5 Cara Menjumlahkan di Excel dengan Cepat

Beranda » 5 Cara Menjumlahkan di Excel dengan Cepat
Advertisement

Jika kamu sedang dikejar deadline dalam pengolahan data, kiranya cara menjumlahkan di Excel dengan cepat wajib dipahami secara baik.

Apalagi pengolahan data yang dilakukan, adalah di Excel. Yang biasanya pengolahan data ini berbentuk angka, numerik atau maksudnya bukan data berupa teks. Di dalam kesempatan kali ini, ada beberapa cara untuk penjumlahan di Excel yang bisa kamu pelajari dengan baik.

Cara Menjumlahkan di Excel dengan Cepat Menggunakan (+)

Panduan dan cara pertama yang dapat dilakukan untuk menjumlahkan angka di Ms. Excel adalah menggunakan rumus penjumlahan biasa. Serta menggunakan karakter plus atau (+).

Penulisan rumus penjumlahan di Excel pada umumnya sama dengan ketika menuliskan soal penjumlahan seperti biasa. Misalnya saja ketika ingin menjumlahkan angka 100, 200, 300, 400 dan 500.

Maka rumus penjumlahannya menjadi:

= 100 + 200 + 300 + 400 + 500

= 1500.

Jika angka-angka tersebut, atau data tersebut disimpan pada sebuah cell. Misalnya cell A1 hingga A7, maka rumus yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan tersebut di Excel menjadi:

=A1 + A2 + A3 + A4 + A5

Nantinya sistem dapat langsung menampilkan hasil penjumlahan di kolom cell A6 atau cell yang dipilih sesuai keinginan. Atau sesuai kebutuhan.

Cara Menjumlahkan di Excel dengan Cepat Menggunakan SUM

Ya, selain cara cepatnya bisa menggunakan karakter atau tanda (+). Pengguna juga ternyata bisa menjumlahkan data menggunakan rumus, atau fungsi.

Fungsi ini dapat menjumlahkan data ke bawah, yang mana fungsi ini juga secara default sudah disediakan oleh Excel langsung.

Rumus penjumlahan ini pun lebih sering digunakan oleh pengguna Excel dibandingkan cara sebelumnya. Yakni menggunakan (+). Selain itu, cara menggunakan SUM juga bisa dibilang lebih simple, serta lebih efisien. Terlebih jika datanya cukup banyak.

Jika kamu membutuhkan contoh, bisa diketahui misalnya terdapat data yang terdapat pada cell A1 hingga A5. Penggunaan rumus Excel SUM ini akan menjadi:

=SUM(A1:A5)

Setelah rumus tersebut benar demikian, maka bisa langsung klik enter dan akan langsung tampil hasil dari penjumlahannya di cell A6. Atau pada cell yang diinginkan oleh kamu. Bisa ditentukan sendiri.

Cara Menjumlahkan di Excel dengan Cepat Menggunakan Fungsi Lain

Selain penjumlahannya dapat dilakukan menggunakan (+) serta SUM sebagai salah satu fungsi dasar penjumlahan di Excel. Maka untuk menjumlahkan pun, kamu masih bisa menggunakan fungsi lain.

Tentu saja setiap rumusnya dapat digunakan berdasarkan keperluan, juga tujuan masing-masing. Dan diantara fungsi lain agar bisa menjumlahkan, kamu bisa pahami beberapa jenis fungsi di bawah ini.

1. Fungsi SUMIF

Ternyata fungsi atau rumus satu ini dapat digunakan untuk menjumlahkan data berdasarkan pada kriteria atau syarat tertentu.

2. Fungsi SUMIFS

Nah, kemudian fungsi ini dapat digunakan untuk menjumlahkan data berdasarkan kriteria jumlahnya lebih dari satu. Atau memiliki banyak kriteria berbeda.

3. Fungsi SUBTOTAL

Pada fungsi jenis ini, pengguna bisa mengaplikasikannya untuk dapat menjumlahkan data yang ditampilkan saja. Jika ada baris tersembunyi, maka akan diabaikan.

4. Fungsi SUMPRODUCT

Untuk dapat menjumlahkan hasil perkalian atas argumen-argumen yang telah ditentukan.

5. Fungsi COUNT

Kemudian selanjutnya ada fungsi COUNT, sebagai fungsi yang bisa digunakan untuk mengetahui data dengan tipe numerik. Atau non teks.

6. Fungsi COUNTA

Fungsi ini dapat digunakan untuk mengetahui jumlah cell yang tidak kosong pada suatu kolom data.

Nah, itulah beberapa fungsi yang dapat digunakan untuk bisa menghitung data di Excel. Dan selain hal di atas, kamu juga masih bisa melakukan beberapa fungsi atau cara lain untuk menjumlahkannya.

Cara Menjumlahkan di Excel dengan Cepat Jika Bilangannya Pecahan
Advertisement

Ya, ternyata jika bilangannya pecahan atau desimal, memiliki cara penjumlahan tersendiri. Secara khusus.

Angka desimal atau pecahan sendiri adalah angka yang memiliki tambahan di belakang koma pada suatu bilangan tertentu. Sering kali angka di belakang koma ini diabaikan, karena dianggap tidak memiliki nilai.

Namun jika angka yang terletak di belakang koma cukup banyak, maka nilai angka desimal yang bersangkutan cukup berarti untuk penjumlahan.

Adapun untuk dapat mengetahui rumus penjumlahan pecahan tersebut, bisa kamu pahami pada penjelasan berikutnya.

Misalnya, kamu memiliki 15 buah bilangan desimal yang harus dihitung di cell Excel. 15 bilangan tersebut dimulai dari cell A1 sampai cell 15.

Maka cara menghitungnya bisa dilakukan dengan mengubah terlebih dahulu angka desimalnya, menjadi angka integer. Atau bisa juga disebut bilangan bulat.

Setelah hal tersebut dilakukan, maka langsung hitung bilangan bulat terlebih dahulu menggunakan fungsi =INT(…). Lalu di cell bilangan pecahan, dilakukan penjumlahan dengan menggunakan fungsi =SUM(…).

Sebenarnya yang harus dilakukan hanya merekayasa fungsi di kolom C, atau kolom angka pecahan dengan kolom bilangan bulat.

Cara Menjumlahkan di Excel dengan Cepat Jika Bilangan Bulat

Nah, jika sebelumnya tahu tentang bagaimana menjumlahkan bilangan desimal. Maka akan lebih lengkap lagi jika kamu tahu tentang bagaimana cara menjumlahkan bilangan bulan di Excel.

Terlebih jika pada lembar kerjanya memiliki deretan bilangan buat yang siap untuk dijumlahkan. Nah, bagaimana cara untuk menjumlahkannya?

Cara menjumlahkan bilangan bulat ini dapat dilakukan dengan menggunakan rumus khusus. Untuk lebih jelasnya bisa simak poin per poin di bawah ini ya.

  1. Pertama, langsung masukkan terlebih dahulu rumus untuk menjumlahkan bilangan bulat pada cell yang kosong. Rumus tersebut adalah =SUMPRODUCT (-(MOD(A1:C12,2)=0),A1:C10) dan catatannya adalah nama cell bisa saja berubah sesuai dengan kebutuhan
  2. Berikutnya langsung tekan enter, kemudian nanti pengguna akan mendapatkan nilai atas deretan dari bilang bulat yang ada di dalam deretan data exel.

Selain bisa menggunakan rumus untuk menjumlahkan bilangan bulat tadi, kamu juga bisa coba menggunakan =SUMPRODUCT((A1:C10=INT(A1:C10))*(A1:C10)) atau nama cellnya tetap bisa berubah sesuai dengan kebutuhan. Atau sesuai dengan data yang kamu miliki

Nah, itulah tentang bagaimana cara-cara untuk menjumlahkan data di Excel dengan cepat. Namun penting untuk disadari, bahwa kemungkinan salah atau error saat penjumlahan dilakukan. Sangatlah besar, dan kamu harus tahu mengenai penyebabnya apa saja.

Penyebab Menjumlahkan di Excel Bisa Error

Secara garis besar, ternyata ada tiga jenis alasan mengapa rumus penjumlahan di Excel bisa error. Apa saja?

1. Circular Reference Error

Maksudnya adalah kasus dimana rumus yang ditulis dalam cell mengacu pada hasil yang tercantum pada cellnya sendiri.

2. Kesalahan Penggunaan Rumus

Kesalahan ini pun mencakup banyak hal, salah satunya adalah kekurangan tanda matematis, kurang tanda kurung, atau bahkan kurang huruf tertentu.

3. Calculating Optionnya Berada di Mode Manual

Jika pengaturannya berada pada mode manual, maka aplikasi Excel tidak akan menjalankan rumus secara otomatis. Dan jika fitur ini masih pada mode manual, maka perhitungan yang dilakukan akan memberikan hasil 0.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menjumlahkan di Excel dengan Cepat

Apakah Panduan di Atas Dapat Dipahami oleh Pemula?

Ya, sangat bisa.

Ketika Proses Penjumlahan Mengalami Error, Apakah Akan Memengaruhi Data?

Tentu saja tidak, jadi tidak perlu khawatir.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.