4 Cara Menghapus Rumus di Excel [Mudah]

Beranda » 4 Cara Menghapus Rumus di Excel [Mudah]
Advertisement

Bagaimana cara menghapus rumus di Excel ternyata bisa dibilang sangat mudah, juga sederhana untuk dilakukan.

Namun di dalam kesempatan kali ini kamu tidak hanya sekadar bisa tahu informasi tentang bagaimana menghapus rumusnya, namun juga bisa tahu tentang bagaimana cara menyembunyikannya. Untuk penjelasan lebih lanjut, yuk simak pembahasan selanjutnya.

Cara Menghilangkan Rumus di Excel dengan Paste Values

Seperti yang sudah dipahami, Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah data resmi dikembangkan oleh Microsoft. Program ini sudah dilengkapi dengan banyak rumus fungsi yang berguna. Pun tentu membuat proses penghitungan hingga pengolahan data lebih mudah.

Ada beragam fungsionalitas pada Excel yang mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya, namun juga ada fitur yang mampu menghilangkan rumus pada lembar kerjanya. Untuk tahu bagaimana cara menghilangkan, atau menghapusnya seperti apa. Yuk simak langsung.

Cara pertama yang bisa coba kamu lakukan, adalah dengan menggunakan fitur Paste Values. Sebuah fitur yang bisa digunakan untuk menyalin nilai data ke dalam suatu cell sebelumnya.

Untuk tahu caranya bagaimana, yuk langsung simak pembahasannya.

  1. Pertama, langsung buka lembar kerja Excel yang rumusnya akan kamu hapus
  2. Berikutnya klik, sorot atau blok cell yang ingin dihilangkan rumusnya. Kemudian salin
  3. Klik kanan menggunakan mouse, kemudian pilih keterangan Paste Special
  4. Selanjutnya pada kotak dialog, atau pop up yang muncul di tampilan layar. Bisa langsung pilih keterangan Values, lalu klik OK untuk mengakhiri

Dengan prosedur tersebut, maka rumus sudah dihapus dan jika ingin menggunakan cara lain. Bisa kamu simak pembahasan berikutnya.

Cara Menghapus Rumus di Excel Menggunakan Shortcut Keyboard

Selain menggunakan cara sebelumnya, kamu juga dapat menggunakan kombinasi shortcut keyboard dengan sangat mudah. Pun tentu saja rumus yang akan dihapus bisa hilang sesuai keinginan. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, langsung buka kembali lembar kerja Excel yang rumusnya ingin dihapus
  2. Berikutnya sorot atau blok cell yang akan dihilangkan rumusnya, kemudian salin dengan menekan keyboard CTRL+C
  3. Dari perintah tersebut, bisa langsung pilih tombol ALT+E+S+V secara bersamaan
  4. Perintah tersebut dilakukan untuk memilih opsi Paste sebagai nilai
  5. Selesai

Cara Menghapus Rumus di Excel Menggunakan Mouse

Car atau trik selanjutnya yang bisa dilakukan, adalah menggunakan mouse. Pengguna bisa memanfaatkan fitur Copy Here as a Value Only. Bagaimana cara untuk melakukannya?

  1. Pertama, buka lembar kerja atau worksheet Excel yang akan dihapus rumusnya
  2. Berikutnya arahkan kursor ke bagian tepi kanan kolom atau cell
  3. Lalu tahan tombol kanan mouse, lalu seret atau drag kursor ke bagian kanan sedikit
  4. Selanjutnya bisa langsung kembali ke cell sebelumnya
  5. Klik kembali kanan pada cell tersebut, kemudian pilih keterangan Copy Here as A Value Only
  6. Dari perintah tersebut, maka otomatis rumusnya akan hilang dan dipastikan nilainya akan tetap sama.

Cara Menghapus Rumus di Excel Menggunakan Tab Paste Excel

Selain dapat menemukan Paste Value di Option, pengguna juga dapat menemukan opsi tersebut di menu Home. Caranya hampir sama dengan prosedur dan langkah sebelumnya, bagaimana caranya?

  1. Pertama, buka lembar kerja Ms. Excel yang cellnya akan siap untuk dihapus
  2. Berikutnya klik mouse bagian kanan, pada cellnya dan pilih Salin atau Copy
  3. Berikutnya buka tab Home dan cari ikon Panas ke bawah pada bagian opsi Paste
  4. Selanjutnya tinggal memilih keterangan opsi Paste Value
  5. Terakhir, dengan perintah tersebut. Maka semua rumus di cell telah hilang, dan nilai pada cell tersebut akan tetap sama.

Itulah beberapa langkah dan cara yang bisa dilakukan sebagai pengaplikasian dari cara menghapus rumus di Excel.

Selain dapat menghapus rumusnya, kamu juga sebagai pengguna diberikan kesempatan untuk menyembunyikan rumusnya.

Advertisement

Cara Menyembunyikan Rumus di Excel dengan Mudah

Menyembunyikan rumus di aplikasi Ms. Excel berarti dilakukan untuk mencegah rumus ditampilkan pada bilah rumus saat mengklik cellnya.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, maka kamu bisa coba periksa dan perhatikan beberapa langkah di bawah ini ya. Namun penting untuk diketahui, bahwa cara ini dapat dilakukan setelah proteksi pada lembar kerja dilakukan. Nah, bagaimana caranya?

  1. Memilih cell yang sudah dipastikan berikut rumus siap disembunyikan
  2. Berikutnya klik opsi Format pada Grup Cell di tab Home
  3. Lalu selanjutnya bisa pilih opsi Format Cell di menu yang ditampilkan
  4. Di jendela baru yang muncul, tinggal klik tab Protection
  5. Centang langsung keterangan Hidden
  6. Selesaikan prosesnya dengan klik OK, maka rumus pun akan otomatis tersembunyi.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa untuk menyembunyikan rumus. Tidak akan bisa dilakukan jika kamu tidak melakukan proteksi terhadap lembar kerjanya.

Oleh karena hal tersebut, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memproteksi lembar kerja Excel yang sedang dikerjakan.

Melakukan Proteksi Lembar Kerja

Penting untuk diketahui, bahwa cell dalam Excel memiliki nama sendiri. Berdasarkan pada kolom, serta baris yang diidentifikasi dengan angka serta abjad.

Cell di dalam lembar kerja, dapat dilindungi dengan cara mengunci atau menyembunyikan formula yang digunakan. Kedua fungsi tersebut akan aktif saat lembar kerja dilakukan proteksi, untuk kelanjutan proses proteksinya bagaimana. Yuk simak langsung.

Sebelum mengunci cell, pastikan untuk dapat melindungi lembar kerja terlebih dahulu. Caranya dengan mempersiapkan lembar kerja yang ingin diproteksi, lalu pada menu Ribbon tinggal klik tab Review.

Dari perintah tersebut, langsung perluas menu Grup Protect dengan mengklik tombol opsi Drop Down. Selain itu, klik tombol Protect Button. Selanjutnya klik opsi yang ingin dilindungi pada kotak dialog yang muncul. Kemudian tekan OK.

Kamu sebagai pengguna bisa menambahkan kata sandi, gunanya untuk mencegah orang yang tidak berkepentingan membuka dokumennya.

Nah, selain tahu bagaimana cara menghapus rumus di Excel. Lalu sudah tahu bagaimana cara menyembunyikan rumus di Excel, maka kamu pun bisa melakukan penguncian terhadap cell yang berisi rumus.

Dan proses ini juga menjadi salah satu rangkaian dari proses menyembunyikan rumus, dan kamu harus mengunci cellnya terlebih dahulu.

Mengunci Cell

Caranya juga mudah, pengguna bisa mengunci cell pada lembar kerja laporan. Caranya dengan memilih format cell yang ingin dikunci.

Di menu Ribbon Home, langsung klik tombol Format pada grup Cells. Berikutnya klik tombol Format Cell di daftar menu yang muncul.

Setelah perintah tersebut dilakukan, sistem pop up pun akan ditampilkan. Klik tab Protection dan beri tanda centang pada keterangan opsi Locked. Dari perintah tersebut, tidak akan berhasil jika kamu melewatkan langkah proteksi lembar kerja.

Nah, dengan mengaplikasikan cara menghapus rumus di Excel. Kemudian cara menyembunyikan rumusnya bagaimana. Maka bisa dipastikan lembar kerja Excel kamu akan sangat aman.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menghapus Rumus di Excel

Apakah dengan Menghapus Rumus di Excel Akan Memengaruhi Data Lembar Kerja?

Tidak.

Cara di Atas Bisa Digunakan untuk Excel Versi Lama?

Ya, bisa.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.