6 Cara Mengecek Samsung SEIN dengan Mudah

Mengetahui bagaimana cara mengecek Samsung SEIN sangatlah penting, dengan begitu maka kamu pun bisa menggunakan perangkat dengan nyaman.

Samsung sendiri menjadi salah satu merk HP Android yang sangat terkenal, memiliki dan menawarkan banyak tipe. Serta series yang berbeda-beda. Untuk dapat mengenali perangkat Samsung yang kamu beli, maka pengecekan Samsung SEIN wajib dilakukan.

Sekilas Tentang Samsung SEIN

Samsung SEIN berarti produk yang dibuat dan diluncurkan langsung di Indonesia. Untuk perangkat kerasnya, otomatis akan berbeda jika dibandingkan dengan Samsung Global atau Ex Inter. Dan SEIN sendiri merupakan singkatan dari Samsung Electronics Indonesia.

Selain hal tersebut, perbedaannya juga dapat dilihat dari spesifikasi perangkat keras yang dihadirkan. Dan secara umum, biasanya frekuensi jaringan dapat menyesuaikan dengan negara masing-masing. Pun frekuensi yang didapatkan pasti akan berbeda. Bergantung dari kualitas jaringannya.

Mengingat pencinta serta pengguna Samsung sangat banyak. Maka tidak heran jika banyak dari masyarakat yang ingin menggunakan produk dengan garansi resmi Indonesia. Sehingga garansi tersebut pun bisa diklaim diseluruh Indonesia, secara gampang. Namun, bagaimana caranya?

Cara Mengecek Samsung SEIN dari #12580*369#

Secara resmi, Samsung akan menyediakan sistem klaim garansi selama 1 tahun. Jika masa garansi masih dalam rentang waktu 1 tahun semenjak HP baru dinyalakan, maka garansi masih berlaku. Namun, bagaimana cara untuk mengeceknya?

  1. Pertama, buka serta nyalakan perangkat Samsung secara langsung
  2. Berikutnya buka menu dan aplikasi Dial, Telepon atau Phone di HP
  3. Selanjutnya masukkan nomor dan kode unik #12580*369#
  4. Pastikan kode dan nomornya sesuai, dengan begitu maka kamu bisa langsung melakukan Panggilan atau Call
  5. Layar otomatis akan menampilkan halaman baru, akan terdiri dari kode berupa angka serta huruf secara acak
  6. Cek langsung tulisan dengan keterangan RF CAL
  7. Dari keterangan tersebut, kamu akan melihat tampilan waktu produksi HP
  8. Misalnya 20220330, itu berarti HP Samsung kamu diproduksi pada tanggal 30 Maret 2022
  9. Dengan keterangan tersebut, maka garansi berlaku hingga 2 tahun sesudah masa produksi dilakukan.

Cara Mengecek Samsung SEIN dari IMEI

IMEI merupakan salah satu bagian dan part penting dari sebuah HP, pun tentu saja IMEI jadi salah satu identitas penting dari sebuah perangkat. Untuk IMEI ini, bisa kamu temukan dengan beberapa cara. Salah satunya langsung dari dus, atau kotak HP.

Nah, IMEI ini bisa digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengecek Samsung SEIN. Untuk kelengkapan prosedur pengecekannya bagaimana, bisa langsung simak penjelasan di bawah ini sampai selesai serta paham ya.

1. Buka Settings

Pertama, buka langsung menu Pengaturan atau menu Settings di HP Samsung kamu. Nomor IMEI dapat ditemukan dan diketahui melalui menu ini. Namun jika tidak, kamu dapat mengeceknya dari kotak HP. Persis seperti yang disebutkan sebelumnya.

2. Cari menu Umum

Untuk dapat mencari sub menu Umum atau General, maka kamu dapat melakukan scroll atau menggeser halaman HP secara langsung.

Sistem dari sub menu ini, akan menampilkan informasi tentang perangkat yang digunakan. Mulai dari spesifikasi HP, hingga IMEI dan informasi Software Samsung kamu.

3. Cari Menu About Phone

Atau jika HP Samsung kamu menggunakan bahasa Indonesia, bisa cari sub menu Tentang Ponsel. Dan kamu pun akan diarahkan langsung dengan keterangan serta informasi spesifikasi perangkat.

4. Menyalin Nomor IMEI

Spesifikasi perangkat HP tersebut pun meliputi nomor IMEI juga, kamu pun bisa menyalin atau mencatat Nomor IMEI tersebut dengan benar. Dan penyalinan ini dapat dilakukan untuk pengecekan IMEI secara online.

5. Buka Website IMEI.info

Pastikan nomor IMEI sudah tersalin dan dicatat dengan benar, dan kamu pun bisa langsung akses alamat website www.imei.info menggunakan web browser yang biasa sudah digunakan. Baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, atau bahkan Opera Mini.

6. Input dan Salin Nomor IMEI

Jika sudah masuk di halaman tersebut, maka kamu bisa langsung memasukkan nomor IMEI dengan menyalinnya. Tempel dan Paste, maka kode IMEI akan tersalin secara otomatis.

7. Mengisi Kode Captcha

Untuk dapat melanjutkan proses berikutnya, kamu bisa mengisi kode captcha terlebih dahulu. Bertujuan untuk memastikan, bahwa kamu bukan bot.

8. Cek Status Perangkat

Jika kode Captcha sudah diisi sesuai ketentuan serta kode yang tertera, maka langsung tekan opsi Check. Dan semua data akan langsung ditampilkan. Pastikan agar semua informasi yang ditampilkan sudah sesuai dengan dusbook. Itu berarti, Samsung kamu sudah terdaftar. Dan memang SEIN.

Cara Mengecek Samsung SEIN dari Kartu SIM

Sebuah perangkat HP Samsung tidak akan pernah bekerja dan berfungsi maksimal, jika tidak ada kartu SIM. Dan pengguna Samsung SEIN resmi, baru bisa merasakannya jika kartu SIM yang digunakan dapat berfungsi dengan baik.

Namun pastikan agar kamu dapat menggunakan dua kartu SIM sekaligus. Jika kamu hanya bisa menggunakan satu kartu saja, atau hanya tersedia satu kartu saja. Maka bisa jadi perangkat Samsungnya adalah Ex Inter.

Tidak bisa dipungkiri, walaupun memang ada perangkat Samsung yang masih menggunakan satu kartu SIM. Khususnya model jadul. Namun, kini hal tersebut sudah jarang.

Sebab sistemnya sudah mengaplikasikan penggunaan Dual SIM. Dengan begitu, pengguna bisa melakukan hubungan dan komunikasi lebih intens untuk setiap harinya.

Cara Mengecek Samsung SEIN dari Kartu Garansi

Salah satu ketentuan dan syarat untuk dapat mengklaim sebuah garansi, adalah dengan membawa kartu garansi. Serta nota pembelian perangkat.

Dengan kartu garansi tersebut, kamu dapat mengecek keaslian dan keabsahan dari Samsung SEINnya. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan nota pembelian untuk melihat tanggal yang tertera.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa sistem klaim garansi di Samsung. Bisa dilakukan dan dapat diklaim selama 1 tahun setelah pembelian dilakukan.

Cara Mengecek Samsung SEIN dari Serial Number

Panduan dan cara berikutnya yang bisa kamu lakukan, adalah dengan menggunakan serial number. Biasanya serial number ini pun akan disimpan dan tertera dibagian belakang box HP.

Selain itu, untuk dapat mengetahui Serial Number. Bisa dilakukan dari sistem panggilan atau dial di *#06#. Jika pengecekan dari dua cara tersebut sudah dilakukan, maka kamu wajib mengetahui kombinasi huruf RR.

Bila HP Samsung yang kamu gunakan Samsung SEIN asli, maka harus ada kombinasi huruf RR pada dua digit awal serial numbernya. Jika tidak, maka bisa dipastikan HPnya Ex Inter atau tidak bergaransi resmi.

Cara Mengecek Samsung SEIN di Live Chat Samsung

Panduan terakhir yang bisa kamu lakukan, adalah dengan menggunakan Customer Service langsung. Sampaikan keluhan dan pertanyaan kamu melalui beberapa saluran online yang disediakan. Misalnya:

  1. WhatsApp Chat, bisa dihubungi di api.whatsapp.com/send?phone=628170215588
  2. Instagram: @samsung_id
  3. X: @SamsungID
  4. Facebook: @SamsungIndonesia
  5. Telepon: 0800-112-8888 atau 0800-112-7777

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengecek Samsung SEIN

Apakah untuk Mengecek Samsung SEIN di Live Chat Harus Berbayar?

Tidak.

Bagaimana Cara Klaim Garansi Samsung SEIN?

Bisa langsung datangi kantor service center Samsung.

Tinggalkan komentar