3 Cara Merekam Suara di OPPO Reno Semua Tipe

Beranda » 3 Cara Merekam Suara di OPPO Reno Semua Tipe
Advertisement

Mengenai cara merekam suara di Oppo Reno ternyata sangatlah gampang, bahkan kamu bisa melakukannya dengan langkah sangat mudah.

Merekam suara bisa dilakukan dengan banyak tujuan, salah satunya merekam suara penting. Atau merekam momen penting yang dikemudian hari bisa didengarkan lagi. Untuk tahu lengkapnya bagaimana cara merekam suara di HP Oppo Reno. Bisa langsung simak pembahasan berikutnya ya.

Cara Merekam Suara di Oppo Reno dengan Aplikasi Bawaan

Walaupun Oppo Reno sudah dibekali dengan fitur canggih dan sangat modern, pengguna tetap bisa menikmati dan menggunakan fitur jadul seperti merekam suara. Hal ini pun dapat dilakukan dengan sistem aplikasi bawaan, atau aplikasi Perekam.

Jika HP Oppo Reno kamu menggunakan bahasa Inggris, maka kamu bisa menemukan aplikasi Recorder di kelompok aplikasi Tools. Untuk lebih lengkap lagi caranya bagaimana, yuk simak langsung uraian dan langka-langkahnya di bawah ini sampai selesai.

  1. Pertama, hidupkan terlebih dahulu HP Oppo Reno yang akan kamu gunakan untuk merekam. Posisikan HP untuk siap digunakan, siap untuk dijalankan
  2. Berikutnya langsung cari kelompok aplikasi yang bernama Tools, karena aplikasi perekam suara suah tersimpan di folder aplikasi tersebut
  3. Jika sudah folder aplikasinya ditemukan, langsung klik aplikasi Recorder, atau aplikasi Perekam
  4. Berikutnya, jika layar sudah menampilkan opsi untuk melakukan perekaman. Maka kamu bisa klik opsi tombol merah, untuk mulai melakukan rekam suara
  5. Tanda proses perekaman sudah berlangsung, ditandai dengan tombol merah tadi ada tanda pause. Atau tanda sama dengan, namun mengarah kebagian atas
  6. Jika ingin melakukan pause, atau jeda saat proses perekaman berlangsung. Boleh klik opsi tombol pause tersebut
  7. Bila sistem aplikasi pada tombol merah tadi menampilkan ikon segitiga. Maka kamu bisa langsung melanjutkan lagi proses perekaman yang sebelumnya sudah diberhentikan
  8. Namun jika tidak ingin melanjutkan, kamu bisa klik ikon ceklis
  9. Ikon ceklis tersebut menandakan bahwa kamu sudah selesai melakukan proses perekaman dan siap untuk disimpan.

Dari proses dan langkah tersebut, maka kamu bisa langsung memberikan nama pada file rekaman tersebut. Namai rekaman sesuai kebutuhan, agar nanti file rekamannya mudah untuk ditemukan.

Cara Merekam Suara di Oppo Reno Agar Hasilnya Jernih

Jika tadi cara merekam suara di Oppo Reno secara teknis dari HPnya. Maka sekarang panduan terkait dengan bagaimana tips, juga trik agar hasil rekamannya bisa didengarkan dengan baik. Jernih, dan tentu saja tidak banyak gangguan. Bagaimana caranya?

1. Coba Menggunakan Mic Tambahan

Jika kamu ingin hasil rekaman suaranya jauh lebih baik, coba pertimbangkan untuk dapat menggunakan mic tambahan. Atau mic eksternal. Nanti mic tersebut bisa dihubungkan langsung ke HP Oppo Reno.

Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kualitas suara, kemudian mengurangi kebisingan yang tidak diinginkan pada hasil rekamannya.

2. Stabilkan Posisi HP

Cara merekam suara di Oppo Reno berikutnya, adalah dengan memastikan bahwa HPnya harus dalam posisi stabil saat proses perekaman berlangsung.

Advertisement

Coba gunakan tangan yang stabil, atau saat proses merekam boleh coba pertimbangkan menggunakan tripod. Atau penyangga untuk menjaga agar HP tetap stabil saat proses perekaman berlangsung.

3. Hindari Kebisingan

Disaat proses merekam suara menggunakan HP Oppo Reno, agar hasilnya jernih. Coba usahakan untuk dapat merekam di lingkungan yang sedang tenang. Minim kebisingan.

Usahakan untuk dapat menghindari tempat berisik, atau hindari sumber suara mengganggu. Sebab kebisingan akan memengaruhi kualitas rekaman, menjadi terganggu dan tentu saja tidak jernih.

4. Mencoba Edit

Jika beberapa hal sebelumnya sudah coba kamu lakukan, maka tahap akhir untuk memaksimalkan hasil rekamannya. Adalah dengan menggunakan aplikasi edit suara.

Hal tersebut dilakukan untuk dapat memperbaiki serta meningkatkan rekaman. Kamu juga bisa memotong beberapa bagian yang tidak diinginkan. Disesuaikan dengan level suara, atau dapat menggunakan efek suara guna meningkatkan kualitas rekaman jadi lebih baik.

Cara Merekam Suara di Opo Reno dengan Aplikasi Tambahan

Jika kamu ingin menambah pengalaman, atau ingin mencoba kualitas rekaman dengan tambahan aplikasi. Maka bisa coba untuk unduh dan pasang beberapa aplikasi di bawah, ke HP Oppo Reno yang kini sedang digunakan.

Lebih lengkapnya lagi nama aplikasinya apa saja, boleh langsung simak deskripsinya di bawah ini. Namun pastikan bahwa kamu bisa mendapatkan aplikasinya dari Google Play Store secara resmi serta legal.

1. Voice Recorder Pro

Aplikasi satu ini menawarkan sistem UI yang sangat sederhana, sehingga akan sangat mudah digunakan. Intuitif, juga menawarkan kualitas suara sangat tinggi.

Pengguna dapat menyimpan file rekaman dengan format Mp3, WAV, atau bahkan Flac. Selain itu, jenis aplikasi ini juga menghadirkan fitur editing secara langsung.

2. Smart Voice Recorder

Sama seperti sebelumnya, jenis aplikasi satu ini juga sangat mudah dan sederhana untuk digunakan. Cocok untuk daily.

Pengguna dapat melakukan perekaman secara otomatis, dengan mengatur waktu rekaman, serta pengaturannya dapat ditentukan sendiri. Sesuai kebutuhan.

3. Easy Voice Recorder

Jenis aplikasi yang sederhana, efektif, pun tentu saja memungkinkan kamu untuk dapat merekam serta memutar hasil rekaman. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengedit rekaman suara dengan sangat mudah.

Aplikasi satu ini sudah didukung dengan sistem penyimpanan cloud, sehingga dapat terintegrasi langsung dengan layanan Google Drive. Atau bahkan Dropbox.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Merekam Suara di Oppo Reno

Apakah Merekam dengan Aplikasi Tambahan Akan Aman?

Jelas sangat aman, asalkan voice recorder yang kamu dapatkan. Adalah dari Google Play.

Apakah Semua Metode dan Langkah di Atas Berlaku untuk Semua Tipe Oppo Reno?

Ya, sangat berlaku. Bisa diaplikasikan disemua series Reno dengan mudah.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.