excel

Panduan cara input data di Excel berupa nama panggilan secara otomatis adalah Kamu perlu mengisi nama lengkap siswa terlebih dahulu pada kolom yang diinginkan. Setelah itu buat kolom berisi nama depan dan belakang dan isikan beberapa.

Advertisement

Baca juga: Tipe atau Jenis Data Pada Microsoft Excel

  • Menu Tab Home
Panduan cara input data di Excel

Misalnya setelah cell 1 dan 2 sudah diisi nama panggilan, maka arahkan kursor ke menu tab home dan pilih Fill. Kemudian klik opsi Group Editing dan pilih Flash Fill.

  • Fill Otomatis
Panduan cara input data di Excel

Jika sudah, nama panggilan akan terisi secara otomatis dari nama depan siswa yang sudah di tulis sebelumnya. Untuk menampilkan nama belakang, Kamu bisa menggunakan cara yang sama.

Input Data Menggunakan Form Excel

Panduan cara input data di Excel

Form excel adalah panduan cara input data di excel otomatis serta salah satu fitur yang bisa menampilkan 32 header kolom. Menggunakan form Excel akan membuat Kamu lebih mudah dalam mengatur kolom, baris hingga record menu navigasi.

Fitur ini sangat cocok jika ingin menginput banyak data sekaligus karena akan mempersingkat pekerjaan. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Struktur Tabel

Cara pertama untuk bisa menginput data melalui Form Excel adalah Kamu harus membuat stuktur tabel terlebih dahulu. Bisa juga menggunakan data yang sudah ada sehingga lebih mudah. Setelah itu masuk ke bagian header dan block tabel. 

2. Form Menu Home

Jika sudah, arahkan kursor ke tab Home dan pilih menu form sehingga muncul kotak dialog untuk menginput data yang Kamu inginkan.

3. Input Data

Setelah itu, silakan input data Kamu sesuai dengan form yang sudah disesuaikan dengan tabel. Untuk menyimpan dan memasukkan data baru, bisa klik opsi New, kemudian close apabila sudah selesai.

Menggunakan Microsoft Excel terlihat mudah tetapi Kamu tetap perlu menguasai beberapa fitur penting sehingga bisa mengoperasikannya dengan lebih mudah. Untuk bisa menguasainya, Kamu perlu belajar lebih dalam.

Panduan cara input data di Excel tersebut masih dasar-dasanya untuk pemula dan merupakan bagian paling mudah untuk memasukkan data di cell serta kolom.

Advertisement

Tinggalkan komentar