6 Cara Screenshot Samsung A13 dengan Jari [Mudah]

Mengetahui bagaimana cara screenshot Samsung A13 dengan jari, pasti akan sangat menyenangkan dan pasti mudah dipahami.

Dengan tahu bagaimana cara menangkap layar menggunakan 3 jari, maka pengguna akan merasakan simplenya menangkap momen. Atau cuplikan yang dirasa sangat penting. Dan cuplikan layar tersebut akan ditampilkan langsung di galeri dengan ukuran yang sangat ringan.

Cara Screenshot Samsung A13 dengan Jari dan Kombinasi Tombol

Penting untuk diketahui, bahwa ternyata fitur menggunakan jari secara langsung untuk tangkap layar. Kini sudah tidak diberlakukan lagi. Sistem sudah semakin canggih, dan Samsung pun sudah tidak menyediakan fitur ini secara berkelanjutan.

Namun yang pasti, jari kamu tetap bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk menangkap layar. Walaupun memang harus menggunakan kombinasi perintah lain, yakni menggunakan tombol. Bagaimana caranya?

1. Siapkan Tampilan Layar yang Ingin Ditangkap

Langkah pertama tentang cara screenshot Samsung A13 dengan jari adalah harus menentukan terlebih dahulu tampilan layar yang hendak discreenshot.

Namun penting untuk diketahui, bahwa kamu bisa mengambil tangkapan layar ini dari peta navigasi. Isi chat. Video, dan bahkan artikel di website. Jika sudah menemukan tampilan tersebut, maka kamu dapat melanjutkan pada tahap berikutnya.

2. Menekan Tombol Volume Bawah dan Power Bersamaan

Bila sudah menemukan bagian yang akan ditangkap secara benar, maka langkah selanjutnya adalah kamu hanya perlu menekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan.

Tekan serta tahan kedua tombol tersebut menggunakan jari, kemudian proses tangkap layar akan otomatis bekerja. Perhatikan dengan baik, jika tiba-tiba muncul untuk mematikan ponsel. Maka kamu melakukan penekanan terhadap HP terlalu lama. Atau kurang pas secara bersamaan.

3. Cek Hasil Screenshot

Bila kedua langkah di atas sudah dilakukan, maka kamu dapat mengecek hasil screenshot dengan jari ini di galeri. Dan hal ini tidak perlu kamu simpan secara manual, karena pasti akan tersimpan secara otomatis.

Cara Screenshot Samsung A13 dengan Jari dari Fitur Asisten

Fitur ini hadir dari menu Settings atau Pengaturan, yang mana untuk mengaktifkannya jelas harus menggunakan jari bukan?

Nah, untuk lebih lengkapnya tentang bagaimana cara pengaktifan fitur asisten menggunakan cari. Bisa langsung kamu simak dan pahami beberapa langkah dan tutorial lengkapnya di bawah ini.

  1. Pertama, langsung nyalakan HP Samsung A13 kamu dan pastikan sudah tahu layar dan cuplikan mana yang akan diambil
  2. Kemudian langsung ke menu Pengaturan atau Settings
  3. Lanjutkan ke tahap berikutnya, dengan scroll menu Settings untuk mencari sub menu Aksesibilitas
  4. Berikutnya pilihan Interaksi dan Kecekatan
  5. Dari sub menu tersebut, kamu dapat mengaktifkan Menu Asisten dan sistem pun akan memunculkan tombol melayang. Ikon 4 kotak
  6. Dari fitur tersebut, maka akan muncul tombol pintasan di layar HP kamu
  7. Pengguna dapat mengatur pintasan menggunakan Pengaturan, menu yang ada di dalam pintasan. Bisa dilakukan dengan menggeser untuk melihatnya
  8. Di dalam menu Pengaturan, kamu dapat memilih item Menu Asisten
  9. Berikutnya geser untuk menambah serta mengurangi item yang akan disediakan dalam menu Asisten
  10. Siapkan langsung layar dan tampilan yang akan discreenshot
  11. Kemudian klik menu Pintasan yang ada di layar
  12. Terakhir, klik menu Screenshos untuk merekam layar secara langsung menggunakan jari.

Nah, itulah tentang bagaimana cara screenshot Samsung A13 dengan jari melalui menu dan fitur Asisten yang bisa coba kamu aplikasikan dengan sangat mudah.

Cara Screenshot Samsung A13 dengan Jari Via Fitur Gesture

Sama seperti beberapa panduan sebelumnya, bahwa untuk mengaktifkan fitur ini. Pengguna diharuskan untuk mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu, dan fitur HP Samsung A13 harus diaktifkan terlebih dahulu menggunakan jari. Termasuk dengan fitur screenshot dengan gesture.

1. Mengaktifkan Fitur Gesture

Untuk dapat mengaktifkan fitur satu ini, kamu bisa masuk langsung ke menu Settings atau Pengaturan. Kemudian lanjutkan mencari sub menu Pengaturan Lanjutan.

Dari sub menu tersebut, cari langsung sub menu Gerakan dan Gesture. Di tampilan sub menu tersebut, kamu hanya cukup mengaktifkan pilihan usapkan telapak tangan untuk mengambil.

2. Aktifkan Fitur Usapkan Telapak Tangan untuk Mengambil

Untuk memastikan perintah pertama sudah benar dan berhasil atau belum, maka kamu dapat memastikannya dari toggle. Pastikan toggle berada dibagian kanan menggunakan latar biru.

3. Cara Screenshot

Jika semua poin di atas sudah kamu aplikasikan, maka kamu hanya tinggal mencari cuplikan layar yang akan direkam. Atau discreenshot. Setelah hal tersebut dilakukan, kamu hanya perlu melambaikan tangan di atas layar.

Pastikan agar tangan kanan berada pada posisi terbuka seperti akan bersalaman. Atau menampar. Posisikan tangan diujung kanan HP Samsung A13. Lalu lambaikan tangan ke arah kiri. Kamu juga dapat melakukan cara ini menggunakan tangan kiri. Dengan arah berlawanan.

Bila cara tersebut berhasil, maka layar HP kamu akan menjadi putih dan hasil tangkap layar otomatis tersimpan di galeri.

Cara Screenshot Samsung A13 dengan Jari Agar Bisa Panjang

Untuk dapat mengambil tangkap layar, atau screenshot panjang. Maka sebagai pengguna kamu wajib mengaktifkan panel yang muncul dibagian bawah layar setelah proses pengambilan screenshot dilakukan.

Panel tersebut berisi tombol untuk melakukan screenshot panjang. Melakukan edit, atau bahkan memotong hal screenshot.

Untuk dapat melakukannya, kamu dapat mengambil screenshot menggunakan cara lainnya. Maka sistem untuk melakukan screenshot panjang pasti akan ditampilkan dibagian bawah layar HP. Pastikan kamu dapat melakukan screenshot yang layarnya bisa discrol.

Sebab tombol dan perintah screenshot panjang hanya akan muncul pada halaman yang bisa discroll. Digeser atau digulir.

Cara Screenshot Samsung A13 dengan Apps Tambahan

Selain menggunakan jari dan dilakukan dengan memanfaatkan fitur bawaan dari HPnya. Kamu pun bisa memanfaatkan aplikasi tambahan yang dikembangkan oleh pihak developer. Nah, aplikasi tersebut bisa kamu unduh dan dapatkan secara resmi dari Google Play Store.

Untuk tahu nama aplikasinya apa saja, simak langsung pembahasannya di bawah dan kamu pun bisa segera mendapatkannya secara gratis dan mudah.

1. Screen Master

Menjadi salah satu aplikasi tangkap layar terbaik hadir di Play Store. Sebagai buktinya, aplikasi in sudah berhasil diunduh dan digunakan lebih dari 5 juta pengguna Android. Dan salah satunya kamu pun bisa menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan dari aplikasi ini pun sistem UI atau interfacenya cukup sederhana, sehingga gampang digunakan dan terbilang praktis. Aplikasinya juga bisa dibilang sangat ringan, sehingga tidak akan memakan banyak memori HP Samsung A13 kamu.

2. Screenshot Easy

Sesuai dengan nama aplikasinya, memang mudah digunakan serta memiliki respon positif di Golgle Play Store. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menggunakan ikon berbentuk kamera. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur goyangkan HP untuk melakukan screenshot.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Screenshot Samsung A13 dengan Jari

Apakah Samsung Menyediakan Fitur Screenshot Menggunakan 3 Jari?

Tidak.

Apakah Jika Screenshot Dilakukan dengan Apps Tambahan Perlu Bayar?

Tidak, kamu bisa mengunduhnya secara gratis.

Tinggalkan komentar